6 Destinasi Wisata Banjarnegara Terbaik untuk Liburan

Top 7 destinasi wisata Banjarnegara terbaik yang harus kamu kunjungi saat liburan (Instagram/@exploretampomas)

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Jawa tengah yang sebagian besar wilayahnya berada pada ketinggian antara 100-1000 mdpl. Kabupaten Banjarnegara begitu terkenal karena bersama dengan Kabupaten Wonosobo selalu berhasil menarik minat wisatawan melalui acara tahunan Dieng Culture Festival.

Namun tak banyak yang tahu, selain Dieng Culture Festival, Banjarnegara juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut telah disajikan enam top destinasi wisata Banjarnegara terbaik untuk liburan.

1. Candi Arjuna

(Instagram/@travelmeet)

Candi Arjuna merupakan kompleks percandian Hindu tertinggi di Indonesia yang berada pada 2000 mdpl. Terletak di Dataran Tinggi Dieng, Candi Arjuna terdiri atas delapan candi kecil yang diduga berasal dari peninggalan Kerajaan Kalingga.

2. D’Qiano Hot Spring Water Park

(Instagram/@destie_cutez)

Bagi anda yang ingin bersantai selama liburan, maka D’Qianp Hot Spring Water Park adalah tempat yang tepat. D’Qiano Hot Spring Water Park merupakan kolam pemandian air panas yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak. Destinasi ini sangat cocok untuk melepas penat dan mengembalikan kebugaran tubuh setelah lelah beraktivitas dari rutinitas sehari-hari.

3. Curug Pitu

(Instagram/@aminbellet)

Curug Pitu terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Curug Pitu sangat cocok untuk wisata keluarga karena aman untuk anak-anak dan menyajikan pemadangan alam yang tidak ada duanya. Sesuai namanya, Curug Pitu memiliki tujuh tingkatan air terjuan yang berundak dari atas ke bawah. Untuk mencapai keseluruhan tingkatan dari Curug Pitu pengunjung dapat berjalan kaki ke arah hulu melalui jalan setapak sempit.

4. Rafting Sungai Serayu

(Instagram/@nurh_29)

Bagi anda yang menggemari olahraga ekstrem seperti rafting atau arung jeram kini bisa mencobanya di Sungai Serayu, Banjarnegara. Sungai Serayu merupakan salah satu sungai terbesar di Jawa Tengah yang berhulu di Kabupaten Wonosobo dan berhilir di Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu memiliki grade jeram yang cukup tinggi dengan kualifikasi arung jeram terbaik dan variatif. Selain itu, suasana alam sekitar yang masih asri akan memberikan suasana yang lebih menyenangkan.

5. TRMS Serulingmas

(Instagram/@andrestivent)

Taman Ria Margasatwa (TRMS) Serunglingmas merupakan taman bermain dan kebun binatang yang berlokasi di Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya tidak terlalu luas namun memiliki fasilitas yang cukup luas. Daya tarik utama adalah kebun binatang yang berisi puluhan ekor satwa langka dari seluruh penjuru Indonesia. Terdapat juga kolam renang, lengkap dengan wahana bermain untuk anak-anak.

6. Tampomas

(Instagram/@exploretampomas)

Tampomas merupakan destinasi wisata baru yang dibuka secara resmi pada tahun 2018 lalu. Tampomas berupa danau dengan luas 1,8 Hektar dan dikelilingi oleh bukit batu di Desa Gantansari, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. Tampomas pada mulanya adalah sebuah Gunung Batu yang digunakan oleh masyarakat untuk lokasi menambang batu untuk dijual sebagai material bahan bangunan.

Menarik bukan destinasi wisata tersebut? Informasi penting, sebentar lagi event tahunan terbesar dari Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo yakni Dieng Culture Festival akan segera digelar. Bagi anda yang berniat untuk ikut serta, langsung cek halaman Phinemo Marketplace dan penawaran terbaik. Klik link berikut >> Dieng Culture Festival Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang banjarnegara dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar