Monumen Pancasila Sakti, Destinasi Wisata Sejarah di Hari Kesaktian Pancasila

monumen bersejarah versi rezim orde baru (Foto/travel story)

Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh bangsa Indonesia di tiap awal bulan Oktober, tepatnya pada 1 Okotober. Salah satu cara mudah dalam memeringati hari ini adalah dengan berwisata sejarah ke Monumen Pancasila Sakti.

Monumen sejarah versi Orde Baru ini merupakan prakarsa dari Presiden Soeharto dalam rangka mengenang perjuangan para Pahlawan Revolusi.

banner promo phinemo merchant

Baca Juga: Kumpulan Kota Bersejarah Tempat Terjadinya Pergolakan Kemerdekaan Indonesia

Monumen Pancasila Sakti sebagai lambang Hari Kesaktian Pancasila, terletak di kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

pada sebelah selatan area ini, terdapat pula markas besar tentara Nasional Indonesia, sementara di sebelah utara, terdapat Bandar udara Halim Perdanakusuma.

Sementara pada arah timur, terdapat Pasar pondok Gede, dan sebelah barat, ada pula destinasi wisata yang tak kalah menarik, yakni Taman Mii Indonesia Indah.

Monumen mengenang Hari Kesaktian Pancasila

hari kesaktian pancasila

upacara peringatan hari kesaktian pancasila (Foto/Tempo)

Monumen Pancasila Sakti diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1973 oleh Presiden Soeharto bertepatan dengan hari Peringatan Kesaktian Pancasila.

Monumen ini berdiri di atas lahan seluas 9 hektare dan terdiri atas beberapa tempat bersejarah. Tempat-tempat bersejarah yang ada di kompleks ini, diantaranya adalah Museum Pengkhianatan Komunis, Sumur Tua, Rumah Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, Mobil-mobil tua peninggalan Pahlawan revolus, serta Museum Paseban.

Meski hingga kini, sejarah perihal adanya Hari Kesaktian Pancasila serta Gerakan 30 September yang melatarbelakangi hari ini masih menjadi misteri. Upaya-upaya mengunjungi destinasi wisata bersejarah bisa jadi salah satu tujuan baik dalam rangka memelajari sejarah bangsa kita.

Namun jangan pula lupakan untuk tak percaya hanya pada satu sumber saja, melainkan dari beberapa sumber, bisa melalui museum, bahkan karya-karya seni dan sastra yang barangkali justru memuat pergolakan sejarah yang sesungguhnya.

Harga tiket dan jam buka

hari kesaktian pancasila

upacara peringatan hari kesaktian pancasila (Foto/Detak)

Baca Juga: Penanda Awal Era Baru, Inilah Sejarah Zebra Cross di Indonesia

Monumen Pancasila Sakti buka pada Selasa hingga Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Saat hari libur nasional, monumen ini tetap buka.

Anda cukup membayar Rp 4 ribu per orang untuk dapat menikmati destinasi ini. Namun bila Anda termasuk dalam sebuah rombongan wisata berjumlah minimal 40 orang, Anda bisa cukup membayar seharaga Rp 3 ribu saja.

Harga khusus juga diterapkan kepada pelajar dan mahasiswa, yakni cukup membayar Rp 2.500 saja.

Dapatkan ulasan menarik tentang wisata sejarah dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran