Tagar #CoBrandWonderfulIndonesia Jadi Trending Topic Twitter

Co-Branding Wonderful Indonesia dirilis untuk mengajak perusahaan ternama yang ada di Indonesia untuk membantu mempromosikan brandi Wonderful Indonesia

Ditulis Oleh Faiz Abi

wonderful indonesia

#CoBrandWonderfulIndonesia puncaki trending topic.

Tagar #CoBrandWonderfulIndonesia menjadi trending topic Indonesia di platform sosial media Twitter pada pagi ini, Kamis (9/8). Tagar tersebut banyak digunakan akun-akun twitter pribadi di Indonesia untuk menyebarkan berita baik ini. Pasalnya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya tengah merilis Co-Branding Wonderful Indonesia di Balairung, Kemenpar.

‘Co-Branding Wonderful Indonesia’ dirilis untuk mengajak beberapa perusahaan ternama yang ada di Indonesia untuk melakukan kerjasama demi mendukung dan mempromosikan brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Brand ‘Wonderful Indonesia’ naik 100 peringkat di antara brand promosi negara seluruh dunia

Mengutip dari akun resmi Kemenpar di Twitter (@Kemenpar_RI), Wonderful Indonesia berhasil menjadi brand berperingkat 47 dunia karena hasil dari promosi yang dilakukan selama 2 tahun terakhir dan meluas di mancanegara.

Setelah dipromosikan, brand Wonderful Indonesia melompat 100 peringkat dan langsung masuk cluster 1 nasional brand dunia. Padahal tadinya hanya masuk kategori NA (not available). Sejak tahun 2014-2015, Arief mengelola Kementerian Pariwisata seperti sebuah perusahaan dan ia menggagas serta memposisikan Brand Pariwisata Indonesia juga setara dengan perusahaan. Sementara sebuah destinasi menjadi produk dan originasi sebagai pelanggan.

Menggandeng beberapa perusahaan ternama di Indonesia

wonderful indonesia

Perusahaan yang bekerjasama untuk Co-Branding Wonderful Indonesia. Foto dari akun twitter @Kemenpar_RI

Acara dibuka oleh sambutan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti. Dirinya menjelaskan, awalnya Kemenpar hanya ber-ekspektasi bahwa hanya beberapa perusahaan saja yang akan menandatangani kerjasama, sekitar di bawah 20 perusahaan, tapi di luar dugaan perusahaan yang ingin bekerjasama dengan Kemenpar mencapai 28 perusahaan.

Hal tersebut tentu sangat membanggakan karena banyak perusahaan yang ingin mempromosikan brand ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Menpar Arief mengatakan bahwa, “Indonesia Incorporated untuk mendukung sektor Pariwisata itu penting, karena sektor inilah yang akan menjadi penyumbang devisa terbesar di masa depan.” 

Co-Branding terbagi ke dalam 2 jenis, food dan non-food

Perusahaan-perusahaan yang Co-Branding ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu mitra makanan dan bukan makanan. Menurut Arief, ketika perusahaan kuat bertemu dengan perusahaan kuat, maka yang dihasilkan menjadi superkuat dan saling menguatkan, itulah yang diharapkan dari adanya Co Branding Wonderful Indonesia ini. Kolaborasi ini akan menaikkan nilai brand yang ada sekaligus membuat Wonderful Indonesia semakin mendunia.

kerupuk papatonk

Sumber foto @Kemenpar_RI

Hasil yang didapatkan dari dari Co-Branding ini adalah win-win partnershipdi mana perusahaan yang berbeda ini akan menghasilkan gabungan yang jauh lebih powerfull. Salah satu produk yang bekerjasama dengan Kemenpar adalah Kerupuk Udang Papatonk yang mampu menjual 20 juta bungkus di banyak kota-kota di China.

Iklan Wonderful Indonesia yang sudah tersebar di berbagai negara

wonderful indonesia

Wonderful Indonesia di London. Sumber foto @Kemenpar_RI

Sejak 2 tahun terakhir, Kemenpar dengan gencar mempromosikan Wonderful Indonesia ke berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya iklan Wonderful Indonesia yang terpasang di badan taksi di London, Inggris. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan branding Indonesia dilihat oleh dunia. Dan telah dibuktikan bahwa Wonderful Indonesia naik 100 peringkat dalam ranking brand promosi wisata negara di dunia. Brand Wonderful Indonesia ini juga telah mengalahkan brand Amazing Thailand dan Malaysia Truly Asia. 

Next Post