4 Daya Tarik Sumba di Nusa Tenggara Timur, Surga dari Tanah Purba

Daya tarik Sumba di Nusa Tenggara Timur, surga di tanah purba (Instagram/fransisca.zagita).

Sumba merupakan nama dari sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Dengan luas wilayah mencapai 10.710 km┬▓, Sumba dikenal memiliki panorama alam tropis yang sangat indah layaknya surga. Para ahli menyebutkan bahwa Sumba merupakan bagian dari tanah purba yang masih bertahan, dibuktikan dengan keberadaan reptil purba terbesar yakni Komodo.

Sumba menjadi destinasi tujuan paling diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena beberapa alasan. Berikut disajikan beberapa daya tarik Sumba yang disebut-sebut sebagai surga dari tanah purba.

1. Air Terjun Waimarang

(Instagram/danirodsoc)

Air Terjun Waimarang berlokasi di Desa Waimarang, Sumba Timur, NTT. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Waimarang begitu unik karena memiliki kolam renang alam dengan air yang berwarna biru jernih. Akses menuju Air Terjun Waimarang terbilang cukup sulit karena membutuhkan waktu sekitar dua jam berkendara dengan meda off road hingga sabana. Namun semuanya akan terbayar lunas setelah sampai dan menyaksikan langsung eksotisme Air Terjun Waimarang.

2. Bukit Wairinding

(Instagram/fransisca.zagita)

Masih berlokasi di Kabupaten Sumba Timur, terdapat Bukit Wairinding berupa lanskap perbukitan sabana dengan panorama alam yang luas, asri, dan menawan. Masyarakat lokal menjuluki Bukit Wairinding sebagai “The Seleeping Giant Wairinding”. Saat musim kemarau tiba, Bukit Wairinding akan tampak lebih indah karena rerumputan di padang sabana mengering berwarna kuning layaknya alam liar di Benua Afrika.

3. Pantai Bawana

(Instagram/alv_chipmunk)

Pantai Bawana atau disebut juga Pantai Batu Cincin berlokasi di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Ciri khas dari Pantai Bawana terletak pada keberadaan karang raksasa berukuran sekiatr lima meter yang menjorok ke laut dengan lubang besar di bagian tengahnya. Pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang biru jernih akan membuat siapapun merasa nyaman dan betah. Pantai Bawana sangat cocok menjadi tempat untuk menenangkan diri, menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

4. Desa Adat Sumba

(travelingyuk.com)

Selain serentetan destinasi wisata alam, Sumba juga memiliki beberapa destinasi wisata budaya yang dapat memberikan pengetahuan dan wawasan luas terkait tradisi dan adat kebiasaan masyarakat lokal. Terdapat beberapa desa adat di Sumba yang dihuni oleh suku-suku lokal yang masih memegang teguh budaya nenek moyang. Beberapa hal unik yang dapat ditemui di Desa Adat Sumba adalah tenun ikat dan rumah tradisional di Kampung Adat Prai Ijing, kuburan megalitikum di Kampung Adat Rotenggaro, peninggalan purba di Kampung Adat Praiyawang, serta adat istiadat marapu di Kampung Adat Tarung.

Dapatkan ulasan menarik tentang sumba dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar