Sidebar

Potret Keindahan Baitul Maqdis, Tempat yang Disinggahi Nabi Muhammad SAW Saat Isra Mi´raj

Isra´ Mi´raj adalah salah satu peristiwapenting bagi umat Islam, yaitu saat di mana Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu berupa perintah untuk melakukan ibadah sholat. Dalam perjalanannya menggunakan buraq, salah satu tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raj adalah Baitul Maqdis.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Salah satu peristiwa penting bagi umat Islam adalah peristiwa  Isra mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini merupakan saat di mana Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah sholat lima waktu yang menjadi salah satu rukun Islam.

Malaikat Jibril sendiri yang mengantarkan beliau dari Mekkah hingga sampai di Sidratul Muntaha dengan mnggunakan buraq. Selama peristiwa tersrebut berlangsung, ada beberapa tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raj.

Baca juga: Seorang Traveler Lakukan Aksi Jalan Kaki ke Palestina, Ini yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mendukungnya

Salah satu tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raja adalah Baitul Maqdis. Tempat ini merupakan sebuah kawasan di mana di dalamnya terdapat Masjidil Aqsa. Di sinilah Rasulullah SAW berangkat menuju Sidratul Muntaha melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi. Lalu sampai untuk menghadap Allah dan menerima perintah sholat.

Abdullah bin Umar, seorang ahli hadits dan hukum fiqih mengatakan, “Baitul Maqdis adalah tempat para Nabi dan berkumpulnya mereka untuk beribadah. Tidak ada sejengkal pun tanah di tempat itu yang tidak dipakai untuk sholat oleh para Nabi atau para Malaikat”.

Lalu seperti apakan potret keindahan tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raj ini? Berikut beberapa fotonya,

Masjid Al Aqsa yang masuk dalam kawasan Baitul Maqdis, salah satu tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raj. Foto dari @aiyspy

Dalam catatan sejarah, Masjidil Aqsa yang berada di kawasan Baitul Maqdis merupakan kiblat pertama kaum muslimin. Waktu pertama kali perintah sholat diturunkan, rasul dan para sahabat sholat dengan menghadap ke Masjidil Aqsa.

Masjid Qibli yang masuk dalam kawasan Masjidil Aqsa. Foto dari @uchi_leoni

Masjid Qibli merupakan salah satu masjid yang berada di kawasan Masjidil Aqsa. Masjid Qibli ini memiliki kubah berwarna abu-abu tua. Sangat indah bukan?

Baca juga: Lakukan Aksi Kemanusiaan Jalan Kaki dari Swedia ke Palestina, Traveler Ini Kerap Ditodong Polisi

Masjid Al-Buraq, salah satu tempat yang disinggahi Nabi Muhammad SAW saat isra mi´raj. Foto dari @uchi_leoni

Masjid Al Buraq adalah salah satu masjid yang juga masih masuk dalam kawasan kompleks Masjidil Aqsa. Tak kalah indah dan megah.

Western Wall atau Wailling Wall di area Baitul Maqdis. Foto dari @uchi_leoni

Wailling Wall atau sering disebut juga dengan Western Wall ini juga dikenal dengan nama Al-Buraq Wall dalam bahasa Arab. Tembok dinding ini merupakan tembok yang masih tersisa dan bertahan dari Bait Suci pertama Yerusalem yang dibangun raja Salomo. Kini Wailling Wall ini jadi tempat wisata religi bagi umat Yahudi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Israel Menjajah Palestina? Perang Abadi Yahudi dan Islam

Menyusuri Keberadaan Istana Nabi Sulaiman, Manusia Terkaya di Dunia

Yerussalem, Kota Suci Tiga Agama Samawi yang Selalu Diperebutkan

Sejarah Kota Betlehem, Kota Suci Tempat Kelahiran Yesus Kristus

Palestine Walk Bandung, Bukti Persahabatan Abadi Indonesia-Palestina

Potret Perubahan Palestina dari Masa ke Masa

FALLBACK
The END