Destinasi Camping Ground Sukabumi untuk Rayakan Pergantian Tahun

tanakita (Instagram/@iqbalprima)

Ada banyak tempat camping di Sukabumi yang bisa Kamu kunjungi untuk nikmati pergantian tahun bersama kerabat ataupun kawan sepermainan. Tengok deretan camping ground Sukabumi berikut ini yang bisa jadi rekomendasi.

1. Situ Gunung

camping ground sukabumi

situ gunung (Instagram/friend.inframe)

Camping ground Sukabumi pertama yang bisa Kamu kunjungi ialah Situ Gunung. Tak terlalu asing, karena Situ Gunung telah populer sebagailokasi camping di Sukabumi yang mengasyikkan.

Terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, yakni berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sensasi udara yang sejuk dan asri begitu terasa ketika Kamu memilih Situ Gunung sebagai tempat camping dan berkumpul bersama keluarga.

Untuk dapat masuk ke kawasan ini, Kamu cukup menyiapkan dana Rp35 ribu per orang. Kamu juga bisa camping atau berkemah dengan membawa peralatan sendiri maupun menyewa tenda mewah yang disediakan oleh pengelola. Bila hendak menyewa tenda, Kamu cukup menyiapkan nominal Rp350 ribu untuk satu malamnya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Tahun Baru Sepi Cocok untuk Relaksasi

2. Tanakita

camping ground sukabumi

tanakita (Instagram/@iqbalprima)

Satu lagi tempat camping di Sukabumi yang telah populer, yakni Perkemahan Tanakita. Camping ground Sukabumi yang satu ini menyediakan fasilitas berkemah yang akan membawamu serasa berada di penginapan bintang lima.

Tidak seperti kemah pada umumnya, perkemahan di Tanakita menyediakan beragam fasilitas dengan kualitas nomor satu, mulai dari tenda, sleeping bag, hingga toilet yang sangat bersih.

Camping ground Sukabumi di Tanakita ini berada di wilayah Situgunung yang masuk ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sehingga nuansa alamnya begitu kental bahkan udara di malam hari bisa mencapai 16 hingga 20 derajat.

Bila Kamu berencana datang ke sana, akt perlu mengkhawatirkan jam buka, karena Tanakita beroperasi 24 jam penuh. Kamu yang ingin menyewa tenda di sini, perlu menyiapkan nominal sekitar Rp550 ribu per malam.

3. Batu Tapak Camping Ground

camping ground sukabumi

Batu Tapak Camping ground. sumber foto.

Rekomendasi camping ground Sukabumi yang selanjutnya ialah Batu Tapak Camping Ground ydang berlokasi di Desa Cidahu dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Serupa Perkemahan Tanakita, Perkemahan Batu Tapak ini juga menyediakan beragam fasilitas berkemah yang memanjakan hati dan tak perlu pakai ribet.

Kamu bisa memilih ukuran tenda untuk dua orang, empat orang, ataupun enam orang. Harga yang dipasang untuk menyewa tenda mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1,5 juta.

Tak hanya tempat berkemah, Batu Tapak ini bisa pula kamu jadikan tempat berkegiatan seperti outbond, trekking air terjun, dan mendaki. Kamu perlu membayar Rp30 ribu per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

4. Calliandra Camping Ground

camping ground sukabumi

Calliandra camping ground (Instagram/qbal_barabbayy)

Tempat camping di Sukabumi selanjutnya yang bisa Kamu jadikan destinasi merayakan pergantian tahun ialah Calliandra Camping Ground.

Camping ground Sukabumi yang satu ini sebenarnya lebih terlihat serupa resor dengan konsep alam seluas kurang lebih 3.400 meter persegi.

Lokasinya Calliandra Camping Ground berada di kaki Gunung Gede Pangrango, namun bersembunyi di tengah hutan yang cukup tertutup, sehingga udaranya masih sangat sejuk dan alami.

Meski kondisinya agak di tengah hutan, namun jangan khawatir sebab ada banyak spot luas untuk Kamu mendirikan tenda di sini.

5. Geopark Ciletuh

camping ground sukabumi

gunung ciletuh. sumber foto.

Baca Juga: Destinasi ‘Surga’ Alam Jawa Barat yang Harus Kamu Datangi Secepatnya

Rekomendasi camping ground Sukabumi yang terakhir ini rupanya yang paling populer di antara yang lain. Bila wisatawan mencari tempat camping di Sukabumi, maka yang terlintas di pikiran adalah Geopark Ciletuh.

Geopark Ciletuh ini telah diakui UNESCO sebagai Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GGN). Selain menikmati keindahan kontur bumi, hayati, dan kebudayaannya, kamu juga bisa berkemah di kawasan geopark ini.

Camping ground Sukabumi yang satu ini juga memiliki lokasi untuk mendirikan tenda. Spot yang paling terkenal adalah Puncak Darma dan Goa Langir.

Namun tak serupa beberapa  yanperkemahang menyediakan beragam fasilitas perkemahan, berkemah Geopark Ciletuh, Kamu mesti membawa peralatan sendiri. Tak pula ada harga tiket masuk yang mesti di bayar. Kamu cukup mengapresiasi petugas di sana sebagai tanda uang kebersihan. Nominalnya pun tidak ditentukan.