Tak Lagi Tayang di Bioskop, Film Negeri Dongeng Masih Diputar “Kecil-Kecilan”

Negeri Dongeng merupakan sebuah film dokumenter tetang pendakian 7 puncak tertinggi Indonesia.

Ditulis Oleh Syaiful Millah

Bagi para pendaki, film berjudul Negeri Dongeng garapan 7 sineas muda Indonesia sudah tak asing lagi. Film dokumenter ini bercerita tentang kisah nyata pendakian menggapai tujuh puncak tertinggi Indonesia.

Film dokumenter ini digarap oleh tim Aksa7art dengan personil Anggi Frisca sebagai sutradara, dr. Chandra Sembiring selaku produser, Teguh Rahmadi, Rivan Hanggarai, Jogie KM. Nadeak, Yohanes Pattiasina dan Wihana Erlangga.

Selain itu, menghadirkan pula beberapa eskpeditor seperti Nadine Chandrawinata, Darius Sinathrya, Medina Kamil dan lain-lain dengan satu guest setiap puncak gunung yang didaki.

Baca juga: Di balik layar film Negeri Dongeng

Sekilas tentang film Negeri Dongeng

Mengawali gagasannya pada bulan Maret 2014, Anggi Frisca dan kawan-kawan baru bisa memulai ekspedisi nya pada bulan November 2014 dan selesai pada bulan Mei 2016 untuk menaklukan 7 puncak tertinggi Indonesia sambil membuat dokumentasi video.

Digawangi 7 sineas muda dengan berbekal 7 kameran, mereka menyuguhkan perspektif baru dalam dunia perfilman dengan memperlihatkan keindahan alam melalui ekspedisi gunung tertinggi Indonesia, yakni gunung Cartensz di Papua, Gunung Bukit Raya di Kalimantan, Gunung Binaiya di Ambon, Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Semer di Jawa dan Gunung Latimojong di Sulawesi.

Film dokumenter ini tak hanya menyuguhkan pemandangan indah gunung-gunung di Indonesia, tetapi membawa kisah emosional di setiap pendakian yang dilakukan, yang membuat kita seharusnya lebih bijak dan mencintai Indonesia.

Baca juga: 10 film pendakian terbaik sepanjang masa

Makna di balik judul Negeri Dongeng

Film yang bercerita tentang pendakian 7 gunung tertinggi di Indonesia atau dikenal dengan seven summit ini menurut salah satu anggota ekspedisinya Teguh, mengatakan,”Ini bukan film perjalanan yang terdokumentasi, tetapi yang lebih penting itu justru perjalanannya.”

Maka film dokumenter ini diberi judul Negeri Dongeng karena ada kisah di setiap perjalanan yang dilalui, di berbagai tempat, di setiap orang yang dipertemukan. Kisah dalam proses perjalanan itu sendiri yang dianggap poin utama dalam film ini.

Anggi Frisca, sutradara film juga mengatakan film ini akan menjadi sejarah dongeng anak cucu seandainya tidak mampu kita jaga. Maka ia berharap, melalui film ini masyarakat Indonesia bisa lebih menjaga dan memelihara alam indonesia dengan tindakan-tindakan nyata.

Gotong royong nonton bareng Negeri Dongeng

Film dokumenter Negeri Dongeng pertama kali tayang di beberapa bioskop yang ada di Indonesia mulai 26 Oktober 2017 – 29 November 2017 dan mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Beberapa kementrian seperti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pendidikan dan Kementrian Pariwisata sangat mendukung film tentang pendakian puncak gunung tertinggi ini. Hingga sekarang, film ini masih diputar kecil-kecilan di 30 Kota di Indonesia.

Berikut ini adalah jadwal penayangan film Negeri Dongen bulan Desember 2017 :

7 Desember pukul 19.00 di Gading XXI, Jakarta Utara.

8 Desember pukul 14.00 di El Pala & SMA 6 Jakarta.

14 Desember pukul 18.00 di Empire XXI, Yogyakarta.

15 Desember pukul 15.00 di Solo Grand Mall, Solo.

20 Desember pukul 19.00 di Artos Mall, Magelang.

24 Desember pukul 09.00 di Mall Pekalongan, Pekalongan.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PENDAKIAN, tulisan lain Syaiful Millah

Tag : , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post