Kumpulan Kota Bersejarah Tempat Terjadinya Pergolakan Kemerdekaan Indonesia

Monumen bersejarah kota BUkittingi (Foto/itiakladomudo)

Berbagai kota bersejarah turut berperan andil dalam upaya meraih kemerdekaan negara tercinta kita ini. Pembangunan monumen, museum, dan jalan raya bisa jadi petanda bahwa di tempat tersebut pernah terjadi peristiwa bersejarah yang mengubah nasib jutaan rakyat Indonesia.

Baca Juga: Berencana Upacara 17 Agustus-an di Puncak Gunung? Lihat Kumpulan Fotonya Dulu di Sini

Berikut adalah beberapa kota yang memiliki riwayat dan rekam jejak akan pergolakan dan sejarah kemerdekaan Indonesia.

1. Surabaya

kota bersejarah

Tugu Pahlawan Surabaya (Foto/shutterstock)

Tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration) dan tentara sekutu telah berusaha agar Indonesia kembali menjadi jajahan Belanda. Tujuan para tentara ini pun akhirnya menyulut semangat rakyat untuk melakukan perlawanan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Salah satunya, peristiwa 10 November 1945 yang menjadi salah satu peristiwa perlawanan paling bersejarah. Tugu Pahlawan adalah salah satu saksi bisu pergolakan kemerdekaan Indonesia dan sekaligus merupakan ikon kota Surabaya.

Monumen ini dibangun untuk memeringati Hari Pahlawan. Saat memasuki kawasan monumen ini, Anda akan disambut dengan patung Soekarno dan Hatta, lengkap dengan tulisan-tulisan perjuangan seperti “Merdeka atau Mati”. Monumen ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952.

2. Ternate

kota bersejarah

Monumen bersejarah di Maluku (Foto/shutterstock)

Ternate yang berada di provinsi Maluku Utara merupakan salah satu tujuan para penjajah karena daerah ini memiliki kekayaan rempah yang menjadi komoditi di era kolonial. Ternate merupakan sebuah kota yang berada di kaki gunung api Gamalama.

Pada masa jayanya, para pedagang dari India, Persia dan Eropa pernah singgah di kota ini utuk keperluan perdagangan. Kota Ternate menjadi semakin besar karna keberadaan Kesultanan Ternate yang berperan sangat penting di kawasan timur Nusantara pada ke-13 hingga abad ke-17.

Salah satu bangsa yang pernah menjajah Ternata adalah Portugis. Untuk pertahanan, mereka mendirikan beberapa benteng yang hingga kini masih berdiri kokoh. Beberapa benteng yang dibangun oleh Portugis antara lain Tolukko dan Kalamata yang berada di pesisir Pulau Ternate.

3. Lasem

kota bersejarah

Bangunan bersejarah di Lasem. (Foto/Wisata Sejarah Lasem)

Di Pulau Jawa, Lasem merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi untuk para penggemar wisata sejarah. Lasem merupakan kota terbesar kedua di kabupaten Rembang setelah Kota Rembang.

Kota ini memiliki banyak sekali cerita sejarah terutama yang berkaitan dengan etnis Tionghoa di Indonesia. Lasem dipercaya sebagai awal pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa. Itulah sebabnya Lasem mendapat julukan sebagai Tiongkoa Kecil.

Di Lasem Anda akan menemukan Kelenteng Cu An Kiong yang merupakan salah satu kelenteng tertua di Indonesia. Selain mendapat julukan sebagai Tionghoa Kecil, Lasem juga dikenal sebagai Kota Santri. Salah satu hal lain yang terkenal di Lasem adalah batik pesisir.

4. Bukittinggi

kota bersejarah

Monumen bersejarah kota BUkittingi (Foto/itiakladomudo)

Bukittinggi pernah menjadi yang paling penting di Indonesia ketika Pemerintahan Darurat Republik Indonesia menetapkannya sebagai ibu kota. Kota yang sangat terkenal dengan Jam Gadang nya ini dulu pernah mendapat julukan sebagai Paris van Sumatra.

Selain Belanda, Jepang juga menjadikan kota ini sebagai kota penting dalam upayanya menjajah Indonesia. Pemerintah Jepang menjadikan kota ini sebagai pusat komando militer untuk kawasan Sumatera.

Tak hanya Jam Gadang, beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Bukittingi antara lain Masjid Bingkudu, yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, serta Benteng Fort de Kock yang dibangun oleh Belanda

Di kota berhawa sejuk inilah salah satu tokoh paling penting dalam sejarah Indonesia dilahirkan, yakni Muhammad Hatta.

5. Semarang

kota bersejarah

Monumen bersejarah kota Semarang (Foto/semarangwingkorolls)

Baca Juga: Walking Tour, Mengenal Bangunan Bersejarah di Kota Lama Semarang hanya dengan Dua Jam

Salah satu tempat bersejarah yang ada di Kota Semarang adalah Tugu Muda yang terletak di jantung kota. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan melawan Jepang yang terkenal dengan peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang.

Monumen ini mengingatkan pada peristiwa heroik Pertempuran 5 Hari di Semarang melawan tentara Jepang tahun yang silan. Monumen Tugu Muda dibangun untuk memperingati pertempuran yang terjadi di Semarang pada 14 hingga 18 Oktober 1945 selama 5 hari.

Dapatkan ulasan menarik tentang 17 agustus dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar