Strategi Bisnis Tour Travel untuk Membuat Konsumen Menjadi Pelanggan Setia

Cara membuat konsumen menjadi pelanggan setia (Flickr/Enrique Burgos).

Dalam proses pemasaran produk tour travel, mencari pelanggan baru bukanlah hal yang bisa selalu diandalkan untuk meningkatkan omzet penjualan. Akan lebih menguntungkan jika suatu bisnis memiliki pelanggan setia. Pelanggan setia bisa diibaratkan sebagai darah yang terus mengalir dan sangat penting bagi kelangsungan hidup bisnis.

Pentingnya pelanggan setia membuat setiap pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menjaring konsumen agar melakukan repeat order dengan berbagai cara. Berikut disajikan tips dari pebisnis profesional agar konsumen menjadi pelanggan setia.

1. Lakukan yang Terbaik

Ketika ada konsumen yang menggunakan jasa bisnis anad, jangan sekali-kali membuatnya kecewa. Cari tahu apa yang benar-benar disukainya dan pastikan itu ada pada produk yang anda tawarkan. Pastikan konsumen mendapatkan semua hal yang telah anda janjikan di awal transaksi untuk menjaga kepuasan konsumen pada pelayanan bisnis anda. Jika konsumen mendapatkan kesan yang baik dari layanan yang diberikan, maka dipastikan suatu saat konsumen tersebut akan datang kembali kepada anda dengan senang hati tanpa paksaan.

2. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan sangat penting untuk menjalin hubungan baik antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Terdapat banyak cara agar konsumen menaruh rasa percayanya kepada bisnis anda, salah satunya adalah dengan tidak memberikan penjelasan bohong dan melebih-lebihkan saat promosi produk. Berikan penjelasan apa adanya sesuai dengan kondisi produk yang ditawarkan. Anda juga bisa membangun kepercayaan dengan konsumen dengan menjelaskan limitasi produk yang anda tawarkan, tentu saja diikuti solusi untuk menanganinya.

3. Memberi Apresiasi

Banyak konsumen yang berpindah atau kabur bukan karena kualitas produk dan pelayanan yang buruk, melainkan mereka merasa tidak diapresiasi. Cara yang paling tepat untuk mempertahankan konsumen adalah dengan memberikan apresiasi setelah melakukan pembelian produk. Bentuk apresiasi bisa beragam seperti ucapan terimakasih, souvenir, atau voucher.

4. Sesuaikan dengan Perkembangan Konsumen

Setiap tahunnya dunia pariwisata selalu memiliki pergantian tren. Jika produk bisnis anda tidak mau mengikuti perkembangan yang ada maka akan sulit untuk mempertahankan konsumen. Buatlah produk-produk yang sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya saat sedang masa tren pariwisata di timur Indonesia, buatlah paket wisata dengan destinasi wisata yang menarik di kawasan timur Indonesia.

5. Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan yang buruk seringkali menjadi alasan konsumen kabur dan tidak berkenan menggunakan jasa bisnis anda lagi. Sebisa mungkin jangan sampai membuat konsumen anda kecewa dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Jika memang terpaksa terdapat hal-hal yang membuat konsumen tidak berkenang, langsung ucapkanlah kata maaf dan berikan ganti rugi berupa potongan harga atau lainnya.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Faiz Jazuli

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar