6 Tempat Wisata dalam Lagu Didi Kempot, Cocok untuk Sobat Ambyar

Tempat wisata di Indonesia yang ada di dalam lagu Didi Kempot (Instagram/lianasoafiani).

Didi Prasetyo atau akrab disapa Didi Kempot merupakan seorang musisi yang berkecimpung di seni musik campursari dari Jawa Tengah. Belakangan ini sosok Didi Kempot kembali viral dikalangan anak muda milenial lantaran lagu-lagunya yang seolah mewakili perasaan galau dan gundah gulana muda-mudi yang ditinggal kekasih. Oleh anak muda, Didi Kempot mendapat julukan sebagai Lord of Broken Heart.

Tercatat sekitar lebih dari ratusan lagu telah tercipta dari tangan emas sang Didi Kempot. Dalam lagu-lagunya, terdapat beberapa tempat wisata yang digunakan Didi Kempot sebagai latar kegalauan mengenang romantisme bersama kekasih. Berikut adalah ulasan beberapa tempat wisata yang terinspirasi dari lagu-lagi Didi Kempot.

1. Pantai Klayar, Pacitan

(Instagram/pulungatmaja)

Pantai Klayar merupakan pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing-tebing batu terjal yang sangat indah. Pantai ini berlokasi di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Dalam lagu berjudul “Pantai Klayar” yang dipopulerkan oleh Didi Kempot, Pantai Klayar menjadi saksi janji sepasang kekasih untuk menjalani cinta sehidup-semati yang akhirnya kandas karena sang kekasih pergi dan tak pernah kembali. Pantai Klayar menyimpan kenagan indah yang sulit dilupakan.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

(Instagram/lianasofiani)

Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran sangat cocok untuk para pendaki pemula karena memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Gunung Api Purba Nglanggeran muncul dalam lagu Didi Kempot berjudul “Banyu Langit” yang mengisahkan tentang seseorang yang mengingat kenangannya dengan sang kekasih.

3. Malioboro

(Instagram/yogyaofficial)

Jalan Malioboro merupakan satu dari tiga jalan utama di Kota Jogja yang membentang dari Tugu Jogja hingga Kantor Pos Yogyakarta. Banyak berjejer pedagang kaki lima di Jalan Malioboro yang menjajakan berbagai buah tangan khas Jogja. Jalan Malioboro muncul dalam lagu Didi Kempot yang berjudul “Bangjo Malioboro”. Berkisah tentang seseorang yang terlajur menyerahkan cintanya pada sang pujaan hati ketika keduanya berada di depan Hotel Malioboro. Sayangnya, ia yang menawarkan cinta dan berjanji setia justru berkhianta dan meninggalkan luka.

4. Pantai Parangtritis

(alodiatour.com)

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi D.I.Yogyakarta. Masyarakat Pulau Jawa sangat meyakini bahwa di Pantai Selatan Jawa berdiri sebuah kerajaan ghaib yang dipimpin oleh sosok cantik jelita Nyi Roro Selatan. Pantai Parangtritis muncul dalam lagu Didi Kempot yang berjudul “Parangtritis” yang mengisahkan tentang seseorang yang ditinggal kekasih, padahal sudah saling berjanji untuk saling bertemu di Pantai Parangtritis.

5. Jembatan Suramadu

(Phinemo.com)

Jembatan Suramadu merupakan jembatan nasional yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dan Pulau Madura di Bangkalan. Total panjang Jembatan Suramadu mencapai 5.438 meter, menjadikannya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia hingga saat ini. Dalam lagu berjudul “Jembatan Suramadu”, Didi Kempot menceritakan kerinduannya dengan sang kekasih.

6. Pasar Klewer

(situsbudaya.id)

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Kota Solo, Jawa Tengah. Sejarah Pasar Klewer dimulai pada masa kolonialisme Jepang yang saat itu digunakan sebagai tempat pemberhentian kereta api. Berbeda dengan sebelumnya, di lagu berjudul “Pasar Klewer” sama sekali tidak berkisah tentang kegalauan percintaan. Sebaliknya, Didi Kempot justru mempromosikan pasar ini melalui penggalan lirik-lirik merdu yang ciptaannya.┬á

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang wisata dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar