Ternyata Ini Arti Simbol Segitiga di Pesawat

Foto/bisniswisata.co.id

Di dalam pesawat terdapat simbol segitiga di atap salah satu tempat duduk. Simbol segitiga ini ternyata memiliki arti penting bagi penerbangan, bukan hanya sekedar pajangan belaka. Namun banyak penumpang percaya, arti simbol segitiga di pesawat ini diperuntukan untuk orang-orang pencinta fotografi karena dari jendela pesawat bertanda segitiga ini penumpang bisa melihat pemandangan menakjubkan dibandingkan dengan yang lain.

Anggapan ini memang benar adanya, namun dalam istilah keselamatan penerbangan simbol ini digunakan untuk melihat apakah sayap pesawat berfungsi dengan baik atau tidak.

Para kru biasanya memeriksa bilah sayap atau bahkan mesin melalui jendela bertanda segitiga hitam ini. Ini adalah cara terbaik melihat tanda visual adanya kekhawatiran terhadap kondisi sayap pesawat.

Jadi, anggapan bahwa spot ini diciptakan untuk kegiatan fotografi itu kurang benar, meskipun banyak orang percaya itu.

Baca juga: Fitur Rahasia Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang

arti simbol segitiga di pesawat

Foto/bisniswisata.co.id

“Segitiga hitam menandai lokasi dari apa yang disebut ‘Kursi William Shatner’, tempat duduk dengan pandangan sayap yang paling jelas,” jelas pensiunan insinyur aerospace Lee Ballentine di situs Q & A Quora.

“Ini adalah tempat di dalam pesawat di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan visual terbaik untuk masalah di sayap pesawat, termasuk adanya es ketika terbang. Masalah pesawat pernah ditayangkan dalam sebuah film Nightmare at 20,000 Feet, yang ditayangkan pada 11 Oktober 1963. Di dalamnya, karakter Shatner melihat gremlin di sayap pesawat yang menyebabkan kecelakaan pesawat. ”

Namun kemajuan teknologi membuat pemeriksaan visual dari William Shatner’s Seat semakin berkurang.

“Jadi mengapa mereka (simbol segitiga) masih di sana? Karena pesawat mahal, jadi bertahan selamanya di sana ,” ujar pilot maskapai penerbangan Steven Hoober. “Fitur tidak pernah dihapus, dan umumnya masih dipertahankan.”

Sedangkan Donald Daugherty, seorang insinyur aerospace mengatakan bahwa simbol segitiga di pesawat pada beberapa pesawat Airbus digunakan ketika proses landing yang cukup meragukan.

“[Para kru] biasanya meminta seorang pramugari untuk mengawasi agar tidak membuat takut siapa pun,” katanya.

Baca juga: Berapakah Jumlah Pesawat yang Mengudara saat Ini?

fitur rahasia pesawat

Foto/Tentang DavestPay

Namun kini tempat ini tersedia bagi mereka yang tertarik posisi terbaik untuk foto Instagram dengan background sayap pesawat nan megah.

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran