Laguna Weekuri, Kolam Renang Alami Tersembunyi di Sumba

Foto oleh federico

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang tak ada duanya. Salah satunya adalah kolam renang alami Laguna Weekuri di Sumba yang tersembunyi dan jarang diketahui orang.

Baca juga: Syuting di Maluku, Yuki Kato Pamerkan Keindahan Laguna Pulau Bair

Lokasinya satu jam dari Bandara Tambolaka, tepatnya di kecamatan Kodi, Sumba Barat, Nusa Tenggara Tumur. Persis di sebelah laut lepas dan pantai indah Sumba. Sehingga ketika sampai di sini pengunjung akan merasa melihat secuil surga cantik dunia.

“Orang sini sebutnya danau air asin, karena airnya berasal dari air laut yang masuk lewat lubang-lubang di karang,” kata warga lokal, Oktavianus Ae Dudu saat KompasTravel mengunjungi Laguna Weekuri di Sumba, NTT, Rabu (15/8/2018) dilansir dari goodnewsfromindonesia.id.

laguna weekuri kolam renang alami

Indah selalu jadi rebutan para wisatawan. Foto @folkindonesia

Di sekeliling laguna ini, ada barisan batu karang berwarna kehitaman bak dinding yang melindungi laguna dari ombak lautan. Sehingga Laguna Weekuri si kolam renang alami ini selalu tenang.

Bentuk kolam renang alami Sumba ini bentuknya oval dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 50 meter. Kedalamannya mencapai 2,5 meter tapi akan surut ketika airnya kering, jadi tak selalu ada airnya. Saat kering tanpa air akan nampak pasir putih nan indah.

Ini adalah destinasi tersembunyi yang dikagumi setiap wisatawan. Selain bermain air dan berenang, biasanya jadi tempat berburu foto kekinian. Mereka akan datang kala senja atau fajar untuk mengabadikan semburat senja dengan matahari yang menguning telur.

Fasilitas Laguna Weekuri cukup baik, di sini juga terdapat jembatan kayu dan jalan setapak beton serta anjungan untuk melompak ke laguna. Tak lupa tangga besi yang biasanya digunakan untuk naik turun ke laguna, toilet, sewa ban, dan warung-warung yang dikelola masyarakat.

kolam renang alami laguna weekuri

Foto by instagram @wk_lee18

Untuk bisa sampai di sini cukup sulit, jalanannya seluruhnya belum diaspal. Tak ayal jika ada juga driver yang nyasar jika belum terbiasa membawa tamu ke sini.

Saat ini untuk masuk ke destinasi wisata ini tidak ada pungutan biaya, tapi tetap dipungut parkir. Meskipun begitu, Anda harus tetap jaga kebersihan agar destinasi ini tetap terjaga.

Baca juga: Bersenyawa dengan Senja dan Sang Pencipta di Pantai Mbawana Sumba

Tips: Ke sinilah sebelum pukul 15.00 waktu setempat agar bisa berenang sembari menikmati senja indah di kolam renang alami Sumba ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang sumba dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar