Rekomendasi Wisata Favorit di Sorong, Papua Barat

Deretan wisata favorit di Sorong ini buktikan bahwa Sorong tak hanya gerbang masuk ke Raja Ampat, tapi juga kota dengan potensi wisata yang luar biasa.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Sorong merupakan sebuah kota di Papua Barat yang dikenal sebagai gerbang masuknya wisatawan yang akan berkunjung ke Raja Ampat. Namun lebih dari pada sekadar gerbang masuk, Sorong ternyata memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik.

Ada banyak wisata favorit di sorong yang bisa dieksplore wisatawan sebelum bertolak ke Raja Ampat. Dan yang pasti, wisata paling menarik di Sorong tak jauh-jauh dari wisata alam dan bahari.  

Penasaran seperti apa indahnya Sorong? Berikut beberapa ulasan mengenai destinasi wisata favorit di Sorong.

Baca juga: Hotel Dekat Pelabuhan Sorong yang Bisa Dijadikan Tempat Transit Sebelum ke Raja Ampat

1. Pantai Tanjung Kasuari

wisata favorit di sorong

Pantai Tanjung Kasuari, salah satu tempat wisata favorit di Sorong. Foto oleh @dorangbilang

Menjadi gerbang masuk ke Raja Ampat tentunya menjadikan Sorong salah satu kota yang memiliki pantai cantik. Misalnya Pantai Tanjung Kasuari yang menjadi destinasi favorit di Sorong ini. Pantai dengan pasir putih lembut, ombak tenang , air jernih dan peohonan rimbun di tepian pantainya membuat siapapun betah berlama-lama di pantai ini. 

Pantai Tanjung Kasuari masih jarang didatangi wisatawan. Biasanya tempat ini akan ramai di saat hari libur. dengan karakter garis pantai yang landai dan panjang membuat pantai ini asyik dijadikan tempat camping. Jadi tak ada salahnya sebelum bertandang ke Raja Ampat mampir dulu ke Pantai Tanjung Kasuari ini. 

2. Pulau Buaya

wisata favorit di sorong

Bermain banana boat di Pulau Buaya Sorong. Foto oleh @miss_novhye

Bukan pulau yang berisi buaya, namun pulau yang bentuknya mirip dengan buaya. Itulah kenapa pulau ini dinamakan Pulau Buaya. Pulau ini berada tak jauh dari Sorong dan mudah dijangkau dari Pelabuhan Sorong dengan menggunakan kapal kecil. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni, namun memang tidak banyak. Ada beberapa cottage yang disewakan untuk wisatawan yang ingin menginap dan menghabiskan malam di Pulau Buaya Sorong ini. 

Selain menikmati panorama pantai pasir putih dengan airnya yang sangat jernih, pulau ini juga menawarkan berbagai aktivitas. Seperti misalnya banana boat, donut boat, parasailing, paintball, dan snorkeling.

3. Pantai Saoka

wisata favorit di sorong

Pantai Saoka, salah satu wisata favorit di Sorong. Foto oleh @roel_riot

Sekilas mungkin namanya mirip dengan Pantai Soka yang berada di Bali. Namun kedua pantai ini berbeda, Pantai Saoka berada di Sorong. Pantai Saoka menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sorong karena memiliki panorama alam yang luar biasa cantik. Pasir putih lembut, air jernih dan ombak yang berdebur menjadi ciri dari Pantai Saoka ini.

Terdapat pepohonan rimbun di sepanjang garis pantai. Ini membuat wisatawan merasa lebih sejuk dan teduh saat siang hari. Di satu sisi pantai juga terdapat bebatuan karang raksasa yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati Pantai Saoka dari sisi yang berbeda. 

4. Pulau Um

wisata favorit di sorong

Pulau Um, tempat favorit untuk bersantai. Foto oleh @tiffany_ade

Pulau Um merupakan salah satu pulau di Desa Malaumkarta, tak jauh dari Sorong. Pulau ini merupakan pulau kecil yang dihuni oleh ratusan burung camar dan kelelawar. Yang unik di pulau ini adalah, kelelawar keluar dan mencari makan di siang hari. Sebaliknya, burung camar justru keluar saat malam hari. 

Wisatawan dapat berjalan di sepanjang pasir putih yang memutar di sepanjang pulau. Ombaknya yang tenang membuat pulau ini asyik dinikmati dengan cara bersantai. Membawa perlengkapan kasur udara untuk menikmati pulau ini akan jadi pilihan yang tepat. 

5. Danau Ayamaru

wisata favorit di sorong

Danau Ayamaru, wisata favorit di Sorong dengan panorama alam yang cantik. Foto oleh @@atikhasaputri09

Jika di Kalimantan ada Danau Labuan Cermin, maka di Sorong ada Danau Ayamaru yang tak kalah bening dan jernih. Berwarna biru kehijauan, danau ini masuk dalam salah satu daftar destinasi wisata favorit di Sorong. Memiliki kedalaman sekitar 6 meter, Danau Ayamaru ini juga mengalami pasang surut seperti ombak di laut. Masyarakat sekitar benar-benar menjaga kealamian dan ekosistem di sekitar danau ini. 

Wisatawan yang datang ke Danau Ayamaru ini boleh saja bermain air, tapi perhatikan juga untuk tidak mengotori atau merusak ekosistem yang ada di lingkungan sekitarnya. 

6. Puncak Arfak

wisata favorit di sorong

Belanja oleh-oleh di Puncak Arfak. Sumber

uncak Arfak merupakan salah satu kawasan wisata favorit para wisatawan di Sorong. Selain memberikan panorama lanskap Kota Sorong dari ketinggian, di Puncak Arfak ini juga terdapat pusat oleh-oleh khas Papua dengan harga yang cukup terjangkau. 

Biasanya para wisatawan akan menyempatkan diri untuk mampir ke Puncak Arfak ini untuk sekadar berbelanja aneka oleh-oleh. Seperti kain batik corak Papua, sarang semut, aneka gelang dan kalung serta banyak lagi. 

7. Tembok Berlin

wisata favorit di sorong

Ikan bakar di tembok Berlin. Foto oleh @ni5onk

Tunggu dulu, ini bukan Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Tembok Berlin yang ada di sorong ini merupakan tembok yang memisahkan antara kawasan pantai dan jalan raya. Di area ini wisatawan dan penduduk sering berkumpul, terutama saat sore hari untuk menikmati sajian kuliner khas Sorong. 

Baca juga: 6 Kuliner Sorong yang Wajib Dicicipi Wisatawan Saat Berkunjung

Saat malam tiba, lokasi Tembok Berlin ini digunakan untuk berwisata kuliner aneka seafood. Ada banyak jenis ikan yang disediakan lengkap dengan pemanggangnya. Konon, Tembok Berlin ini adalah tempat di mana wisatawan bisa menikmati ikan bakar terenak di Sorong. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA PAPUA, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post