3 Desa Terbersih di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Daftar tiga desa terbersih di dunia, indonesi masuk salah satu diantaranya (Instagram/Jogja_reservasi).

Desa adalah suatu tingkatan sistem pemerintahan terendah yang ada di Indonesia. Pedesaan di Indonesia merupakan suatu percontohan tatanan sosial yang sempurna untuk mewujudkan masyarakat madani. Hal ini dikarenakan masyarakat pedesaan masih setia mempertahankan gotong royong, kearifan lokal, dan tradisi-tradisi adat yang sudah tak bisa dijumpai di kawasan perkotaan seperti Jakarta.

Salah satu tradisi adat yang masih dipegang teguh oleh masyarakat pedesaan yaitu kewajiban menghormati alam. Bentuknya bisa berbeda-beda disetiap daerah, misalnya di Kabupaten Sleman yang melarang menebang pohon besar karena dianggap sebagai peneduh hati leluhur. Salah satu desa di Bali memiliki tradisi adat yang melarang masyarakatnya membuang sampah sembarangan sehingga membuat desa ini tampak bersih, bahkan masuk dalam daftar desa terbersih di dunia.

Berikut disajikan ulasan terkait desa-desa yang masuk dalam kategori desa terbersih di dunia.

1. Desa Gieethorn, Belanda

(Instagram/@juucostan)

Desa Gieethorn terletak di Kota Overijssel, Belanda yang terkenal sangat rindang dan asri karena bebas asap kendaraan bermotor. Desa Gieethorn terlatak jauh dari jalan raya dan hanya memiliki jalan setapak serta kanal sebagai akses transportasinya. Karena keasrian dan kerindangan Desa Gieethorn membuat desa yang berpenduduk 2.620 itu menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Belanda.

2. Desa Mawlynnong

(Instagram/@hippyonthemove)

Desa Mawlynnong merupakan salah satu desa terbersih di dunia yang terletak di distrik Bukit Khasi Timur di negara bagian Meghalaya, bagian timur laut India. Desa ini banyak ditumbuhi bunga dan tanaman-tanaman lain yang menambah kesan asri. Seluruh masyarakat desa ini sangat peduli terhadap kebersihan. Setiap sudut jalan disediakan tempat sampah yang terbuat dari bambu, beberapa ruas jalan juga dipasang papan peringatan terkait larangan membuang sampah sembarangan. Masyarakat Desa Mawlynnong juga rutin membersihkan desanya hingga senantiasa tampak bersih.

Budaya hidup bersih masyarakat Desa Mawlynnong bermula sejak 130 tahun silam saat wabah kolera melanda desa ini. Seorang Pendeta memberikan penjelasan terkait pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar wabah kolera. Penjelasan pendeta tersebut kemudian memotivasi masyarkat untuk menjaga kebersihan, bahkan masyarakat sempat melarang masuknya wisatawan ke wilayah desanya. Baru sejak tahun 2003 larangan tersbut kemudian dihapus.

3. Desa Panglipuran, Bali

(Instagram/@jogja_reservasi)

Desa Panglipuran merupakan salah satu desa kecil yang berlokasi di Pulau Bali, Indonesia. Masyarakat desa ini sangat berpegang teguh pada tradisi adat untuk menjaga kebersihan desanya. Sepucuk sampah tidak ditemukan di desa ini. Pemandangan rumah-rumah adat khas Bali dengan berbagai ornamen keagamaan didepannya semakin mempercantik tampilan desa ini. Penataan desa ini sangat rapi, rumah-rumah tersusun berjejer menanjak dikanan-kiri jalan setapak. Kendaraan bermotor sangat dilarang untuk memasuki wilayah Desa Panglipuran karena dianggap akan mengotori udara.

Dapatkan ulasan menarik tentang desa dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar