Berapakah Jumlah Pesawat yang Mengudara saat Ini?

Foto/Silontong

Selama lebih dari 100 tahun manusia telah menikmati moda transportasi pesawat terbang. Selama itu pula pesawat terbang telah mengalami banyak sekali perkembangan hingga menjadi secanggih sekarang dengan miliaran penggunanya.

Tahun 2017 setidaknya ada empat miliar penumpang pesawat di seluruh dunia yang tercatat oleh Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA). Jumlahnya dua kali lipat dari jumlah 12 tahun lalu dan setara dengan setengah populasi dunia.

Jumlah Pesawat yang Mengudara

Jumlah kenaikan Penumpang pesawat terbang per tahun dan akan melonjak dua kali lipat pada tahun 2036.

Jika ada sekitar 4 miliar penumpang, berapakah jumlah pesawat yang mengudara saat ini?

Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun untuk bisa menjawabnya kita harus melacaknya ke seluruh dunia. Ini bukanlah sesuatu yang mudah. Namun kami telah menemukan sumber terpercaya untuk bisa menjawab pertanyaan ini.

Menurut analis penerbangan Ascend, jumlah total pesawat yang saat ini beroperasi ada sekitar 23.600  pesawat, ini termasuk pesawat penumpang dan kargo. Diperkirakan juga ada 2.500 pesawat yang tidak dioperasikan dan disimpan.

Namun airliners.net mengklaim, ada sekitar 39.000 pesawat termasuk pesawat komersial dan militer yang saat ini digunakan di seluruh dunia. Dengan jumlah 150.000 selama sejarah penerbangan.

Waw, tak menyangka ternyata jumlah pesawat di seluruh dunia yang saat ini digunakan sangat banyak ya.

Baca juga: Fitur Rahasia Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang

Jumlah pesawat yang dibutuhkan di masa depan

maskapai paling tepat waktu

Foto/Silontong

Meskipun jumlah pesawat sudah ada puluhan ribu, namun Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) PBB, mengatakan bahwa jumlah itu tidak akan cukup dan jumlahnya akan berlipat ganda setelah 15 tahun ke depan.

Boeing, salah satu produsen pesawat terbesar di dunia, setuju. Ia mengatakan bahwa ada kebutuhan untuk 39.620 pesawat baru selama 20 tahun ke depan, sehingga pada tahun 2037 harus ada 63.220 pesawat di dunia.

“Perkiraan kami didasarkan pada kombinasi pertumbuhan maskapai penerbangan dan penggantian pesawat yang lebih tua dan kurang efisien,” ujarnya dilansir dari telegraph.co.uk.

Baca juga: Bolehkah Memotret di dalam Pesawat?

Sementara itu, ternyata Boeing 737 dan Airbus A320 jadi pesawat paling laris dan banyak digunakan di dunia

Dilansir dari Telegraph, ternyata pesawat yang sering digunakan untuk melayani penumpang per tahun 2014/2015 adalah Boeing 737 dan Airbus A320. Jumlahnya mencapai 6.000 pesawat lebih.

jumlah pesawat yang mengudara saat ini

Jumlah jenis pesawat yang digunakan di dunia. Foto/Telegraph

Sementara itu, maskapai dunia yang memiliki jumlah pesawat terbanyak dipegang oleh American Airlines dengan 1.556 pesawat dengan 350 tujuan penerbangan.

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar