Daftar Gunung yang Melakukan Penutupan Jalur Pendakian

Echi • January 9, 2017

gunung sindoro

Gunung Sindoro. Dokumentasi pribadi penulis

Cuaca ekstrim dan ekosistem di kawasan gunung yang mulai rusak menjadi alasan beberapa gunung Indonesia melakukan penutupan jalur pendakian untuk sementara waktu. Berikut daftar gunung yang ditutup

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango – Jawa Barat

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango akan menutup jalur pendakian mulai tanggal 31 Desember 2016 hingga 31 Maret 2017. Penutupan ini dilakukan untuk pemulihan ekosistem hutan di Taman Nasional Gede Pangrango. Jadi, para pendaki yang berencana untuk mendaki di tahun baru, tidak akan dilayani.

2. Taman Nasional Gunung Rinjani – NTB

Sama halnya dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Gunung Rinjani juga menutup jalur pendakian per 1 Januari – 31 Maret 2017. Penutupan ini dimaksudkan untuk perbaikan ekosistem.

Selain alasan itu, Agus Budi Santosa, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Rinjani mengatakan bahwa bulan-bulan tersebut cuaca sangatlah buruk, hujan, dan angin badai akan terus terjadi. Dengan jalur yang memiliki lebar tidak sampai satu meter yang dapat membahayakan pendaki.

3. Gunung Prau – Jawa Tengah

Jalur pendakian Gunung Prau ditutup selama 3 bulan. Terhitung dari 5 Januari hingga 5 April 2017. Jika Kamu masih saja nekat mendaki, pengelola akan memberikan denda 100 ribu rupiah per orang. Penutupan dilakukan untuk memperbaiki jalur pendakian dan pemulihan ekosistem.

4. Gunung Semeru – Jawa Timur

Begitupun dengan Gunung Semeru, gunungnya para dewa ini ditutup untuk umum per 4 Januari sampai dengan batas waktu yang belum ditetapkan. Cuaca yang buruk dan perbaikan ekosistem menjadi alasan mengapa perlu dilakukan penutupan.

5. Gunung Salak dan Taman Wisata Kawah Ratu – Jawa Barat

Untuk memulihkan ekosistem dan jalur pendakian Gunung Salak, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak memberlakukan penutupan pendakian sementara terhitung dari tanggal 1 Januari 2017 hingga kondisi sudah memungkinkan untuk kembali didaki. Penutupan sementara ini pun berlaku untuk objek wisata Kawah Ratu.

6. Gunung Arjuno – Welirang – Jawa Timur

Pasca insiden 3 pendaki yang tersambar petir pada 13 Desember 2016 lalu, pengelola Taman Hutan Rakyat memberlakukan penutupan jalur pendakian hingga cuaca memungkinkan untuk melakukan pendakian.

7. Gunung Sumbing – Jawa Tengah

jalur-pendakian2

Sedangkan untuk Gunung Sumbing, khusus jalur pendakian Kaliangkrik akan ditutup untuk umum mulai 9 Januari 2017 – 31 Januari 2017. Penutupan dilakukan untuk pembersihan sampah usai liburan dan cuaca yang sedang buruk.

8. Gunung Kaba (Bukit Kaba) – Bengkulu

Jalur pendakian Gunung Bukit Kaba di Rejang Lebong, Bengkulu ditutup selama 3 bulan mulai dari 9 Januari hingga 9 Maret 2017. Gunung dengan ketinggian 1928 Mdpl ini dianggap telah mengalami kerusakan ekosistem maka dari itu perlu dilakukan pemulihan kawasan Taman Wisata Alam.

***

*** Update info per tanggal 9 Januari 2017.

Ini nih artikel menarik lainnya tentang dunia pendakian:


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait