Sidebar

Paspor Terlemah di Dunia dari Negara Muslim, Nasib Paspor Indonesia?

Menurut Passport Index, delapan dari sepuluh paspor terlemah di dunia ternyata dimiliki negara-negara muslim. Irak berada di urutan paling bawah.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Passport Index beberapa waktu lalu mengeluarkan daftar ranking paspor terkuat di dunia dari 193 negara anggota PBB. Di tengah krisis kesehatan global, banyak negara yang menutup perbatasan dan membatasi jumlah kunjungan. Dalam daftar ini, Passpor Index memperbarui ranking paspor secara real-time untuk menunjukkan efek dari pandemi Covid-19.

Passport Index menilai kekuatan paspor setiap negara berdasarkan akses bebas visa atau kemudahan pemegangnya untuk mendapatkan visa saat kedatangan. Dalam daftar terbaru Passport Index, Selandia Baru menjadi paspor paling kuat di dunia dengan akses ke 129 negara. Australia berada di peringkat kedua bersama dengan Swiss, Jerman, Jepang, dan lainnya.

Selandia Baru mendapatkan peringkat pertama sebagai pemilik paspor terkuat di dunia 2020 oleh Passport Index (Pinterset/Kagutter).

Paspor Paling Kuat di Dunia 2020

  1. Selandia Baru
  2. Luksemburg, Jerman, Austria, Swiss, Irlandia, Korea Selatan, Jepang, Australia
  3. Swedia, Belgia, Prancis, Finlandia, Spanyol, Italia
  4. Inggris, Belanda, Denmark, Portugal, Lituania, Norwegia, Islandia, Kanada
  5. Malta, Slovenia, Latvia
  6. Republik Ceko, Estonia, Yunani, Polandia, Hungaria, Liechtenstein
  7. Slowakia
  8. Siprus, Kroasia, Monako
  9. Rumania, Bulgaria
  10. San Marino, Adorra, Uruguay

Sedangkan menurut Passport Index, delapan dari sepuluh paspor terlemah di dunia ternyata dimiliki negara-negara muslim. Irak berada di urutan paling bawah dengan perjalanan bebas visa hanya ke empat negara saja, visa on arrival di 27 negara lainnya dan visa sebelum keberangkatan ke 167 negara. Satu-satunya negara muslim dengan peringkat tertinggi hanya UEA.

Irak dan Afganistan duduk di peringkat yang terendah, selanjutnya diikuti Suriah, Somalia, dan Yaman. Lemahnya kekuatan paspor dari sejumlah negara muslim ini diduga berkaitan dengan konflik politik negara-negara di Timur Tengah. Banyak negara khawatir masuknya kelompok ekstrimis dari negara-negara tersebut dapat mempengaruhi stabilitas keamanan.

Stabilitas politik menjadi alasalan sejumlah negara muslim di Timur Tengah memiliki paspor terlemah di dunia versi Passport Index (middleeastmonitor.com).

Paspor Terlemah di Dunia 2020

  1. Afghanistan, Irak
  2. Suriah
  3. Somalia
  4. Yaman
  5. Iran, Palestina
  6. Pakistan
  7. Myanmar, Korea Utara
  8. Ethiopia, Lebanon, Libya, Nepal, Eritrea
  9. Bangladesh, Sudan Selatan
  10. Sudan

Indonesia berada di peringkat ke-49 bersama dengan sejumlah negara lain seperti Eswatini, Malawi, Zambia, Azerbaijan, Mikronesia, dan Suriname. Diketahui, Indonesia mendapatkan akses bebas visa di 25 negara, visa on arrival di 36 negara, dan visa sebelum kunjungan di 137 negara. Prestasi tak terlalu baik, beberapa waktu lalu WNI dilarang berkunjung ke berbagai negara karena dianggap buruk dalam penanganan Covid-19.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Hindu di Bali Berbeda dengan Hindu di India? Ini Penyebabnya

Kehidupan Unik Kerajaan Inggris dan Fakta Gila yang Jarang Diketahui

Mendaki Gunung Himalaya Saat Pandemi, Siapkan Uang Rp 72 Juta!

7 Tips Hadapai Resesi, Terus Liburan Tapi Keuangan Tetap Aman

Perancis Menghina Islam, Apakah Negara ini Ramah pada Turis Muslim?

Benarkah Maulid Nabi Terjadi pada 12 Rabiul Awal? Terungkap Faktanya

FALLBACK
The END