Makna Dibalik Kode Booking Pesawat yang Belum Anda Tahu

Setiap proses booking, calon penumpang pesawat akan mendapatkan sebuh kode yang dapat digunakan untuk mencetak tiket pesawat sebelum keberangkatan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pesawat terbang telah menjelma menjadi moda transportasi utama yang paling banyak digunakan oleh masyarakat internasional berpergian ke berbagai penjuru dunia. Selain waktu tempuh yang relatif lebih singkat, pesawat terbang juga dikenal sebagai jenis transportasi paling aman dengan angka kecelakaan paling kecil.

Semakin canggihnya teknologi digital membuat calon penumpang semakin mudah untuk melakukan proses booking atau pemesanan tiket. Setiap proses booking, calon penumpang akan mendapatkan sebuh kode yang dapat digunakan untuk mencetak tiket pesawat sebelum keberangkatan. Berbagai kode booking pada tiket pesawat memiliki makna yang berbeda-beda, berikut adalah penjelasannya.

1. Kode SSSS

Kode SSSS merupakan singkatan dari Secondary Security Screening Selection yang artinya akan ada pemeriksaan keamanaan tambahan yang lebih ketat. Hal ini dikhawatirkan penumpang membawa benda-benda terlarang yang berbahaya seperti bom atau narkoba. Kode SSSS biasanya diberikan kepada mereka yang diduga sebagai teroris, penyelundup obat terlarang, dan pengidap penyakit menular.

(uponarriving.com)

2. Kode B, H, M, Y

Kode booking pada tiket pesawat yang menunjukkan B, H, M, dan Y menandakan bahwa penumpang tersebut memesan kursi pesawat di kelas paling rendah. Biasanya penumpang dengan tiket berkode B, H, M, Y akan duduk di bagian paling belakang kabin pesawat.

3. Kode Q, K, L, N, M, S, T, U, V, W, X

Kode Q, K, L, N, M, S, T, U, V, W, dan X memiliki kedudukan yang sama dengan B, H, M, Y karena sama-sama berada di kelas ekonomi. Bedanya khusus untuk kode Q adalah penumpang yang mendapatkan potongan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan.

4. Kode J, C, I, D

Kode J, C, I, dan D digunakan untuk penumpang yang duduk di kabin kelas bisnis. Penumpang disini akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang tidak didapatkan oleh penumpang kelas ekonomi. Misalnya kursi yang lebih lebar dan empuk, sehingga nyaman digunakan untuk tidur sepanjang perjalanan.

(skyhight.life)

5. Kode E

Kode E menunjukkan calon penumpang berada di kelas ekonomi premium. Meskipun disebut ekonomi, namun tingkatannya berada di atas ekonomi reguler dan di bawah bisnis.

6. Kode A

Kode A digunakan untuk penumpang first class dengan fasilitas dan pelayanan terbaik. Selain A, F dan P juga biasanya digunakan untuk menujukkan calon penumpang dari first class.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU