Sidebar

Ditata Ulang, Ini yang Baru di Kawasan Wisata Baturraden Purwokerto

Wisata Baturaden Purwokerto akan dikembangkan lagi, rencananya akan dibangun lahan parkir tingkat dan pembangunan jalan baru. Baturaden akan segera punya wajah baru yang siap berikan kenyamanan untuk wisatawan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Sepertinya, tak salah bila Baturraden menjadi andalan wisata Jawa Tengah lainnya selain Dieng dan Candi Borobudur. Baturraden berada di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasinya yang sejuk dan pemandangan alam yang asri dan indah, memang banyak menarik minat wisatawan. Contohnya pada libur natal dan lebaran 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke wisata Baturraden Purwokerto ini bahkan bsia mencapai 22.000 orang.

Wisata Baturraden Purwokerto akan dikembangkan lagi. Foto dari @novenaassen

Baca juga: Ini Bukti Lokawisata Baturraden Purwokerto Layak Jadi Wisata Unggulan Jawa Tengah!

Berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dan meningkatkan kenyamanan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Banyumas pun mulai menata ulang kawasan wisata Baturraden Purwokerto ini. Bahkan rencananya Baturraden akan menjadi prioritas pengembangan pariwisata Banyumas pada tahun 2018.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Banyumas telah menyiapkan rencana induk dan detail desain teknik (detail engineering design/DED) penataan Kawasan Wisata Baturraden. Salah satu di antaranya adalah tempat parkir tingkat.

Pembangunan tempat parkir tingkat ini dinilai cukup penting, mengingat minimnya lahan parkir yang saat ini tersedia di kawasan wisata Baturraden Purwokerto.

Permasalahan parkir memang sudah menjadi masalah yang cukup rumit di kawasan wisata ini. Di mana biasanya saat musim high season, wisatawan akan kesulitan mencari tempat untuk memarkir kendaraan.

Rencana pembangunan wisata Baturaden Purwokerto. Foto dari @rika_nofita

Selain pembangunan lahan parkir tingkat, pihak Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Pemprov Jateng juga rencananya akan membuat jalan tembus dari Lokawisata Baturraden menuju Kebun Raya Baturraden dengan panjang sekitar dua kilometer.

Jalan tembus ini juga akan terhubung dengan jalan menuju Agrowisata Desa Serang dan Gua Lawa, Kabupaten Purbalingga, yang telah ada saat ini.

Baca juga: Rekomendasi Spot Foto The Village Purwokerto Agar Hasilnya Instagramable

Pembangunan jalan tembus ini juga nantinya akan membuat keberadaan objek wisata yang ada di lereng Gunung Slamet, baik yang masuk wilayah Banyumas dan Purbalingga akan saling terintegrasi. Apalagi jika nantinya Tol Trans Jawa sudah selesai. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Baturraden bisa keluar lewat pintu Pemalang lalu melanjutkan perjalanan melalui jalur Gua Lawa dan Desa Serang.

Langkah lain yang akan dilakukan Pemkab Banyumas dalam pengembangan wisata di daerahnya adalah dengan mengusulkan perbaikan ruas-ruas jalan yang rusak. Hal ini dianggap penting karena ruas jalan rusak tentunya akan memengaruhi kenyamanan wisatawan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Mendoan Banyumas Diusulkan Menjadi Warisan Budaya ke UNESCO

Curug Gomblang, Inspirasi Foto Instagram yang Buat Anda Ingin Segera Kesana

Curug Bayan Banyumas, Rekomendasi Wisata Alam Menenangkan di Akhir Pekan

Menilik Tari Lengger Lanang asal Banyumas, Tarian yang Identik dengan Transgender

Bangga, 17.818 Kuliner Mendoan Purwokerto Ini Pecahkan Rekor Dunia

Caping Park, Obyek Wisata Purwokerto Terbaru yang Wajib Dikunjungi

FALLBACK
The END