Sidebar

6 Hal Mewah Bagi Orang Luar Negeri Tetapi Biasa Bagi Orang Indonesia

Banyak hal yang sebenarnya biasa saja bahkan tidak berharga ternyata justru dianggap suatu hal yang berharga bagi orang luar negeri.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya, betapa beruntungnya kita dapat hidup dan menikmati kekayaan alam negeri ini yang sangat luar biasa. Banyak hal yang sebenarnya biasa saja bahkan tidak berharga ternyata justru dianggap suatu hal yang berharga bagi orang luar negeri. Berikut ini disajikan beberapa ulasannya.

1. Daun Pisang

(amazon.com)

Daun pisang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk pembungkus berbagai macam kuliner khas seperti lontong dan lemper. Daun pisang dapat diperoleh dengan mudah, bahkan tidak perlu membeli jika memiliki pohon pisang sendiri di halaman belakang rumah.

Bagi masyarakat luar negeri, daun pisang merupakan salah satu benda mewah yang cukup sulit diperoleh. Daun pisang di Jepang dijual dengan harga berkisar antara JPY 376-860, sedangkan di Amerika Serikat dijual dengan harga USD 13-18. Harga ini bahkan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga daging.

2. Tempe

(amazon.com)

Jika tempe di Indonesia dikenal sebagai makanan kalangan kelas bawah, maka di luar negeri justru sebaliknya. Dengan uang tak lebih dari IDR 10.000 di Indonesia dapat diperoleh tempe berukuran besar yang cukup untuk dua hari. Di Amerika Serikat sebuah tempe dihargai USD 23.10 per 200 gram atau sekitar IDR 54.000. Sungguh harga yang sangat fantastis.

3. Santan

(amazon.com)

Santan adalah salah satu komponen wajib untuk membuat berbagai kuliner berkuah seperti kari atau gulai. Santan oleh masyarakat Indonesia diperoleh dari perasan kelapa. Dengan uang tidak lebih dari IDR 5.000 di Indonesia dapat diperoleh santan yang cukup untuk membuat sebuah hidangan porsi besar.

Di Amerika Serikat santan atau coconut milk dihargai dengan USD 10-40 atau setara dengan IDR 140.000-560.000. Jauh lebih mahal dibandingkan susu sapi. Hal ini disebabkan karena di Amerika Serikat bukanlah negara tropis sehingga cukup sulit diperoleh kelapa.

4. Daun Pandan

(amazon.com)

Daun Pandan seringkali digunakan sebagai pengharum masakan seperti kolak di Indonesia. Harganya sangat murah dan dapat dengan mudah didapatkan di pasar tradisional. Di Amerika Serikat Daun Pandan sangatlah mahal, dapat mencapai USD 18, jika membeli satu pohon seharga USD 50. Benar-benar harga yang tidak wajar untuk sebuah daun pandan.

5. Rempah-Rempah

(amazon.com)

Bukan rahasia umum lagi jika rempah-rempah merupakan benda berharga di Eropa dan Amerika. Sebagai negara subtropis, rempah-rempah tidaklah tumbuh di tanah mereka. Harga rempah-rempah berada pada kisaran rata-rata USD 25 untuk satu paket lengkap, atau setara dengan IDR 350.000.

6. Tas Anyaman

(amazon.com)

Belakang tren tas anyaman sedang populer dikalangan kaun hawa di Indonesia. Cukup dengan IDR 50.000 tas anyaman yang cantik dapat melengkapi penampilan sehari-hari. Di Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya tas anyaman begitu dihargai karena dianggap eksklusif buatan tangan. Tas anyaman di toko mode ternama biasanya ditempatkan khusus bersanding dengan tas-tas mahal lainnya. Berdasarkan penelusuran di Amazon diketahui harga tas anyaman yang bukan dari brand ternama dihargai USD 20-40 atau IDR 280.000-560.000.7

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ganti Rugi Penjajahan, Indonesia Ganti Rugi pada Belanda, Kok Bisa?

3 Daerah Indonesia yang Tidak Pernah Dijajah, Sudah Tahu?

Timor Leste Jadi Negara Miskin Setelah Lepas dari Indonesia, Kok Bisa?

Kenapa Waktu Puasa di Setiap Negara Berbeda-Beda? Ini Penjelasannya

3 Fenomena Langit Bulan April 2020 Tampak dari Langit Indonesia

Dampak Positif Wabah Virus Corona Terhadap Bumi dan Umat Manusia

FALLBACK
The END