Kalahkan Thailand, Pariwisata Indonesia Masuk 10 Besar Dunia Tahun 2018

Bali, salah satu destinasi utama wisatawan internasional ketika ke Indonesia (Travel Zom)

Indonesia dianugerahi Tuhan dengan sumber daya yang melimpah. Dari Sabang sampai Merauke, Ibu Pertiwi dihiasi oleh keindahan alam maupun budaya. Tak hanya masyarakat Indonesia, namun dunia telah mengakui kehebatan pariwisata Indonesia yang terus mumpuni.

Pada 26 September dari laman Twitter resminya, WTCC merilis negara-negara dengan kekuatan pariwisata terkuat di dunia. Indonesia pun ditahtakan di peringkat 9 bersama Spanyol, Turki, Kanada, dan Australia di peringkat enam hingga sepuluh.

banner promo phinemo merchant 2

Baca Juga: Fakta Menarik Dunia Pariwisata Indonesia yang Tak Banyak Orang Tahu

Tiongkok, Amerika Serikat, India, Chili, dan Inggris masih menempati urutan lima teratas dari daftar ini. Menurut Gloria Guevara, Direktur Eksekutif WTTC, perilisan peringkat ini juga sebagai bentuk peringatan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September lalu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pariwisata telah menjadi sektor yang terus berkembang di setiap negara seiring dengan meningkatnya minat untuk travelling.

Pariwisata Indonesia 2018

Tidak hanya alam, Indonesia juga dilimpahi dengan budaya yang membuat wisatawan selalu tertarik untuk belajar. Foto dari Adveture in You

The World Travel & Tourism Council (WTTC) merupakan forum bagi para petinggi dalam sektor travel dan pariwisata yang telah berdiri sejak tahun 1990. Forum ini muncul dengan tujuan meningkatkan pemahaman bahwa sektor pariwisata juga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari WTTC, sektor pariwisata telah menyumbang 313 juta lapangan kerja dan 10.4 persen ke Produk Domestik Bruto dunia.

Penempatan Indonesia di peringkat kesembilan bukan tanpa sebab. WTTC mengukur kekuatan sektor pariwisata berdasarkan empat indikator. Indikator tersebut dibagi menjadi peningkatan kontribusi sektor pariwisata pada GDP negara, pengeluaran wisatawan internasional yang berkunjung, pengeluaran wisatawan lokal yang berkunjung, dan investasi yang masuk pada sektor travel.

Berdasarkan laporan WTTC, sektor pariwisata Indonesia terus meningkat berdasarkan empat indikator tersebut.

Pariwisata Indonesia 2018

Masih banyak potensi pariwisata Indonesia yang masih bisa dikembangkan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Foto dari Indonesia Travel

“Laporan terbaru WTTC mengenai peringkat kekuatan dan performa pariwisata ini, memperlihatkan negara yang paling sukses meningkatkan sektor pariwisata,” ujar Gloria, dilansir dari Breaking Travel News, Senin (1/10).

Baca Juga: Investor Bidang Pariwisata Indonesia Semakin Meningkat, Berikut Daftar Lokasinya

Walaupun daftar negara ini didominasi oleh negara-negara anggota G20, namun tetangga Asia Tenggara pun juga masuk dalam peringkat ini. Seperti Thailand yang berada di peringkat 12, Filipina di peringkat 13, dan Singapura di peringkat 16. Adanya daftar ini pun diharapkan dapat menjadi dorongan bagi negara-negara lainnya untuk terus meningkatkan potensi di bidang pariwisata.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya menyambut baik posisi Indonesia dalam peringkat yang dikeluarkan WTTC ini. “Pariwisata sebagai core economy, kini menjadi tujuan kita bersama, tak hanya segenap insan Kemenpar, tapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam beberapa tahun ke depan, kita akan bertransformasi menjadi sebuah negara besar yang sebagian ekonominya kokoh ditopang dan didukung oleh sektor pariwisata,” ujarnya, dilansir dari Tribunnews.

Dapatkan ulasan menarik tentang Pariwisata Indonesia dan tulisan Lain dari Astrid S

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar