Sidebar

Wisata ke Pulau Komodo Kembali Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Setiap wisatawan yang berencana wisata ke Taman Nasional Komodo atau Labuan Bajo diwajibkan untuk melakukan daftar online dan memilih agen wisata.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Industri pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah beroperasi kembali sejak 15 Juni 2020 lalu. Para wisatawan sudah bisa berkunjung di berbagai destinasi wisata, seperti Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo. Namun karena kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, sejumlah peraturan pun diberlakukan untuk membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung, salah satunya yaitu pendaftaran online.

Wisatawan dapat mendaftarkan diri secara online di agen perjalanan yang sudah terdaftar dan berkantor di Labuan Bajo. Selanjutnya para wisatawan dapat mengakses link https://registration.labuanbajoflores.id/ untuk proses reservasi online. Berikut inpanduan terbaru daftar online wisata ke Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo.

1. Daftar Online

Setiap wisatawan yang berencana berkunjung ke Taman Nasional Komodo atau Labuan Bajo diwajibkan untuk melakukan daftar online dan memilih agen perjalanan yang sudah terdaftar resmi dan berkantor di Labuan Bajo. Pendaftaran online ini bertujuan untuk mengatur kepadatan kunjungan ke sejumlah kawasan wisata di NTT saat masa adaptasi kebiasaan baru.

2. Memilih Agen Perjalanan

Sebelum kunjungan wisata, wisatawan tidak diperkenankan berwisata secara mandiri, harus melalui agen perjalanan wisata yang resmi terdaftar di Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat dan berkantor di Labuan Bajo. Daftar agen perjalanan wisata dapat dilihat melalui link pendaftaran online wisata Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

3. Hanya 25 Orang Per Hari

Tidak hanya jumlah kunjungan wisatawan yang dibatasi, banyaknya kapal yang masuk ke Taman Nasional Komodo juga dibatasi dan diatur untuk setiap spotnya. Data pendaftaran online nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk mencegah terjadinya penumpukan kapal di kawasan tertentu. Hanya diijinkan lima kapal wisata untuk setiap spotnya.

Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo, dan Balai Taman Nasional Komodo telah menetapkan pembukaan kembali dalam tiga tahapan. Tahap pertama sudah dimulai sejak 6 Juli lalu, yang secara khusus untuk wisatawan lokal dari NTT. Selanjutnya di tahap kedua untuk seluruh wisatawan domestik dari Indonesia. Dan di tahap terakhir untuk umum, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wuhan Bebas Virus Corona, Warga Rayakan dengan Pesta dan Dugem

27 Hotel Isolasi Pasien Covid-19 di Jakarta yang Dirujuk Pemerintah

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

FALLBACK
The END