Tempat Wisata di Banten yang Akan Segarkan Jiwa dan Raga

Sungai Ciberang, tempat wisata di Banten yangmenantang nyali. Foto oleh @qiwonk_anjasetiawan

Banten yang berada tak jauh dari ibukota sering kali jadi tempat pelarian bagi kaum urban. Jika belum banyak yang tahu ada apa di Banten, maka salah satu tempat wisata di Banten yang paling menarik adalah Pulau Peucang. Pulau yang masih sepi dan punya amazon mini. Lainnya tentu saja ada Taman Nasional Ujung Kulon yang punya badak bercula satu. 

Baca selengkapnya ulasan tentang Pulau Peucang, Banten.

Namun selain destinasi tersebut, Banten ternyata juga masih punya banyak daftar tempat wisata yang bisa dijelajahi. Apa saja destinasi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pantai Anyer dengan banyak pilihan aktivitas yang menantang

tempat wisata di banten

Senja di Pantai Anyer. Foto oleh @agoes_hm

Pantai Anyer menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang memiliki panorama alam menakjubkan. Garis pantai yang landai dan panjang, psir putih yang lembut dan menghadap langsung ke Gunung Rakatak akan memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan.

tempat wisata di banten

Bersiap bermain banana boat. Foto oleh @margeaux_wwn

Tak hanya indah dipandang, Pantai Anyer juga memiliki segudang aktivitas yang menantang untuk para wisatawan. Seperti misalnya berenang di pantai, bermain banana boat, jetski, berjalan santai di tepi pantai, diving, snorkeling, dan duduk santai di gazebo tepi pantai bersama keluarga. Saat senja mulai satang, salah satu pemandangan cantik yang bisa dinikmati adalah pesona matahari yang sedikit demi sedikit tenggelam. 

2. Pulau Panaitan, surga lain di Ujung Kulon

tempat wisata di banten

Pulau Panaitan dipotret dari atas. Foto oleh @donandantino

Tak hanya Pulau Peucang saja ternyata yang menggoda untuk dijamah. Di Ujung Kulon ada lagi satu pulau yang cantik dan asyik untuk tempat pelarian sejenak, Pulau Panaitan namanya. Ekosistem di Pulau Panaitan ini masih terjaga dengan baik, maka secara otomatis keindahan pulau inipun sudah pasti masih terjaga. 

tempat wisata di banten

Keindahan terumbu karang di Pulau Panaitan. Foto oleh @dodinaminra

Panorama alam yang ditawarkan Pulau Panaitan di antaranya pantai yang cantik dengan pasir putih lembut, ombak yang berdebur dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Untuk melihat pemandangan bawah laut berupa terumbu karang dan koral yang indah tentu wisatawan harus melakukan snorkeling. Pastikan untuk membawa peralatan sebelum berkunjung ke Pulau Panaitan ini. 

3. Pulau Umang dengan fasilitas resort mewah tepi pantai

tempat wisata di banten

Resort di Pulau Umang. Foto oleh @pulauumangresort

Untuk yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk ibukota dan menenangkan diri di tempat yang sepi dan indah, maka Pulau Umang Banten bisa jadi pilihan yang pas. Tempat wisata di Banten yang satu ini memberikan fasilitas kenyamanan berupa resort dengan sentuhan alam yang berada tepat di tepi pantai. Dari resort ini wisatawan dapat bersantai sambil menikmati angin laut yang segar, debur ombak yang menenangkan dan hamparan pasir putih yang luas. 

tempat wisata di banten

Santai sambil menikmati Pulau Umang. Foto oleh @ajengary

Pulau Umang ini memang memiliki fasilitas resort yang cukup lengkap. Mulai dari spa, sunset lounge, ruang pertemuan, resto, kolam renang dan banyak lagi. Jadi tak ada alasan untuk liburan jauh-jauh jika di Banten pun ada tempat senyaman ini. 

4. Pantai Sawarna, paduan sempurna pantai dan bukit hijau yang cantik

tempat wisata di banten

Keindahan Pantai Sawarna. Sumber

Pantai Sawarna sudah menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang terkenal hingga ke mancanegara. Air laut yang jernih, pasir putih yang lembut dan berbaur dengan hijaunya bukit menjadi salah satu panorama yang ditawarkan Pantai Sawarna. Tempat wisata di Banten ini juga selalu menjadi favorit baik untuk wisatawan lokal maupun dari luar daerah. 

tempat wisata di banten

Perlu hati-hati jika ingin berenang di Pantai Sawarna. Foto oleh @marlboro_ketengann

Pantai yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten ini cocok untuk keluarga yang ingin berlibur bersama. Sekadar santai menikmati indahnya alam Sawarna dan bermain air di laut yang berombak cukup besar. Jadi memang perlu berhati-hati jika inginmandi atau beranang di pantainya. 

5. Pulau Burung yang jadi tempat singgah ribuan burung tiap tahunnya

tempat wisata di banten

Pulau Burung atau juga disebut Pulau Dua. Sumber

Pulau Burung atau banyak juga dikenal dengan nama Pulau Dua merupakan pesona alam lain yang ada di Banten. Dinamakan Pulau burung karena tiap tahunnya antara bulan April hingga Agustus pulau ini jadi tempat singgah ribuan burung dari berbagai negara. Tak kurang dari 60 jenis burung yang hinggap ke pulau ini dalam masa peralihan mereka. 

tempat wisata di banten

Pulau di mana ribuan burung mampir tiap tahunnya. Sumber

Jika ingin melihat urbanisasi burung ini, maka wisatawan bisa datang di bulan-bulan tersebut. Selain melihat burung-burung ini, wisatawan juga bisa menikmati panorama alam bawah lautnya yang kaya dengan berbagai jenis ikan. 

6. Perkampungan Suku Baduy yang unik dengan kehidupan tradisionalnya

Perumahan di Kampung Suku Baduy. Foto oleh Ashadi Natha

Perjalanan menuju Suku Baduy Dalam memang bisa memberikan suasana berlibur yang berbeda bagi orang-orang yang tinggal di kota besar sepetrti Jakarta. Suku Baduy Dalam memiliki 3 kampung yang berdiri secara terpisah, yaitu Kampung Cibeo, Kampung Cikeusik, dan Kampung Cikertawarna.

suku baduy dalam

Warga suku Baduy. Foto oleh Ashadi Natha

Pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Baduy Dalam lebih memilih untuk bermalam di Kampung Cibeo. Karena di kampung ini lebih terbuka bagi wisatawan yang datang. Walaupun masih tetap berpegang teguh dengan larangan adat yang dilarang mengambil foto serta dilarang menggunakan bahan kimia pada saat mandi. 

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keasrian Suku Baduy Dalam dan mencari ketenangan, maka tempat terbaik adalah Kampung Cikeusik. 

Baca juga: 10 Fakta tentang Suku Baduy dalam yang tak pernah diketahui wisatawan. 

7. Menantang adrenalin di arung jeram Sungai Ciberang

tempat wisata di banten

Sungai Ciberang, tempat wisata di Banten yangmenantang nyali. Foto oleh @qiwonk_anjasetiawan

Untuk yang suka dengan tantangan dan suasana alam, maka wisata adrenalin arung jeram di Sungai Ciberang bisa jadi pilihan yang pas. Sungai yang berada di pedalaman Banten ini masih terjaga kebersihan dan kealamiannya. Riak sungainya yang deras juga membuat arung jeram jadi makin menantang.

tempat wisata di banten

Sungai Ciberang yang masih alami. Foto oleh @khong

Ada beberapa jalur pengarungan yang disediakan, misalnya jalur pemula sepanjang 700 meter sampai dengan jalur sepanjang 25 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam. Sepanjang area pengarungan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari Taman Nasional Gunung Halimun. 

Dapatkan ulasan menarik tentang Jawa Barat dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar