5 Rekomendasi Gunung untuk Tahun Baru 2019

Keindahan gunung Prau. Foto oleh WIke Sulistiarmi/phinemo

Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati akhir tahun 2018, salah satunya adalah mendaki gunung. Rekomendasi gunung untuk tahun baru 2019 yang Phinemo susun berikut memiliki keindahan alam yang menenangkan dan jalur yang tidak bergitu ekstrem. Jadi, Kamu akan kembali segar setelah menikmati pemandangannya tanpa khawatir kaki pegal-pegal.

Berikut ini rekomendasi gunung untuk tahun baru 2019 untukmu:

Baca juga: Susun Resolusi Perjalanan Untuk Tahun 2019, Berikut Usulan Kami

1. Gunung Batur di Bali

gunung untuk tahun baru 2019

Indahnya Gunung Batur. Sumber foto: Bro Bali

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif yang ada di Kecamatan Kintamani di Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Gunung ini memiliki ketinggian 1717 Meter diatas Permikaan Laut (MDPL) dan cocok untuk pemula karena jalur treknya tidak sulit. Meskipun begitu, ketika sampai di puncaknya, Kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa indahnya.

Dari atas puncak, Kamu bisa melihat indahnya view Gunung Abang dan Gunung Rinjani di belakangnya. Pendakiannya berawal dari kawasan Pura Jati Luhur dengan estimasi waktu 3 jam trekking untuk sampai puncaknya. Jadi, tak butuh waktu lama.

Kamu juga bisa menikmati akhir tahun di beberapa destinasi wisata di Bali sembari mendaki Gunung Batur.

2.  Gunung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

gunung untuk tahun baru 2019

Kadek Arini ketika berada di Gunung Api Purba Nglanggeran (Foto/@kadekarini)

Gunung Nglanggeran atau lebih dikenal dengan nama Gunung Api Putba juga masuk dalam deretan gunung untuk tahun baru 2019, karena di sini Kamu tak perlu mendaki dengan jalur ekstrem. Jalurnya masih standar dengan estimasi waktu pendakian yang singkat sekitar 3 jam dari basecamp.

Bukan hanya itu saja, di sini kamu juga bisa merasakan aneka wahana alam yang memacu adrenalin, mulai dari flying fox hingga panjat tebing. Tapi itu cuma optional saja, Kamu yang ingin bersantai di tenda juga bisa karena di sini terdapat banyak sekali spot untuk camping.

Soal sumber air, di sini juga ada. Lengkap kok! Baca juga: 5 Wisata Gunung Kidul Terbaru Untuk Mengisi Libur Akhir Pekan Anda

Jangan lupa untuk menyaksikan sunrise di atas puncaknya, karena pemandangannya sangat indah berpadu dengan bebatuan yang dikenal sebagai peninggalan masa prasejarah.

3. Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng

gunung untuk tahun baru 2019

Keindahan gunung Prau. Foto oleh WIke Sulistiarmi/phinemo

Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah memiliki gunung yang memiliki pemandangan indah namun jalur pendakiannya mudah, namanya adalah Gunung Prau. Gunung ini memiliki  ketinggian 2.565 MDPL.

Di atas puncaknya, Kamu bisa melihat ribuan bunga Daisy yang sangat cantik jelita. Pemandangan ini biasanya muncul kala musim penghujan seperti bulan Desember. Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa melihat pemandangan puncak gunung di Jawa Tengah ketika sampai di puncak Gunung Prau, seperti Puncak Sindoro, Sumbing, Merapi, bahkan Merbabu.

Untuk mendaki Gunung Prau, ada banyak pilihan jalur. Kamu bisa membaca ulasan phinemo tentang jalur pendakian Gunung Prau di sini: 4 Jalur Pendakian Gunung Prau yang Wajib Diketahui Pendaki [INFOGRAFIK]

4. Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende

gunung untuk tahun baru 2019

Danau Kelimutu dengan warna-warni uniknya. Foto berasal dari www.florestourism.com

Ini adalah gunung yang cukup mudah didaki di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini memiliki kawah yang cantik yang biasa disebut dengan Danau Kelimutu. Di puncaknya, traveler bisa melihat tiga warna air danau yang berbeda-beda.

Pendaki harus mendaki lebih awal pada pukul 3 pagi agar bisa melihat keindahan puncak Kelimutu dengan sunrisenya.

5. Gunung Pangrango, Jawa Barat

gunung untuk tahun baru 2019

Pemandangan di Mandalawangi. Foto oleh Wike Sulistiarmi/phinemo

Gunung Pangrango terkenal sebagai salah satu gunung tercantik di Jawa Barat karena memiliki spot bunga abadi, Edelweis terluas bernama Mandalawangi.

Ini adalah spot terbaik untuk menikmati akhir tahun sembari menyusun resolusi 2019. Selain pemandangan edelweis, Kamu juga bisa melihat aneka air terjun dan beberapa spot cantik di Gunung Pangrango.

Ini adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Ceremai. Pilihan terbaik untuk Kamu yang malas beranjak dari Jawa Barat saat akhir tahun.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Tahun Baru dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar