facebook pixel

Rekomendasi Kamera Mirrorless di Bawah 10 Juta Untuk Menghasilkan Foto Perjalanan Berkualitas

Sering bertravelling? Gunakan kamera mirrorless yang kecil dan ringan ini untuk gantikan DSLR. Travellingmu tak lagi merepotkan.


Bagi Kamu yang sering travelling, pasti Kamu ingin mengabadikan momen travelingmu kan? Baik berupa foto maupun video.

Dulu, kamera DSLR menjadi pilihan favorit para traveler untuk mengabadikan momen perjalanannya. Namun sekarang, kamera mirrorless mampu menggantikan DSLR untuk kebutuhan travelling, karena bentuknya yang lebih ramping dan kecil.

Kamera mirrorless adalah jenis kamera yang tidak memakai cermin (mirror) di dalamnya. Sehingga bentuknya pun menjadi lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan DSLR yang menggunakan cermin di dalamnya. Dengan bentuk yang kecil dan ramping ini, membuat kamera mirrorless mempunyai banyak penggemar untuk menemani perjalanan mereka. 

Jika Kamu masih bingung untuk membeli kamera mirrorless seperti apa, kami akan berikan rekomendasi kamera mirrorless yang bisa menemani perjalananmu nantinya dengan harga di bawah 10 juta rupiah,

#Nikon 1 J5

kamera mirrorless

Contoh hasil foto Nikon 1 J5. Sumber foto.

Menggunakan sensor kamera CMOS BSI dan mempunyai sistem fokus Phase Detection Auto Focus (PDAF) membuat Nikon 1 J5 Kit mampu menangkap fokus lebih cepat dari kamera mirrorless dengan harga setara.

Mempunyai kecepatan bidik yang sangat bagus, mencapai 20 fps. Selain itu sudah dipersenjatai dengan resolusi 20,8 MP membuatnya mempunyai hasil yang tajam, ditambah dengan menggunakan prosesor Expedd 5A yang mampu mengurangi noise dan menghasilkan foto yang lebih jernih dan detil.

Nikon 1 J5 ini mempunyai layar LCD dengan fitur touchscreen yang mampu berputar 180 derajat. LCD tersebut juga bisa diarahkan ke atas, bawah, dan ke depan yang memudahkan Kamu untuk mengambil sudut-sudut yang sulit dijangkau.

#Canon EOS M10

kamera mirrorless

Contoh foto dari Canon EOS M10. Sumber foto.

Mempunyai desain yang sederhana dan trendi dengan bobot yang ringan membuat Canon EOS M10 dapat di bawa kemana saja dengan nyaman. EOS M10 yang didukung sensor kamera CMOS APS-C. Ditambah lagi dukungan prosesor digic 6 pada Canon EOS M10 yang menghasilkan kualitas foto yang cemerlang dengan konsumsi baterai rendah.

Mempunyai resolusi gambar mencapai 18 MP dan rentang ISO dari 100 hingga 12800 mampu memberikan kualitas foto yang cemerlang dan bersolusi tinggi meski di ruangan yang minim cahaya.

Dilengkapi dengan layar LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat ke atas dan secara otomatis mengaktifkan mode self-portrait. Mode ini cocok digunakan bagi Kamu yang suka berfoto selfie bersama kerabat maupun keluarga. Penggunaan LCDnya juga tidak susah karena sudah menggunakan fitur touchscreen.

#Sony Alpha A6000

kamera mirrorless

Contoh foto dari Sony A6000. Sumber foto.

Memiliki lensa dengan resolusi 24 MP dan dilengkapi dengan auto focus yang super cepat membuat Sony Alpha A6000 menjadi salah satu unggulan dibanding mirrorless dengan harga setara.

Auto focus yang dimiliki mampu mengambil 1 gambar dalam 0,06 detik. Memiliki 179 titik deteksi yang terdepan di kelasnya (mencakup hampir keseluruhan gambar), serta fungsi contrast detection berkecepatan tinggi, kamera ini tidak hanya menawarkan mode burst 11 fps yang menawan, namun juga mampu melacak gerakan yang sangat akurat untuk gambar diam maupun video.

Menggunakan prosesor Bionz X memberikan pengalaman untuk mendapatkan hasil foto maupun video dengan tekstur yang akurat, mengurangi efek blur yang menjadikan hasil jepretan menjadi lebih tajam.

#Fujifilm X-A10

kamera mirrorless

Contoh foto dari kamera X-A10. Sumber foto.

Menggabungkan lensa sebesar 16,3 MP dengan teknologi color reproduction, Fujifilm X-A10 Kit mampu memberikan hasil foto maupun video indah dan jernih. Dengan ukuran yang ringan dan compact, kamera ini mempunyai ISO yang mencakup dari rentang 100 sampai 6400 dan bisa diperluas sampai 25600. Selain itu, kamera ini mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi FHD 1080p.

Dengan LCD yang bisa ditekuk sampai 180 derajat, mampu memanjakan penggunanya untuk berfoto selfie. Kenyamanan selfie tersebut diperkuat dengan adanya fitur eye detection AF yang otomatis menyala di mode selfie. Dengan kemampuan editing era sekarang, X-A10 juga memberikan fitur untuk menghaluskan kulit ketika ber-selfie bersama teman ataupun keluarga.

#Xiaomi Yi M1

kamera mirrorless

Contoh foto dari kamera Xiaomi Yi M1. Sumber foto.

Merupakan kamera mirrorles pertama dari Xiaomi, Xiaomi Yi M1 dibekali sensor Sony IMX269 sebesar 20 MP yang mampu mengambil foto RAW dan Jpeg dan mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas 4K dengan 30 fps. Bentuknya yang kecil didukung dengan beratnya yang hanya 280 gram membuatnya sangat mudah untuk dibawa ke mana saja.

Xiaomi Yi M1 memiliki layar LCD 3 inch dengan resolusi 720 x 480, sehingga tampilan gambar sangat jelas dan detil. Selain itu LCD ini sudah dilengkapi dengan teknologi touchscreen yang mampu mengatur menu UI Xiaomi semakin gampang dan mudah. Pemula maupun fotografer profesional dapat mengoperasikan UI kamera ini dengan mudah.

#Samsung NX1000

kamera mirrorless

Contoh foto dari kamera Samsung NX1000. Sumber foto.

Merek seperti Samsung juga tidak mau ketinggalan untuk memproduksi kamera mirrorless. Misalnya Samsung NX1000 yang menggunakan lensa sebesar 20,3 MP dengan sensor APS-C CMOS yang mampu menghasilkan foto yang tidak kalah dengan kamera-kamera DSLR. Sensor tersebut membantu NX1000 untuk mendapatkan hasil jepretan yang jernih dan memiliki noise yang sedikit. Juga mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p.

Mempunyai fitur high speed capture dengan autofocus yang cepat pula membuat Kamu mampu mengambil gambar dengan cepat, 8 fps. Dengan desain yang kecil dan ramping membuat kamera ini mudah untuk dibawa kemana saja ketika Kamu traveling. ISO yang ada pada kamera ini juga mampu diperlebar sampai 12800.

#Panasonic Lumix DMC-GX85

kamera mirrorless

Contoh foto dari kamera DMC-GX85. Sumber foto.

Hadir dengan lensa beresolusi 16 MP dengan layar sentuh berukuran 3 inci di bagian belakangnya dan bisa diputar hingga 180 derajat untuk membantumu mengambil foto selfie. Lumix DMC-GX85 juga sudah menghilangkan fitur anti aliasing yang membuat hasil foto memiliki detil yang lebih baik. Kamera ini juga mampu merekam video 4K pada 30 fps.

Mempunyai desain yang lebih kecil dari Lumix sebelumnya, membuatnya menjadi lebih ringan untuk dibawa ke mana saja. Dilengkapi pula dengan fitur NFC  yang bisa membuat Kamu mengendalikan kamera ini menggunakan smartphone Kamu. 

#Olympus E-PL7

kamera mirrorless

Contoh foto dari Olympus E-PL7. Sumber foto.

Mempunyai lensa 16 MP yang mampu mengambil foto secara terus-menerus dengan 8 fps dan mampu merekam video dengan kualitas FHD 1080p membuat Olympus E-PL7 menjadi pilihan yang tepat untuk traveller. ISOnya juga bisa dilebarkan sampai 25600. Ditambah dengan ukurannya yang kecil dan ramping sangat cocok menemanimu traveling. Mempunyai 14 filter yang sudah ada di sistem kamera dan Kamu bisa menjadikan smartphone Kamu sebagai shutter kamera ini.

Seperti kebanyakan kamera mirrorless lainnya, Olympus E-PL7 ini juga sudah dilengkapi dengan sebuah LCD yang bisa diputar 180 derajat agar pengguna bisa menggunakannya untuk ber-selfie. Dengan bentuk dan ukuran yang retro membuat kamera ini mempunyai nilai tarik tersendiri.

banner experience