facebook pixel

Kamu Bisa Melakukan Business Trip Seperti Ini, Lho!

Business trip dapat Kamu lakukan dengan berbagai cara, tidak melulu tugas dari kantor! Tapi Kamu bisa melakukan business tripmu sendiri.


Tentunya Kamu tahu tentang pasangan business trip Indonesia yang sudah melanglang buana ke beberapa negara. Mereka adalah Gen Halilintar dan 11 anaknya. Cara mereka melakukan business trip adalah dengan cara berdagang. Seperti membuka kafe dan butik di Perancis dan membuat peternakan domba di Australia.

Terinspirasi dari mereka, pernahkah di antara Kamu yang mempunyai keinginan untuk meniru jejak mereka? Inilah peluang untuk menjalankan business trip Kamu!

Membelikan oleh-oleh dengan imbalan komisi, itu boleh-boleh saja lho!

busines trip

Kamu mau nitip apa? dokumentasi pribadi

Kamu tentunya pernah mengalami hal dimintai oleh-oleh teman-teman saat melakukan traveling? Jangan Kamu menolak permintaan itu. Catat permintaan mereka dan sampaikan kepadanya bahwa setiap barang yang dibeli akan dikenakan biaya pembelian atau upah pembelian.

Tak usah meminta banyak, harga teman bisa jadi perhitungan. Saya pikir teman Kamu tidak keberatan akan hal tersebut.

Di luar oleh-oleh Kamu juga bisa membeli beberapa pernak-pernik untuk di jual lagi. Tapi jangan berlebihan

busines trip

Pernak pernik ini bisa Kamu jual lagi, lho! dokumentasi pribadi

Barang-barang yang unik bisa kamu cari di kota atau negara tempat Kamu traveling. Kamu bisa membelinya di beberapa pusat kerajinan dengan meminta diskon dengan dalih ingin dijual lagi. Kamu bisa menjual barang-barang tersebut kepada teman-teman kantor.

Tapi jika barang tersebut dari luar negeri, maka Kamu jangan membeli dengan partai besar. Kecuali Kamu mau membayar sejumlah pajak yang sudah ditentukan oleh Imigrasi.

Saya berasal dari Lampung, kain tapis dari kota saya bisa jadi peluang

busines trip

Kain tapisnya bagus buat jadi gaun | Dokumentasi pribadi

Selain membeli dari tempat tujuan traveling. Kamu juga boleh kok memasarkan produk dari kota Kamu ke kota lain atau ke luar negeri dan itu sah-sah saja. Selain mendapatkan uang dari hasil dagangan, Kamu juga bisa sekalian memasarkan produk dari kota Kamu. Tapi ingat, lagi-lagi jangan membawa barang berlebihan ya!

Kamu hobi foto? Hunting sepuasnya dan dapatkan uang dari fotomu!

busines trip

Fotoin Kamu boleh? photo by Dwi Yoga

Bagi Kamu yang hobi fotografer, Kamu bisa menjual hasil fotomu, lho! Seperti halnya Kak Bary Kusuma atau Wira Nurmansyah misalnya. Kata kak Wira, saat di wawancarai oleh tim phinemo “Untuk menjadi fotografer yang menghasilkan, jalannya itu macem-macem, bisa masukin ke majalah, ke agensi, atau direct selling. Ketiga hal ini punya harga masing-masing.” Atau jual saja fotomu di beberapa situs jual foto ini.

Tak ada salahnya Kamu yang hobi dan jago motret mencoba hal tersebut! Jadi, perjalananmu tak hanya sekadar perjalanan biasa namun, menjadi business trip yang mengasikkan.

Saya suka nulis dan suka jalan-jalan lalu?

business trip

Kamu bisa menulis dimanapun Kamu berada. Photo by Dwi Yoga N

Tidak menutup kemungkinan yang hobi nulis dan jalan-jalan pun bisa menjadi seorang business trip. Sudah banyak contohnya di Indonesia ini. Kamu bisa tengok travel blogger Indonesia yang sukses dengan pekerjaannya.

Sekali trip, mereka bisa menghasilkan berbagai macam artikel dan semua bisa menghasilkan uang. Selain menjadi bahan blog mereka, tak jarang mereka pun mnegirimkannya ke media travel. Menarik bukan? Bahkan perjalanan trip mereka sering kali mendapatkan sponsor dari beberapa pihak.

Saya sudah pernah ke Vietnam, yuk saya antar ke sana!

busines trip

Yuk kita piknik ! photo by Amgasusari

Menjadi tour guide adalah hal menarik lainnya yang bisa menghasilkan uang. Business trip semacam ini terkadang justru memberikan pengalaman menarik buat Kamu. Pasalnya Kamu akan mengetahui beragam bentuk sifat dan kelakuan orang saat melakukan trip.

Kuncinya adalah bersabar dalam menghadapi problema yang berhubungan dengan sifat dan watak seorang manusia. Niatkan trip yang Kamu jalankan, toh semua akomodasi dan transportasi sudah ditaggung oleh mereka.

Saya mau ke Sydney, tapi saya bingung ketika sampai di sana

business trip

Serahkan itineray kepada saya! sumber foto

Jasa membuat itinerary merupakan salah satu business trip yang dapat Kamu coba. Tentunya setelah Kamu pulang dari Sydney maka Kamu punya pengalaman tentang kota tersebut. Kenapa nggak Kamu jual itinerary-mu?

Endors saya dong, minggu depan saya mau jalan ke Australia

busniness trip

Barang-barang yang saya pakai endors, lho! sumber foto

Coba lakukan pendekatan kepada beberapa teman yang mempunyai usaha di bidang fashion. Kamu bisa meminta support mereka untuk mensponsori perjalanan Kamu. Selain dapat produk, Kamu juga bisa mendapatkan uang saku, lho! Imbalannya Kamu cukup memeberikan foto terbaikmu dan men-upload-nya ke instagram.

***

Dengan demikian Kamu bisa tuh, menghasilkan uang saat traveling. Cara di atas dapat Kamu pakai untuk mendapatkan tambahan uang setelah atau waktu traveling.

Baca artikel menarik lainnya:

 

banner experience