Spot Snorkeling di Indonesia yang Patut Kamu Coba

Snorkeling merupakan aktivitas yang makin banyak digemari oleh wisatawan di seluruh dunia, begitupun di Indonesia. Di Indonesia, sangat banyak lokasi yang menawarkan keindahan bawah laut.

Kalau Kamu yang sangat menyukai snorkeling, wajib hukumnya bagi Kamu untuk mencoba spot-spot snorkeling yang terdapat pada artikel ini:

#Gili Meno

gili meno

Snorkleing bersama pasangan. Foto oleh atans666

Lombok memang terkenal dengan wisata airnya yang luar biasa, begitu pula dengan wisata bawah airnya. Berada di Kepulauan Gili, yaitu Pulau Gili Meno. Snorkeling di Gili Meno akan menawarkan Kamu keindahan bawah lautnya yang menjadi ciri khas dari Pulau Lombok. Selain itu, jika beruntung, Kamu akan ber-snorkeling bersama penyu hijau.

#Pulau Wayag

snorkleing

Keindahan alam bawah laut Pulau Wayag. Sumber foto.

Selain Lombok, yang menjadi ciri khas snorkeling di Indonesia adalah kepulauan di Raja Ampat. Raja Ampat tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan yang bisa dinikmati dari atas bukit saja.

Raja Ampat juga memiliki spot snorkeling yang bagus yang berada di Pulau Wayag. Disebut-sebut sebagai surganya para pencinta wisata bawah laut, Pulau Wayag mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

#Pulau Sepa

pulau sepa

Keindahan bawah laut Pulau Sepa. Foto oleh rendizulbakri.

Menjadi bagian dari Kepulauan Seribu, Pulau Sepa disebut-sebut sebagai pulau dengan pasir terbaik dengan perairan yang jernih, cocok untuk kegiatan snorkelingmu. Ada banyak biota laut dan ikan warna-warni yang cantik yang bisa dinikmati bila Kamu memilih untuk ber-snorkeling.

#Pulau Cina

pulau cina

Pulau Cina di Gresik. Foto oleh boyantravel.

Banyak orang yang belum tahu bahwa Gresik di Jawa Timur punya kawasan Pulau Cina yang menyimpan banyak kejutan. Salah satunya adalah terumbu karang yang masih alami. Untuk menuju Pulau Cina ini, Kamu harus menyewa kapal warga dari Pulau Bawean dan menyeberang laut Jawa sekitar 30 menit.

Di sini warga sangat menjaga kawasan Pulau Cina. Mereka bahkan tidak menggunakan bom atau zat kimia saat mencari ikan. Tujuannya adalah agar terumbu karang tetap hidup dan tidak rusak. Maka dari itu, jika Kamu ingin snorkeling di sini pastikan untuk tidak merusak terumbu karangnya. Jangan sampai juga menginjak-injaknya karena hal tersebut dapat merusak dan membunuh terumbu karang yang ada.

#Pulau Derawan

derawan

Segarnya Pulau Derawan. Foto oleh ardian.karimunjawa.

Pulau Derawan di Kalimantan menjadi salah satu favorit pecinta wisata bahari di Indonesia. Di tepi pantai Kamu bisa melihat keindahan bawah lautnya, hal tersebut karena air yang berada di sini masih sangat jernih dan biru.

Jika Kamu penasaran, Kamu bisa mencoba untuk ber-snorkeling. Kamu tidak akan kecewa karena pemandangan bawah lautnya sangat indah. Dan jika Kamu beruntung, Kamu akan berenang bersama penyu hijau atau lumba-lumba.

#Pantai Bama

pantai bama

Pantai Bama. Sumber foto.

Berada di kawasan pantai di Baluran yang punya spot keren untuk snorkeling. Di sini Kamu perlu menyewa kapal untuk menjangkau lokasi snorkeling. Sayangnya di jarak 300-400 meter dari bibir pantai terumbu karang sudah cukup rusak, sehingga Kamu perlu ke tengah laut agar bisa menikmati terumbu karang yang masih bagus kondisinya.

#Gili Labak

gili labak

Berada di Madura, bukan Lombok. Sumber foto.

Meski namanya diawali oleh kata Gili, namun tempat ini tidak berada di Kepulauan Lombok, melainkan di Madura. Gili Labak ini adalah pulau kecil yang dulunya disebut Pulau Tikus. Pulau dengan luas tak lebih dari 5 hektare ini ternyata punya keindahan bawah laut yang mempesona.

Pemandangan bawah laut di Gili Labak sanat indah, jadi jangan heran kalau banyak wisatawan yang datang untuk snorkeling atau diving. Selain itu, pasir putihnya yang halus dan ombaknya yang lembut membuat pulau ini semakin eksotis. Coba masukkan Gili Labak ke list destinasimu jika ada cuti.

#Karimun Jawa

karimunjawa

Karimun Jawa memang tak ada duanya. Foto oleh iamdedy_.

Karimun Jawa kaya dengan pantai yang tenang dan cantik dengan pasir putihnya. Sangat cocok untuk dijadikan spot snorkeling, karena ombak di kawasan Karimun Jawa ini tergolong tenang. Sangat berbeda dengan kondisi ombak di pantai selatan Jawa.

Banyak tempat yang bisa digunakan untuk snorkeling di sini. Misalnya di kawasan Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara kecil, atau Menjangan Kecil. Tak hanya snorkeling, di Karimun Jawa Kamu juga bisa berenang  bersama ikan hiu. Berani coba?

#Pantai Pangandaran

spot snorkeling

Keindahan bawah laut Pantai Pangandaran. Sumber foto.

Banyak orang bilang, Pantai Pangandaran adalah pantai terbaik Jawa. Itu karena faktanya di pantai ini Kamu bisa melihat matahari terbit dan juga tenggelam dari satu tempat yang sama, keren kan?

Tak hanya itu, Pantai Pangandaran juga punya kawasan taman bawah laut yang cantik. Ombaknya yang relatif tenang memungkinkanmu menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Kamu tak perlu khawatir karena area pantai ini dijaga ketat oleh pengawas pantai. Jadi Kamu akan merasa lebih aman saat berenang di sini.

#Gunung Kidul

spot snorkeling

Salah satu pantai selatan yang asyik untuk snorkeling, Pantai Nglambor. Sumber foto.

Pantai Nglambor berada di kawasan Gunung Kidul Jogja yang mulai terkenal sebagai spot snorkeling. Meski pantai selatan Jawa selalu gagah dengan ombaknya yang dahsyat, tapi berbeda dengan kondisi di Pantai Nglambor ini. Pantai ini cukup tenang dan dapat digunakan sebagai tempat snorkeling.

Di sini hidup beberapa jenis ikan, di antaranya Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lainnya. Masyarakat di sekitar sangat menjaga kelestarian terumbu karang dan ikan yang tinggal di dalamnya. Bahkan mereka melarang siapapun untuk menangkap ikan di sini.

Jadi kalau Kamu kebetulan sedang snorkeling di sini, selalu ingat untuk tidak menangkap ikan atau merusak apapun termasuk terumbu karang. Tetap waspada saat snorkeling supaya kaki dan tangan kita tidak merusak tatanan terumbu karang yang ada.

***

Kemanapun Kamu ber-snorkeling, selalu ingat untuk tidak menyentuh atau menginjak terumbu karang maupun semua biota bawah laut yang ada. Jika Kamu menyentuhnya, sama saja Kamu telah membunuhnya karena sel-sel yang dimiliki terumbu karang akan terlepas dari tubuhnya dan kemudian mati.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran