Sidebar

Tempat Wisata Terpopuler Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

Berikut ini disajikan beberapa tempat wisata terpopuler di Indonesia berdasarkan data pencarian Google sepanjang tahun 2019.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Menjelang pergantian tahun 2019 menuju 2020, Google sebagai search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia telah merilis daftar pencarian terpopuler yang dirangkum dalam “2019 Year in Search Indonesia”. Berdasarkan data tersebut, sepertinya akan terjadi pergeseran tren pariwisata Indonesia di tahun 2020.

Pendakian gunung, Raja Ampat, dan destinasi wisata lain di ujung timur Indonesia mulai kehilangan para peminatnya. Berikut ini disajikan beberapa tempat wisata terpopuler di Indonesia berdasarkan pencarian Google sepanjang tahun 2019.

1. Labuan Bajo

Pencarian dengan keyword “Labuan Bajo” meningkat 1,6 kali dibandingkan tahun sebelumnya. Labuan Bajo adalah nama sebuah wilayah pedesaan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten, Manggarai Barat, NTT. Keindahan alam Labuan Bajo berupa perbukitan savana yang menghadap langsung ke laut lepas telah lama dikenal oleh masyrakat dunia.

Kueri lain yang terkait dengan pencarian keyword “Labuan Bajo” adalah Pulau Padar dan Pink Beach di Pulau Komodo. Kedua tempat ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo di NTT. Baik Pulau Padar maupun Pulau Komodo merupakan pulau tak berpenghuni, sehingga keindahan alamnya masih terjaga dengan baik hingga sekarang.

2. Kalimantan

Tren pariwisata telah bergesar dari Pulau Papua ke Pulau Kalimantan yang bakal menjadi lokasi ibukotan baru Indonesia. Kueri pencarian destinasi wisata di Kalimantan meningkat 1,4 kali lebih banyak dari sebelumnya. Beberapa destinasi terpoler di Kalimantan berdasarkan data Google 2019 adalah Danau Kakaban (Kalimantan Timur), Gunung Muro (Kalimantan Tengah), dan beberapa taman nasional.

3. Sumba

Pulau Sumba merupkan pulau di Provinsi NTT dengan luas wilayah hingga 10.710 km². Pencarian untuk keyword “Sumba” di Google 2019 meningkat sebanyak 1,3 kali dari tahun sebelumnya. Sumba dengan padang savananya yang indah juga menjadi tempat tinggal bagi masyarakat adat lokal yang tetap setia menjaga tradisi leluhur. Beberapa desa adat di Sumba wajib dikunjungi untuk pengalaman wisata tak terlupakan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

6 Pantai untuk Surfing Dekat Jakarta, Alternatif Tujuan Liburan Akhir Pekan

Apel Pantai, Awas di Pantai Ada Pohon Paling Mematikan di Dunia!

FALLBACK
The END