Misteri 5 Gunung di Jawa Barat yang Membuat Bulu Kuduk Merinding

Percaya atau tidak, jangan sombong. Cukup rendah hati saat mendaki. Sumber

Gunung di Jawa Barat memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan pesonanya mampu mengundang ribuan wisatawan untuk mendaki ke sana. Tapi di balik keindahannya tenyata gunung-gunung di Jawa Barat menyimpan cerita misteri yang tak banyak diketahui oleh semua orang.

Kejadian-kejadian mistis itu acap kali dirasakan oleh beberapa pendaki. Mulai dari penampakan yang diduga makhluk halus, tersesat, hingga bahkan hal-hal di luar nalar pernah dialami oleh para pendaki gunung di Jawa Barat. Meskipun tak banyak orang yang percaya namun kejadian ini nyata adanya.

Baca juga: 6 Gunung di Jawa Barat Favorit Para Pendaki

Inilah cerita mistis gunung di Jawa Barat dan mitos-mitos seram yang pernah terjadi di sana.

1. Gunung Salak

misteri gunung

Meski indah, tapi Gunung Salak memiliki banyak mitos berkembang. Sumber

Banyak sekali kejadian mistis di Gunung Salak. Kisah mistis Gunung Salak ini muncul sudah sejak zaman kolonial Belanda. Kejadian mistis ini bertambah ketika beberapa pesawat jatuh, kecelakaan, bahkan menghilang di Gunung Salak.

Para pendaki mengaku sering melihat penampakan tentara, bayangan hitam, dan macan bermata lebar saat mendaki.

Konon area pemakanan Mbah Gunung Salah di puncak Gunung Salak I adalah tempat termistis. Di sana terdapat tulisan Jawa yang artinya perempuan dilarang mendekat dan bersikap tidak sopan. Bukan cuma spot itu saja, di Gunung Salak juga terdapat kampung setan yang konon menjadi tempat para makhluk halus bersarang.

Baca juga: Panduan Mendaki Gunung Salak Bagi Pemula.

2. Gunung Ceremai

misteri gunung

Gunung Ceremai dan mitos di dalamnya membuat bulu kuduk merinding. Sumber

Gunung Ceremai memang indah. Apalagi gunung ini memiliki dua kawah yang cukup membuat penasaran para pendaki. Meskipun begitu ada banyak sekali kejadian misterius yang terjadi di gunung ini.

Konon kejadian mistis di sini adalah karena ada sosok-sosok penting dalam sejarah masa lampau yang pernah lalu lalang di Gunung Ceremai. Misalnya sosok Nyi Linggi dan 2 macan tutul yang konon meninggal di puncak saat semedi di Batu Lingga.

Kejadian mistis ini bertambah ketika diketahui bahwa beberapa pendaki mendengar suara kuda meringkik dan suara gamelan saat malam hari. Konon, suara kuda meringkik ini adalah suara kuda seorang tentara Jepang yang meninggal di atas puncak. Sedangkan suara gamelan adalah suara musik makhluk tak kasat mata yang tinggal di Gunung Ceremai.

Bukan hanya itu saja, penampakan yang diduga kuntilanak dan bayangan hitam juga acap kali mengganggu pendaki.

3. Gunung Gede

misteri gunung

Indahnya kawasan Surya Kencana. Sumber

Gunung Gede terkenal memiliki pemandangan indah layaknya dalam film-film luar negeri. Kumpulan edelweiss yang bermekaran di Surya Kencana menjadi poin dari perjalanan mendaki Gunung Gede. Namun tahukah ternyata Surya Kencana adalah spot paling mistis di Gunung Gede.

Kejadian mistis dan tidak masuk akal sering kali dialami oleh para pendaki saat ingin camping di Surya Kencana. Konon di sinilah Pangeran Surya Kencana bersemayam. Ia bersama rakyat jin menjadika alun-alun Surya Kencana menjadi tempat untuk bersemayam.

Petilasan atau singgasana Pangeran Surya Kencana ini sendiri diketahui berupa sebuah batu besar berbentuk pelana di tengah alun-alun Surya Kencana ini.

Konon pendaki yang berbuat baik tidak akan mengalami kejadian mistis di sini namun jika sering berkata kasar, mengeluh, dan pipis sembarangan biasanya akan mengalami kejadian mistis. Salah satu pendaki Gede sendiri pernah mengalami kejadian mistis ketika kencing sembarangan di hutan dekat kawasan camping Surya Kencana. Ia melihat penampakan kupu-kupu raksasa dan serigala yang hampir menerkamnya. Lalu beberapa yang lain melihat orangtua berpakaian abu-abu serta kuntilanak di atas pohon.

Baca juga: Tempat Wisata di Jawa Barat.

4. Gunung Pangrango

Misteri Gunung

Percaya atau tidak, tetap tak boleh meremehkan. Harus rendah hati saat mendaki. Sumber

Tak kalah mistis dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango juga memiliki mitos dan misteri yang mengerikan juga.

Terdapat mitos bahwa setiap pendaki yang membaca ‘In Memoriam’ di Gunung Pangrango maka pendaki itu akan tersesat. Entah hanya mitos atau bukan tapi Saya pernah mengalami sendiri kejadian itu.

Saya benar-benar tersesat dan berjalan tak tentu arah masuk ke dalam hutan yang rimbun dan jurang dengan jembatan reot terpisah dengan rombongan lain. Untungnya ada bebeapa teman yang menyertai. Tapi suasana makin tak karuan karena jalan yang kami lalui tak satupun ada jejak sepatu. Saya dan teman-teman pun berdo’a dan optimis melanjutkan perjalanan, untungnya kami sampai di Pos Kandang Badak. Ternyata, jalan yang kami lalui adalah jalan yang sudah tidak digunakan. Konon di sanalah jalur ekstrim yang berbahaya bagi pendaki dan sudah tidak digunakan karena jurang dan jembatannya sudah rusak.

Mitos lain yang sering menyertai gunung ini adalah penampakan macan dan kuntilanan. Konon orang-orang yang berbuat tidak sopan dan buang air sembarangan akan melihat penampakan itu di Gunung Pangrango.

5. Gunung Halimun

misteri gunung

Gunung Halimun penuh tanda tanya. Sumber

Dalam istilah Sunda, Halimun memiliki arti ‘kabut’. Konon nama ini dipilih karena Gunung Halimun sering sekali berkabut, bahkan bisa dibilang setiap saat.

Gunung Halimun sendiri berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berdampingan dengan Gunung Salak yang terkenal mistis.

Tak kalah mistis dengan Gunung Salak, di Gunung Halimun juga banyak terjadi kejadian mistis. Konon Gunung Halimun adalah benteng Kerajaan Siliwangi. Sehingga jika ada orang yang lewat di gunung ini konon akan mengalami kejadian mistis. Bahkan burungpun akan mati jika melintas di atas wilayahnya. Kejadian hilang dan kecelakaan pesawat yang terbang di Gunung bahkan dikait-kaitkan dengan kejadian ini.

Meskipun begitu, kejadian-kejadian itu tidak sepenuhnya dipercaya oleh semua orang. Namun di sisi lain pendaki Gunung Halimun ternyata juga pernah mengalami kejadian mistis dan melihat penampakan menyeramkan di Gunung Halimun.

Dapatkan ulasan menarik tentang Gunung dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar