Serupa Kashmir di India, Pesona Desa Fatuulan di NTT Ini Mampu Menyihir Anda

Foto/Serigala Pemimpi(n)

Kashmir di India merupakan wilayah di utara sub-benua India yang pesonanya indah tiada tara. Bagi Anda yang ingin travelling dan merasai keindahannya, tapi tak punya cukup waktu dan budget yang mendukung, tak perlu khawatir.

Baca Juga: Sejarah Pempek Palembang, Menelusuri Muasal Sang Kuliner Legendaris

Sebab pesona keindahan Kashmir juga Anda temui di negeri kita Indonesia, tepatnya di wilayah Nusa Tenggara Timur. Bernama Desa Fatu’ulan, desa wisata ini memiliki tipografi dan keindahan khas Kashmir di India.

Kaya pepohonan dan rimbun daun

kashmir di india

Pesona Fatu’ulan dari ketinggian (Foto/sanameol)

Secara geografis, Desa Fatu’ulan terletak di atas gunung dengan ketinggian 1000 mdpl. Kawasan ini juga berada satu tempat dengan hujan tropis yang masih asli dan lebat.

Karena faktor-faktor alam inilah, kondisi Fatu’ulan sangat kaya akan pepohonan dan rimbun dedaunan. Tak hanya itu, suhu udara di sini juga sejuk. Ditambah dengan halimu atau kabut-kabut menjadikan pemandangan ini kian menyejukkan mata.

Keindahan ini alami dimiliki oleh Desa Fatu’ulan karena kawasan ini berada diantar perbukitan. Sama halnya dengan wilayah Kashmir di India, Desa Fatu’ulan menyajikan pemandangan yang asri dan jauh dari hiruk-pikuk serta bising kota.

Bukit hujan a la Indonesia

Desa Fatu’ulan dalam bahasa Dawan-Timor berarti bukit (Fatu) dan hujan (Ulan). Sesuai dengan namanya, kawasan ini memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lain di Timor Tengah Selatan.

Masyarakat Desa Fatu’ulan juga telah terbiasa dengan hujan yang lebih sering, bahkan saat wilayah lain dilanda kemarau.

Karena curah hujan yang berbeda, lebih tinggi, dibanding kawasan lain, kawasan ini ditumbuhi rumput yang keindahannya serupa dengan Kashmir di India.

Pesona keindahan ini kian tak terbantahkan dengan hadirnya rumput hijau yang subur, lanskap yang landai, serta kawanan kuda maupun hewan ternak lain.

kashmir di india

sekawanan hewan ternak menambah sejuk pemandangan Fatu’ulan (Picsart.com)

Bonus pemandangan menakjubkan

Desa Fatu’ulan tak hanya memiliki pesonanya sendiri, melalui desa ini, Anda juga dapat melihat keindahan-keindahan alam di sekitarnya yang tak kalah menakjubkan dan mengesankan.

Baca Juga: RedDoorz Palembang, Pengalaman Mewah Menginap di Hotel Berbiaya Rendah

Ada sebuah tebing batu besar yang dari sana Anda dapat menyaksikan panorama indah hamparan Laut Timor, kelokan sungai dan Pantai Kolbano, serta awan-awan yang menyelimuti langit di sana.

Oleh karena pesona yang tak terbilang lagi keindahannya, tak salah bila Desa Fatu’ulan memiliki julukan serupa Kashmir di India.

Dapatkan ulasan menarik tentang desa wisata dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar