Kakek Ini Diamputasi Sesaat Setelah Makan Sushi Ikan Mentah, Mengapa?

Tangan yang telah terinfeksi bakteri akibat makan makanan laut mentah (Foto/Dailymail)

Sushi ikan mentah baru saja dimakan oleh seorang pria tua berusia 71 tahun asal Korea Selatan, dan kemudian tangannya mesti diamputasi.

Keadaan ini tentu membuat geger banyak khalayak dan menimbulkan banyak pertanyaan, ada apa dengan sushi yang dimakan oleh sang pria tua tersebut.

Baca Juga: Food Blogger Alami Tuna Rungu Sesaat Setelah Cicipi Mie Terpedas Sedunia, Kok Bisa?

Dilansir Daily Mail, Pria tua ini mulai mengalami keadaan tak enak di sekujur tangannya setelah rentang waktu 12 jam ia memakan makanan sushi.

sushi ikan mentah

Tangan yang telah terinfeksi bakteri akibat makan makanan laut mentah (Foto/Dailymail)

Pria yang tak mau disebutkan namanya itu, mengalami memar dan lecet besar. Tangan kirinya seketika bengkak sebesar bola golf dan menjadi sangat menyakitkan.

Memar dan lecet ini merupakan infeksi bakteri dari makan makanan laut mentah. Saat hendak diobati oleh bantuan dokter di Jeonju, Korea Selatan, kondisi tangan pria ini sudah tak tertolong.

Pembusukan daging telah menjalar di seluruh tangan dan lengannya. Tak hanya itu, pria ini juga mengalami demam dan kesakitan yang ekstrem di tangannya selama dua hari.

Hati-hati makan sushi ikan mentah

Berdasar New England Journal of Medicine, pria ini didiagnosis dokter mengalami infeksi yang disebut vibriosis. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Vulnificus Vibrio.

Infeksi ini kian diperparah karena pria tua ini memiliki riwayat diabetes, sehingga risiko yang ditimbulkan saat makan sushi ikan mentah maupun makanan laut mentah lainnya tambah tinggi.

sushi ikan mentah

sushi ikan mentah (Foto/BBC)

Karena tak tertolong lagi dan pembusukan sudah menjalar kemana-mana, lengan pria ini akhirnya diamputasi.

Melalui kejadian yang dialami pria tua malang tersebut, ada baiknya kita mengetahui benar perihal apa saja yang hendak masuk dan dimakan oleh pencernaan kita.

Baca Juga: Roti Terbang Unik dan Kekinian Ini Sedang Viral di Solo

Tak sedikit orang mudah terinfeksi dengan makanan seafood yang terkontaminasi dan masih mentah. Makanan-makanan ini biasanya tampak pada tiram atau kerang.

Namun hal ini akan memiliki risiko dan komplikasi lebih tinggi bila infeksi diderita pula oleh orang dengan riwayat penyakit ginjal dan diabetes.

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar