Sidebar

Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2019, Indonesia Turun Peringkat

Henley Passport Indeks memberikan data kekuatan paspor suatu negara dalam mengakses dunia tanpa visa. Berikut ini peringkat 10 besar paspor terkuat di dunia

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di suatu negara dan memuat identitas seperti foto, tanda tangan, tempat tanggal kelahiran, informasi kebangsaan, serta terkadang informasi lain mengenai identifikasi individual. Paspor ibarat sebuah tiket yang menjadi syarat utama untuk melakukan perjalanan antar negara.

Lembaga perencanaan kependudukan dan kewarganegaraan, Henley & Partners telah merilis daftar peringkat paspor negara di dunia berdasarkan rating indeks paspor yang dikenal dengan Henley Passport Index. Selain itu, Henley Passport Index juga disusun dari data International Air Transport Association (IATA) yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan terakurat di dunia.

Melalui Henley Passport Index dapat dikatahui kekuatan paspor suatu negara dalam mengakses dunia tanpa visa. Berikut ini adalah peringkat 10 besar paspor terkuat di dunia.

  1. Jepang, Singapura – 189 negara bebas visa
  2. Finlandia, Jerman, Korea Selatan – 187 negara bebas visa
  3. Denmark, Italia, Luksemburg – 186 negara bebas visa
  4. Prancis, Spanyol, Swedia – 185 negara bebas visa
  5. Austria, Belanda, Portugal, Swiss – 184 negara bebas visa
  6. Belgia, Kanada, Yunani, Irlandia, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat – 183 negara bebas visa
  7. Malta – 182 negara bebas visa
  8. Republik Ceko – 181 negara bebas visa
  9. Australia, Islandia, Lithuania, Selandia Baru – 180 negara bebas visa
  10. Latvia, Slovakia, Slovenia – 179 negara bebas visa

Berdasarkan Henley Passport Index, Indonesia berada diurutan ke-75 bersama dengan Zambia. Indonesia turun tiga peringkat dari tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena jumlah negara pemberi bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia turun menjadi 69 negara dari yang sebelumnya 71 negara.

Tak perlu khawatir, Indonesia bukanlah negara dengan paspor terlemah di tahun 2019. Menurut data Henley Passport Index, negara dengan paspor terburuk dan terlemah di tahun 2019 dipegang oleh Afaganistan dengan 25 negara bebas visa. Urutan kedua sebagai paspor terburuk dan terlemah adalah Irak dengan hanya 27 negara bebas visa.

Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Rencanakan liburan menyenangkan di akhir tahun bersama Phinemo Marketplace. Ratusan produk wisata dalam maupun luar negeri dari tour operator kenamaan Indonesia tersedia di halaman Phinemo Marketplace. Cek sekarang juga melalui link berikut ini >> Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

2 Peraturan Baru Paspor Indonesia, Kini Berlaku untuk Sepuluh Tahun!

Hongkong Kota Termahal di Dunia dan Kisah Pilu di Balik Julukannya

Danau Natron di Tanzania, Air Neraka yang Cantik Tapi Mematikan

Republik Palau Jadi Negara Pertama yang Larang Turis Pakai Sunblock

The Nautilus Maldives Tawarkan Paket Liburan Sambil WFH, Berminat?

Heart Reef Australia, Area Terumbu Karang Terlarang yang Kembali Dibuka

FALLBACK
The END