Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Profit Tanpa Resiko dalam Bisnis Tour Travel

Strategi bisnis untuk meningkatkan profit tanpa resiko (Flickr/GotCredit).

Seiring dengan berjalannya waktu, kini konsumen semakin cerdas dalam memilih produk tour travel yang beredar di pasaran. Dahulu seorang pengusaha bisnis tour travel hanya cukup meningkatkan harga jual produknya untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Jika hal tersebut dilakukan sekarang maka yang ada konsumen akan kabur ke rival anda.

Sebenarnya terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profit tanpa harus meningkatkan harga jual. Beberapa tips berikut dapat menjadi pertimbangan anda untuk memperoleh profit berlipat.

1. Memperhatikan Kapasitas

Dalam bisnis kapasitas yang dimaksud bisa merujuk banyak hal seperti karyawan, modal, peralatan, dan resource lainnya. Tanpa pertimbangan kapasitas yang matang, sebuah bisnis tour travel hanya akan mengeksploitasi sumberdaya melebihi batas. Hal ini dapat berujung pada resiko kesehatan, keselamatan kerja, bahkan pelanggaran terhadap UU Ketenagakerjaan.

2. Menerapkan Strategi Bisnis Upsell

Strategi bisnis upsell dilakukan saat kondisi pasar tidak memungkinkan untuk anda menaikkan harga jual produk. Upsell dapat didefinsikan secara sederhana sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Untuk menjalankan strategi bisnis upsell yang pertama harus dilakukan adalah dengan meningkatkan produksi. Strategi ini telah sukses dijalankan oleh bisnis minimarket dan restoran cepat saji.

3. Membuat Produk Ekonomis

Jika selama ini bisnis tour travel anda mengeluarkan produk-produk yang relatif mahal dengan kualitas yang tinggi, mulai sekarang cobalah untuk sedikit menurunkan kualitas agar harga produk menjadi relatif lebih murah. Hal ini dilakukan untuk memperluas pangsa pasar ke segmentasi konsumen menengah kebawah. Strategi ini sukses dijalankan oleh bisnis kosmetik dan makanan, dalam prakteknya mereka yang biasanya mengeluarkan produk dalam kemasan besar akan membuat variasi produk dengan kemasan lebih kecil dengan iming-iming lebih ekonomis.

4. Perhatikan Inventori

Beberapa pengusaha beranggapan bahwa jika semakin banyak produk yang menumpuk di inventori maka semakin baik. Hal ini salah karena akan mengganggu jalannya operasional bisnis. Stok produk di inventori dan produk terjual harus terjaga seimbang agar arus operasional bisnis lancar agar profit dapat ditingkatkan secara efisien.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Faiz Jazuli

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar