Sidebar

7 Rekomendasi Kuliner Kuningan yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Lezat, inilah kuliner kuningan yang wajib dicicipi wisatawan saat ke Kuningan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari potensi wisata alam seperti Taman Nasional Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung, dan Balong Dalem hingga potensi wisata kuliner yang beraneka ragam dan menggoda lidah.

Agar tidak penasaran dengan kuliner yang ada di Kuningan, berikut beberapa kuliner Kuningan yang bisa dicicipi wisatawan agar perjalanan ke Kuningan, Jawa Barat, makin lengkap.

Ini rekomendasi kami:

Baca juga: 5 Tempat Camping di Lereng Gunung Ciremai Untuk Habiskan Akhir Pekanmu

1. Hucap

Hucap kuliner yang tak boleh terlewat saat ke Kuningan. Foto oleh okosasih

Bagi orang yang tinggal di luar Jawa Barat pasti penasaran dengan nama unik kuliner ini. Sebenarnya, Hucap adalah singkatan dari tahu kecap. 

Hucap sendiri merupakan kuliner yang berisi lontong atau ketupat yang diberi tahu goreng, dan disiram kuah kacang dan bumbu kecap. Sekilas memang mirip ketoprak atau kupat tahu tapi karena kuliner Kuningan ini menggunakan lebih banyak kecap, kuliner ini memiliki citarasa lebih manis dibandingkan dengan kupat tahu maupun ketoprak.

2. Nasi Kasreg

Nasi Kasreg selalu disajikan dengan beragam menu. Sumber

Satu lagi kuliner yang khas di Kuningan namanya Nasi Kasreg. Nasi Kasreg merupakan nasi bungkus berukuran kecil mirip nasi kucing yang biasanya dinikmati dengan aneka lauk pauk seperti ikan paray, pepes ikan paray, sambal, lalapan toge, rebon, dan gorengan.

Kuliner Kuningan ini banyak ditemui di daerah Luragung dan harganya murah meriah dan banyak dicari oleh para wisatawan lokal.

Baca juga: 5 Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Cirebon

3. Ketempling

Ketempling sangat renyah. Foto oleh kekisnack

Ketempling merupakan makanan ringan yang cukup terkenal di Kuningan. Ketempling sendiri berupa snack renyah terbuat dari singkong dan berbentuk bulat kembung dengan bagian tengahnya yang kosong.

Teksturnya sangat renyah dan sangat cocok disantap menggunakan kuliner panas berkuah seperti bakso, mie, ataupun soto.

Ketempling saat ini sudah diproduksi dengan beragam rasa, mulai dari rasa pedas, keju, ubi ungu, dan masih banyak lagi yang lainya. 

4. Tahu Lamping atau Tahu Kopeci

Tahu ini konon memiliki rasa yang bisa ditandingkan dengan Tahu Sumedang. Foto oleh siannakaur

Banyak orang yang bilang Tahu Lamping atau Tahu Kopeci merupakan olahan tahu yang bisa menandingi Tahu Sumedang. Tapi soal rasa tentu setiap orang punya selera masing-masing.

Yang pasti, Tahu Lamping memiliki bagian dalam yang padat dan halus. Rasanya gurih. Kuliner ini cocok jadi camilan dan buah tangan.

Adapun nama kuliner Kuningan ini  konon berasal dari sebuah lokasi awal tahu ini yaitu lamping (pinggir) Gunung Ceremai.

Baca juga: 7 Tempat Berburu Kuliner Khas Banten

5. Golono

Golono. Sumber

Sepintas melihat hidangan ini mungkin akan membuat Anda berpikir ini adalah gorengan biasa. Tapi setelah mencobanya, Anda akan merasakan citarasa yang berbeda.

Adalah golono, gorengan khas masyarakat Kuningan khususnya Luragung, Cibingbin dan Ciwaru. Kuliner ini biasanya dinikmati dengan nasi kasreg berbaur dengan comro, bala-bala, atau pisang goreng.

Kuliner Kuningan ini merupakan kuliner yang terbuat dari ampas tahu yang digoreng menggunakan tepung yang telah diberi taburan daun bawang yang diiris kecil-kecil. 

6. Rujak Kangkung

Rujak ini cocok dinikmati saat siang hari. Foto oleh penynoviyanti17

Jika biasanya rujak isinya sayuran lain lagi di Kuningan karena rujaknya berupa sayur kangkung. Namanya juga rujak maka bumbu yang disiapkan pun berupa bumbu rujak biasa. Namun isian buah-buahan diganti dengan sayuran kangkung yang telah direbus.

Mungkin bisa disebut hidangan ini mirip pecel sayuran tapi menggunakan bumbu rujak.

Bagi wisatawan yang belum merasakan kuliner satu ini lebih baik sesekali mencicipi kuliner Rujak Kangkung ini saat berada di Kuningan.

7. Papais

Kuliner ini memiliki kelezatan yang bisa dibilang bikin ketagihan. Sumber

Papais merupakan olahan kuliner yang cukup tradisional di Kuningan. Berupa hidangan berbahan beras ketan atau ketela pohon yang bisanya dibungkus dengan daun pisang.

Untuk menambah kelezatan Papais, biasanya kuliner ini diisi dengan adonan parutan kelapa dan gula aren dan dibentuk kerucut.

Papais biasanya diberi warna agar makin menarik dengan warna hijau, merah, dan kuning.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Destinasi Wisata Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Jalur Pendakian Ciremai Ditutup Hingga 5 Juni 2019

Wisata di Kuningan Jabar, Ada Kolam Renang Pelangi di Kaki Ciremai

Mencicipi Warna-Warni Kuliner Akulturasi Indonesia di Semarang

Situ Wulukut, Danau Tersembunyi Hutan Perhutani Kuningan yang Instagenik

Desa Alamanis Resort, Tempat Pelarian Terbaik dari Padatnya Jakarta

FALLBACK
The END