5 Fakta Mengenai KFC Jetliner Rute Labuan Bajo - Makassar

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Belum lama ini saya dan beberapa teman berkesempatan menjajal Kapal Feri Cepat (KFC) Jetliner dengan rute Labuan Bajo menuju Makassar. Jetliner adalah salah satu kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia buatan Norwegia yang dibeli Indonesia dari salah satu perusahaan ferry asal Inggris pada tahun 2000. Pada tahun 2009, pemerintah Srilanka juga sempat menyewa kapal jetliner ini sebagai salah satu alat transportasi laut di negaranya sampai tahun 2012.

Sempat ada kekhawatiran sebelum naik KFC Jetliner, karena ini adalah kali pertama saya menaiki kapal sebagai alat transportasi antar pulau. Apalagi sempat ada berita tentang kecelakaan kapal laut di beberapa daerah. Saya hanya bisa berdoa, semoga perjalanan ini lancar dan saya bisa sampai tujuan dengan selamat. Namun kekhawatiran saya berlahan sirna setelah saya naik dan masuk ke dalam kapal ini.

Ini fakta yang saya dapat saat menaiki KFC Jetliner:

1. Jarak tempuh yang relatif singkat

kfc jetliner

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

KFC Jetliner adalah salah satu kapal yang dipacu dengan mesin waterjet. Jadi, kapal ini menyedot air laut lalu menyemburkannya kembali. Karena mesin kapal ini bekerja dengan cara menyedot air, jadi KFC Jetliner sangat rentan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh sampah-sampah kayu yang tersedot oleh mesin kapal. Kata salah satu ABK yang bekerja di KFC Jetliner, sebenarnya kapal ini kurang cocok kalau dioprasikan di wilayah perairan Indonesia karena laut di Indonesia yang masih kotor.

Untuk masalah kecepatan, KCF Jetliner sudah tidak bisa diragukan lagi. Kapal ini sanggup berlayar dengan kecepatan maksimal 30 Knot. Dengan kecepatan seperti itu, waktu yang dapat ditempuh kapal ini saat berlayar dari Labuan Bajo menuju Makasar hanya memerlukan waktu tak kurang dari 12 jam.

Kapal ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang kurang suka berlama-lama berada di kapal. namun bagi saya satu hari berada di KFC Jetliner pun tidak akan pernah merasa bosan. Karena menaiki KFC Jetliner memberikan rasa kenyamanan yang istimewa.

 

2. Kabin kapal yang super nyaman

kfc jetliner

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Bayangan pertama ketika saya menaki kapal laut adalah sumpek, kotor, dan penuh sesak penumpang. Namun, semua hal tadi akan segera hilang saat kalian mulai masuk ke dalam kabin KFC Jetliner. KFC Jetliner mampu menampung sampai 550 penumpang yang dibagi menjad dua kelas, yaitu kelas ekonomi dan VIP. Saat itu kami duduk di kabin ekonomi. Walaupun kelas ekonomi, namun kenyamanan yang ditawarkan oleh KFC Jetliner ini sangat istimewa dengan tingkat kenyamanan yang membuat saya betah berlama-lama.

Berada di dalam kabin KFC Jetliner membuat saya seakan-akan berada di dalam sebuah restoran yang mewah. Kebetulan saat itu hanya segelintir penumpang yang menaiki KFC Jetliner, hingga kami puas menikmati fasilitas yang diberikan kapal istimewa ini sampai tak sadar jiwa ndeso saya pun ikut muncul.

KFC Jetliner juga dilengkapi layar Televisi LCD di beberapa sudut kabin yang berfungsi untuk mengusir kejenuhan penumpang. Bagi kalian yang sekedar ingin charger handphone, kamera, maupun laptop. Tidak usah khawatir berebut, karena di setiap bangku di dalam kabin sudah tersedia colokan/stop kontak.

 

3. Keadaan sekitar kapal yang aman dan bersih

kfc jetliner

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Sering kali saya mendapatkan cerita buruk dari teman saat mereka menaki kapal, mulai dari barang-barang yang hilang sampai dengan penipuan yang dilakukan oleh oknum penumpang nakal. Namun, pengalaman-pengalaman buruk itu tidak saya jumpai ketika menaiki KFC Jetliner.

Untuk masalah keamanan, KFC Jetliner mempunyai petugas kemanan yang selalu siap untuk menjaga sehingga kemanan dan keselamatan penumpang selalu terjaga. Kebersihan KFC Jetliner juga selalu terjaga karena petugas kebersihan kapal ini bekerja secara maksimal dan profesional. Itu sebabnya saya tidak menjumpai sampah yang berserakan di sekitar kabin kapal, hanya penumpak kurang beretika yang membuang sampah sembarangan di dalam kapal.

Namun saya sedikit kecewa saat memasuki bagian toilet, karena ada salah satu toilet yang macet. Mudah-mudahan masalah kecil ini dapat segera teratasi. Karena sangat disayangkan kapal dengan pelayanan yang baik ini mempunyai salah satu toilet yang mampet.

 

4. Jika beruntung, kalian bisa menikmati sunset yang indah dari atas kapal

kfc jetliner

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Bagi para pencinta sunset, menikmati sunset di atas kapal memberikan sensai yang berbeda. Hal itu saya rasakan langsung ketika menikmati sunset dari atas KFC Jetliner ini. Jarang-jarang saya bisa menikmati sunset yang indah ini dari atas kapal. Sunset yang indah berhias hamparan laut yang berwarna keemasan ini juga tak luput dari bidikan kamera salah satu penumpang dari negeri kincir angin, lupa namanya. Dia mengatakan kalau di negara asalnya dia sangat jarang sekali melihat sunset seindah dan seeksotis seperti di Indonesia.

 

5. Buat yang Muslim, KFC Jetliner juga mempunyai mushola untuk beribadah

Terkadang masih banyak traveler yang meninggalkan ibadah saat traveling. Padahal, ibadah juga sangat penting untuk kelancaran perjalanan kalian. Ketika naik KFC Jetliner,tidak ada alasan lagi buat kalian yang muslim untuk menunda sholat, karena KFC Jetliner menyediakan mushola untuk beribadah. Walaupun sedang traveling, ibadah itu juga wajib loh. Karena percuma saja kita menikmati keindahan alam yang sudah diberikan Tuhan, namun kita sendiri lupa akan apresiasi yang sudah diberikan Tuhan kepada kita.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wahyu Yogo Pratomo

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran