Mulai Pulih, Kawasan Wisata Gili Trawangan Aman Dikunjungi

pesona Gili di Lombok NTB (Foto/weecak)

Kawasan wisata Gili Trawangan termasuk yang terdampak gempa Lombok berkekuatan 7 SR pada 5 Agustus lalu. Gempa tersebut mengguncang pulau Lombok dan membuat kawasan Gili Matra (Meno, Trawangan, dan Air) turut terdampak.

Baca Juga: Mengenang Keindahan Gili Trawangan Lombok Sebelum Terdampak Gempa, Ini Potretnya

Gempa pada 5 Agustus 2018 merupakan gempa kedua yang tercatat dari tiga gempa besar yang melanda wilayah tersebut sejak akhir Juli hingga awal Agustus ini.

Peristiwa menyedihkan ini sontak menjadi pukulan dan meninggalkan trauma bagi penduduk dan wisatawan. Namun, kini Lombok mulai berbenah.

gili trawangan

Gunung Rinjani, salah satu yang terdampak gempa Lombok (Foto/Makintau)

Chairul Mahsul, General Manager Geopark Rinjani mengatakan bahwa kawasan Geopark Rinjani seperti Gili Meno, Trawangan dan Air sudah aman dikunjungi.

Tak hanya itu, Gubernur NTB sudah menerbitkan jaminan bahwa Lombok sudah aman untuk dikunjungi wisatawan, bahkan Lombok Selatan sama sekali tidak terdampak gempa.

Sementara itu, ia melanjutkan, Taman Nasional Gunung Rinjani belum dibuka untuk wisatawan mengingat survei yang dilakukan oleh para ahli masih berlangsung menyebutkan adaya retakan yang cukup besar ke arah danau Segara Anakan pada kawasan Gunung Rinjani.

Baca Juga: Potret Gili Trawangan Pasca Gempa Lombok 5 Agustus 2018

Upaya menumbuhkan kembali kepercayaan wisatawan dilakukan oleh Chairul dan timnya dengan menyusun rencana jangka menengah hingga jangka panjang. Hal ini ini melibatkan banyak pihak mulai dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi, hingga stakeholder pariwisata lainnya.

Dapatkan ulasan menarik tentang gempa lombok dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar