Peralatan untuk Bikin Travel Vlog yang Wajib Dimiliki Vlogger Pemula

Ini dia salah satu kamera yang bisa digunakan. Foto dari thewirecutter.com

Membuat video perjalanan atau Vlog adalah kegiatan yang tak boleh ditinggalkan ketika liburan. Jika ini adalah kali pertamamu membuat vlog, maka wajib membawa peralatan buat bikin vlog agar gambar yang Kamu abadikan bisa dinikmati dan mendapatkan banyak ‘love’ di sosial media ataupun YouTube.

Baca juga: 25 Backsound Vlog Kuliner Gratis Terbaik Agar Video Makin Menarik

Berikut ini peralatan buat bikin vlog yang perlu Kamu miliki sebelum memulai.

1. Alat perekam video yang praktis

peralatan buat bikin vlog

Ini dia salah satu kamera yang bisa digunakan. Foto dari thewirecutter.com

Untuk dapat membuat vlog, tak harus punya kamera mahal. Kamu juga bisa membuatnya dari smartphone. Sekarang sudah banyak pilihan smartphone yang memiliki RAM dan pixel yang besar tapi harganya cukup miring. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli kamera mahal, gunakan peralatan seadanya dulu untuk memulai.

Tapi untuk Kamu yang ingin membuat video vlog yang maksimal bisa memilih menggunakan kamera praktis jenis mirrorles atau action cam. Kedua jenis kamera ini memiliki kemampuan yang baik layaknya kamera DSLR tapi praktis dibawa, sehingga tidak memberatkan ketika dibawa traveling.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mirrorless di Bawah 10 Juta Untuk Menghasilkan Vlog  Perjalanan Berkualitas

2. Biar gambar tidak goyang, gunakan tripod, stabilizer, atau holder

peralatan buat bikin vlog

Aneka jenis tripod. Foto dari vlogginghq.com

Agar gambar yang Kamu rekam bisa dinikmati tentu saja harus menampilkan gambar yang selalu stabil dan tidak goyang. Untuk mengantisipasinya gunakan tripod.

Ada banyak pilihan tripod yang bisa digunakan, mulai dari yang mini hingga yang ukuran sedang. Harganya pun tidak mahal, mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu tergantung ukuran. Biasanya jenis tripod yang kerap digunakan oleh vlogger adalah GorillaPod.

Untuk Kamu yang menggunakan smartphone, Kamu bisa gunakan Holder. Alat ini bisa membuat kualitas gambar menjadi makin ciamik. Namun harganya cukup mahal ratusan ribu. Jika budjetmu tidak mencukupi, gunakan tripod mini khusus smartphone juga sudah bisa.

3. Jangan lupa microphone atau clip on agar suaramu tetap terdengar di berbagai cuaca dan medan

peralatan buat bikin vlog

Clip-On Microphone BOYA BY-M1. Foto oleh Bukalapak

Hujan, angin, dan keramaian seringkali membuat audio vlog menjadi jelak. Biar tidak terganggu dengan bising suara dari luar bisa menggunakan clip on atau microphone.

Harganya tidak mahal dan bisa dicari di berbagai online shop. Mulai dari Rp25 ribu hingga ratusan ribu tergantung merek yang digunakan.

4. Pencahayaan sangat penting, lengkapi peralatan dengan lighting

peralatan buat bikin vlog

Lighting. Foto dari Wondershare Filmora

Sebenarnya untuk Kamu yang suka membuat video vlog di luar ruangan lighting tidak begitu urgent, tapi lighting perlu untuk Kamu yang kerap membuat video di kegelapan atau di dalam ruangan agar hasil gambar menjadi maksimal.

Alat yang biasa dipilih adalah Camera Lighting Kit. Harganya tidak mahal dan mampu mengatasi masalah pencahayaan tanpa mengurangi kualitas video.

5. Siapkan leptop atau komputer untuk proses editing

peralatan buat bikin vlog

Leptop sangat bermanfaat untuk proses editing. Foto dari Tiny Laptops

Sebenarnya ada berbagai pilihan aplikasi edit video di smartphone, tapi hasil video yang diedit dengan leptop atau komputer hasilnya lebih bagus. Kamu juga bisa membuat hasil video menjadi lebih menarik dengan berbegai tools di leptop.

Leptop lebih disarankan karena Kamu bisa membawanya ke manapun pergi sehingga bisa edit video dimanapun tanpa perlu harus pulang rumah terlebih dahulu.

6. Software edit video

peralatan buat bikin vlog

Aplikasi untuk edit video. Foto dari FileHippo.com

Agar bisa membuat video yang menarik, toolsnya pun harus bagus. Aplikasi sebagai wadah untuk mengedit video harus disiapkan. Biasanya ada yang berbayar adapula yang tidak, tapi jika ingin hasilnya maksimal pilih yang berbayar.

Sebagai pemula direkomendasikan menggunakan aplikasi Corel VideoStudio X8 Pro. Sedangkan untuk yang sudah mulai expert bisa menggunakan Sony Vegas Pro, Adobe Premier Pro, Adobe After Effect, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Sempurnakan Vlog mu

7. Memory Card wajib punya cadangan

peralatan buat bikin vlog

Memori ini memiliki. Foto dari Vida Electronics

Tak seperti gambar, video lebih cepat menghabiskan memori. Agar bisa merekam semua konten yang akan dibuat, lebih  baik menyediakan momory card cadangan. Ini sangat berguna untuk Kamu yang punya trip panjang selama beberapa hari.

***

Selain 7 peralatan di atas, Kamu juga wajib memiliki koneksi internet yang baik agar bisa upload video hasil editanmu ke berbagai sosial mediamu dengan lancar. Selamat memulai bikin vlog

Dapatkan ulasan menarik tentang VLOG dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar