Memulai Bisnis Pariwisata di Usia Muda? Berikut Tipsnya

Memulai bisnis pariwisata di usia muda (Flickr/jonsson).

Bisnis merupakan salah satu jalan yang dapat membawa pelakunya meraih kesuksesan dan hidup dengan berkecukupan. Tak heran, banyak yang berbondong-bondong terjun ke dunia bisnis, tak terkecuali kalangan muda karena tergiur iming-iming hal tersebut. Belum cukupnya pengalaman dan kemampuan manajemen yang buruk membuat tak sedikit bisnis yang tumbang sebelum sempat meraih kesuksesan.

Sebagai panduan bagi anda para pemuda yang terjun ke dunia bisnis pariwisata, berikut disajikan beberapa tips agar bisnis yang anda rintis berkembang besar dan mencapai kesuksesan.

1. Membulatkan niat dan tekad

Hal pertama yang harus anda lakukan saat memilih terjun ke bisnis pariwisata adalah membulatakan niat dan tekad agar kedepannya selalu semangat serta tidak mudah menyerah. Niat dan tekad merupakan motivator bagi diri sendiri, sehingga ketika menghadapi kendala dan kesulitan bisa mengubah pikiran negatif menjadi semangat pantang menyerah.

2. Mempersiapkan rencana

Memulai bisnis membutuhkan rencana yang matang agar dapat terus berjalan dan bertahan ditengah persaingan pasar bebas. Tanpa rencana yang matang suatu bisnis dapat mengalami kegagalan, bahkan meski sudah dilakukan riset sebelumnya. Rencana bisnis merupakan gambaran yang akan membimbing bisnis dari fase awal hingga berkembang besar.

3. Analisis pasar

Sebelum benar-benar melakukan produksi diperkukan langkah analisis pasar agar nantinya produk anda diminati oleh masyarakat luas. Tips penting yang harus anda terapkan, biasanya produk yang sukses merupakan produk yang menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, dan menawarkan apa yang menjadi minat masyarakat.

4. Fokus dari hal-hal kecil

Jangan takut memulai dari yang kecil, biasanya bisnis yang besar berawal dari kecil terlebih dahulu. Memfokuskan dari hal kecil dengan mempersempit target demografinya penting untuk memperoleh informasi mendetail terkait kebutuhan masyarakat untuk kemudian dipusatkan pada target pasar terntentu. Setelah produk diterima, kemudian kembangkan untuk memperluas segmentasi pasar.

5. Perencanaan keuangan

Cobalah untuk membuat perencanaan keuangan sederhana yang mengestimasikan biaya-biaya yang dibutuhkan seperti biaya izin usaha, peralatan, asuransi, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya. Sistem akunting yang matang diperlukan untuk memanajemen anggaran, menyelaraskan bisnis, menentukan harga, dan mengajukan pajak.

6. Berinovasi

Salah satu hal yang membedakan pelaku bisnis sukses dengan yang kurang sukses adalah keberanian mengembangkan bisnis mengikuti perkembangan zaman meskipun banyak resiko yang harus ditanggung. jangan terlalu membatasi kreativitas, munculkan ide-ide baru untuk memikat konsumen.

7. Manfaatkan isu viral

Sebagian masyarakat Indonesia cenderung memiliki sifat sebagai pengikut, sehingga saat muncul isu yang menarik akan segera menjadi topik hangat. Hal ini terjadi karena rasa penasaran terhadap apa yang diperbincangkan oleh orang lain. Manfaatkan hal ini untuk menciptakan ide-ide produk yang sedang diminati oleh msyarakat luas.

Bergabunglah bersama kami di Phinemo Marketplace untuk promosi produk wisata secara gratis. Gabung sekarang di link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar