6 Tempat Indah yang Terlarang di Indonesia, Harus Waspada!

Tempat indah di Indonesia yang terlarang untuk siapapun (anekatempatwisata.com).

Sebagai negeri tropis, Indonesia memiliki beragam tempat-tempat indah yang kaya akan nilai sejarah, budaya, dan kearifan lokal masyarakat. Tak banyak orang tahu ternyata terdapat tempat-tempat indah di Indonesia yang ternyata terlarang untuk dikunjungi oleh siapapun karena dianggap suci, keramat, angker, bahkan mendatangkan kesialan.

Berikut ini disajikan ulasan beberapa tempat indah di Indonesia yang ternyata terlarang untuk dikunjungi, harus waspada!

1. Pulau Sempu, Malang

(anekatempatwisata.com)

Pulau Sempu merupakan sebuah pulau kecil di kawasan pesisir laut selatan jawa yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Malang. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, meliputi ekosistem tropis habitat bagi satwa endemik dan ekosistem dasar laut dengan terumbu karang indah. Terdapat juga sebuah laguna besar berwarna kehijauan yang diberi nama Segara Anakan.

Pulau Sempu adalah pulau terlarang yang tidak boleh dikunjungi untuk keperluan pariwisata karena masuk dalam wilayah cagar alam. Sumberdaya di Pulau Sempu hanya diperuntukan khusus untuk keperluan penelitian dan pengembangan pengathuan. Pengunjung harus memperoleh ijin khusus dari BKSDA Jawa Timur untuk bisa berkunjung ke Pulau Sempu.

2. Candi Gedong Songo, Semarang

(camerawisata.com)

Candi Gedong Songo merupakan bangunan cagar budaya bercorak Hindhu yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedong Songo secara arsitektur memiliki kesamaan dengan Candi Arjuna yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Hingga kini candi ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan dan ritual-ritual budaya.

Seperti namanya, Candi Gedong Songo terdiri atas sembilan buah candi yang dibangun secara terpisah di area dataran tinggi Ungara. Namun pada kenyataannya hanya ada delapan buah candi saja. Konon candi kesembilan letaknya tersembunyi dan sangat terlarang. Siapapun yang melihatnya tidak akan berumur panjang, atau sudah dekat dengan waktu kematian.

3. Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

(pesona.travel)

Jembatan ini terletak di area kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Dibangun pada masa kolonialisme Hindia Belanda, konon bagi pasangan yang melintas jembatan ini tidak akan langgeng hubungannya. Hal ini dikarenakan kutukan dari sosok makhluk astral yang dahulu bunuh diri di jembatan ini akibat putus cinta.

Fakta sebenarnya, tragedi bunuh diri tidaklah terjadi di jembatan ini. Namun karena kenangannya di jembatan ini begitu membekas membuat sukmanya terikat dan tidak bisa lepas dari Jembatan Merah. Sosok astral ini akan memberikan sugesti dan bisikan kepada setiap pasangan yang tidak serius menjalin hubungan agar segera mengakhiri sebelum menyebabkan luka hati mendalam.

4. Pulau Kumala, Kutai

(travelingyuk.com)

Pulau Kumala merupakan satu-satunya pulau yang berada di tengah-tengah Sungai Mahakam, Kutai, Kalimantan Timur. Sejak dahulu, pulau ini memang pulau yang tak berpenghuni. Namun pada tahun 2002 diubah menjadi kawasan wisata oleh pemerintah setempat dengan dibangunnya beberapa infrastruktur seperti kereta gantung dan berbagai wahana bermain lainnya.

Meskipun demikian, Pulau Kumala tetap saja sepi oleh pengunjung. Suasana angker seringkali menggerayangi setiap pengunjung yang membuat urung menikmati permainan. Tidak sedikit juga yang merasa diganggu oleh makhluk-makhluk astral penghuni pulau.

5. Alas Purwo, Banyuwangi

(nativeindonesia.com)

Alas Purwo merupakan kawasan hutan lindung yang berada di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Hutan ini menjadi habitat bagi puluhan spesies satwa endemik pulau jawa yang terancam punah. Terlepas dari semua itu, mengunjungi Alas Purwo adalah hal yang sangat tidak dianjurkan oleh warga setempat karena dipercaya dapat mendekatkan celaka.

Konon Alas Purwo dianggap sebagai pusatnya ilmu hitam di tanah Jawa. Banyak berdiri istana-istana jin yang seringkali didatangi oleh para pencari pesugihan. Cerita yang beredar di masyarakat bahwa setiap pengunjung yang datang ke Alas Purwo dengan niat yang salah tidak akan pernah menemui jalan pulang.

6. Goa Jepang, Bandung

(Instagram/capritze)

Goa Jepang dibangun pada masa pendudukan Indonesia oleh Jepang tahun 1942. Goa ini menjadi tempat persembunyian tentara Jepang saat masih bersetru dengan sekutu. Setelah Indonesia merdeka, goa ini ditinggalkan begitu saja hingga terbengkalai dan dipenuhi oleh semak belukar. Kini Goa Jepang menjadi salah satu destinasi populer di Bandung.

Goa Jepang selalu ramai, terutama saat libur panjang. Namun demikian kesan mistis tetap menggelayuti goa ini. Terkadang menjelang malam sering terdengar suara teriakan dan penampakan tentara jepang yang meragang nyawa di tempat ini. Tak banyak yang berani menjelajah jauh ke dalam Goa Jepang karena aura angker yang semakin tebal.

Dapatkan ulasan menarik tentang tempat terlarang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar