Sidebar

Kepulauan Galapagos di Ekuador, Tempat Permulaan Teori Evolusi Darwin

Charles Darwin pertama kali menemukan teori evolusi yang menjelaskan tentang konsep seleksi alam setelah lama pengamatan di Kepulauan Galapagos, Ekuador.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kepulauan Galapagos merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik, sekitar 1.000 km dari barat pesisir Amerika Selatan. Terdapat 13 pulau vulkanik dengan struktur tanah berbatu, pulau terluarnya berusia lebih dari 4 juta tahun dan yang termuda masih mengalami pembentukan. Kepulauan Galapagos masuk dalam wilayah administratif Ekuador.

Pada tahun 1959, Kepulauan Galapagos resmi ditetapkan sebagai wilayah cagar alam yang mencakup 97.5% dari keseluruhan luasnya. Kemudian pada 1978, UNESCO menetapkan kepulauan ini sebagai salah satu situs warisan alam dunia yang dilindungi. Kepulauan Galapagos menjadi salah satu wilayah kepulauan vulkanik paling aktif di dunia.

(Instagram/hayesandjarvis.co.uk)

Charles Darwin Menemukan Teori Evolusi

Charles Darwin pertama kali menemukan teori evolusi yang menjelaskan tentang konsep seleksi alam di Kepulauan Galapagos. Saat itu, Darwin turut serta dalam pelayaran kedua dari HMS Beagle menjelajah wilayah Benua Amerika pada tahun 1837. Setelah beberapa waktu pengamatan, Darwin menemukan bahwa terdapat perbedaan morfologi dari satu spesies hewan yang hidup di pulau yang bebeda.

Kepulauan Galapagos terbagi dua oleh garis khatulistiwa, setiap bagian wilayahnya memiliki karakteristik ekosistem dan spesies endemis yang berbeda-beda. Berdasarkan hal itu, Darwin pada 1838 memadukan teorinya tentang cara pembuahan memilih sifat dengan teori dari Thomas Robert Malthus tentang pertumbuhan populasi yang berujung pada perjuangan untuk bertahan hidup hingga terbentuk teori seleksi alam Darwin yang dikenal hari ini.

(Instagram/simplysantos)

Tempat Paling Berbahaya di Bumi

Beberapa tahun silam, Kepulauan Galapagos pernah ditetapkan sebagai salah satu tempat paling berbahaya di bumi. Hal ini dikarenakan fakta bahwa kepulauan ini merupakan wilayah vulkanik paling aktif di dunia karena keberadaan Gunung Volcan Wolf (1.707 mdpl). Tidak hanya itu, hingga saat ini Kepulauan Galapagos masih aktif membentuk pulau-pulau baru melalui serangkaian fenomena vulkanik yang membahayakan.

Meskipun dicap sebagai wilayah yang berbahaya, nyatanya banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menyaksikan sendiri keunikan Kepulauan Galapagos. Beberapa tempat yang sering dikunjungi adalah Reserva El Chato, South Plaza Island, Galapagos Beach Island at Tortuga Bay, dan Charles Darwin Reserach Station.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ada Suku Batak di Filipina, Satu Nenek Moyang dengan Batak Sumatera?

Sipson Island, Pulau Terlarang yang Dibuka Setelah 300 Tahun Tutup

5 Pariwisata Negara Lebanon Sebelum Ledakan, Tujuan Wisata Religi

Tragedi Ledakan Lebanon, Negara Non-Muslim Terbesar di Timur Tengah

Rumah Paling Berhantu di Irandia Dijual Rp 42,3 Miliar, Berminat?

Kepulauan Fiji, Destinasi Bulan Madu Terbaik di Samudera Pasifik

FALLBACK
The END