Sidebar

Nasi Kentut Medan, Kuliner Bernama Nyeleneh Tapi Rasanya Mantap Jiwa

Bernama nyeleneh, nasi Kentut Medan ini punya cita rasa lezat dan menggiurkan. Nasi yang diproses secara khusus jadi salah satu rahasianya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Liburan ke Medan kurang lengkap kalau tak mencicipi aneka kuliner lezatnya. Bika Ambon, Soto Medan Sinar Pagi, Kari Tabona, durian Medan, atau pun Saksang menjadi pilihan wajib saat ke sana. Namun, bila sudah bosan dengan kuliner yang itu-itu saja, rasanya Anda harus coba Nasi Kentut Medan biar tak menyesal.

Meskipun memiliki nama yang agak nyleneh, kuliner ‘Nasi Kentut’ punya cita rasa lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: 7 kuliner Medan yang wajib dicicipi biar nggak nyesel

Asal mula nama ‘Nasi Kentut’

Daun kentut atau dikenal dengan nama Sembukan. Foto dari winipedia.blogspot.com

Nama Nasi Kentut ini berasal dari jenis daun yang digunakan sebagai campuran nasi. Daun kentut atau yang dikenal juga dengan nama daun sembukan memiliki khasiat yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, tanaman merambat ini juga bisa mengobati sariawan, penyakit maag, hingga mengatasi perut kembung.

Untuk diketahui, daun kentut tidak hanya digunakan sebagai campuran saat memasak nasi, tapi juga sebagai lalapan. Aroma daun yang sangat khas akan menambah nafsu makan.

Nasi Kentut disajikan dengan berbagai macam lauk pauk dilengkapi sambal

Satu porsi nasi kentut Medan yang menggugah selera buat makan. Foto dari instagram @jadiberitadotcom

Rasa unik nasi pulen menjadi sorotan utama dalam penyajian kuliner dengan nama nyeleneh ini. Keunikan rasa tersebut diperoleh dari proses pembuatannya yang dimasak dengan daun kentut, ditambah bumbu rempah-rempah dan dibungkus dengan balutan daun pisang.

Saat disajikan, nasi nampak hijau dan menggiurkan. Nasi kentut ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, mi goreng, dan ayam goreng. Lebih mantap lagi jika ditambahkan dengan sambal terasi atau sambel ijo.

Baca juga: Kelezatan Kari Bihun Medan di rumah makan Tabona yang sudah dikunjungi food vlogger dunia, The foodranger

Lokasi dan harga nasi kentut Medan

Menemukan kuliner ini pun tak begitu sulit. Banyak warung yang menjajakan nasi kentut di Medan. Salah satu yang populer berada di Jalan Wahidin No.24, Medan. Jam bukanya mulai dari pukul 12.00 hingga menjelang petang yakni sekitar jam 18.00. Jangan datang sore-sore ya karena kuliner ini cepat sekali habis.

Harga satu porsi nasi kentut pun sangat bersahabat, sekitar Rp10 ribu hingga 20 ribu saja. Jadi, kapan ke Medan buat jalan-jalan dan nikmati nasi kentut?

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Villa Armina Tongging, Rumah Surgawi di Pesisir Danau Legendaris Toba

5 Kopi Unik di Dunia yang Tak Banyak Orang Tahu

10 Kuliner Khas Korea Selatan yang Terkenal Paling Enak

Istilah Bahasa Batak yang Harus Dipahami Sebelum Berkunjung ke Medan

7 Kuliner Khas Ramadhan di Jalur Mudik Cirebon-Brebes yang Wajib Dicicipi

Banchan, Kuliner Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba

FALLBACK
The END