Sidebar

Gelar International Village Festival, Bondowoso Undang Perwakilan Desa dari Berbagai Negara

Dalam gelaran International Village Festival 2018 ini ada 300 perwakilan desa dari Indonesia dan luar negeri. Seperti biasanya, gelaran ini disambut meriah.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan mengundang perwakilan desa dari seluruh Indonesia dan 10 desa dari luar negeri dalam ajang Bondowoso International Village Festival Tahun 2018.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat dan mengenalkan potensi desa di Bondowoso dengan desa lain yang ada di Indonesia dan luar negeri.

“International Village Festival adalah forum para kepala desa untuk sharing pengetahuan dalam berbagi tentang ke unggulan masing-masing desa,“ungkap Amin Said Husni, dilansir dari TimesIndonesia pada Rabu (25/04/2018).

Baca juga: Bendungan Sampean Baru, Lokasi Cantik Untuk Hunting Foto di Bondowoso

Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, yang dikelola secara mandiri oleh desa melalui Badan Usaha Milik Desa. Sumber foto

Ada tiga rangkaian kegiatan besar dari acara ini, yakni ekspo produk unggulan desa, rembug desa, serta studi lapangan.

Daripada kita menggelar kunjungan atau studi banding ke sejumlah wilayah di Indonesia bahkan ke luar negeri, alangkah lebih baiknya kita undang desa-desa yang sudah berhasil ke sini (Bondowoso). Ini jauh lebih efektif, di sini mereka akan saling sharing, berbagi pengalaman, bagaimana membangun desa agar berhasil,” kata Amin.

Acara ini dihadiri oleh 300 perwakilan desa baik dari dalam maupun luar negeri.

 “Peserta di antaranya berasal dari 23 desa di Bondowoso, kemudian 38 desa yang ada di Jawa Timur, 34 desa mewakili provinsi, dan ada 10 desa dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan China,” paparnya.

Baca juga: Siap-siap, Probolinggo Bakal Punya Desa Wisata Edelweis

Potensi wisata yang digagas oleh pemerintah desa di Bondowoso bisa jadi contoh desa lain

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bondowoso, M Asnawi Sabil mengatakan Bondowoso sudah mulai tumbuh desa wisata yang digagas oleh pemerintah desa sehingga bisa menjadi contoh untuk desa-desa lain di luar sana.

“Ada beberapa desa yang membuat destinasi wisata yang dikelola secara mandiri melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),Kami sudah ada beberapa desa yang sudah kami tetapkan sebagai desa wisata,” ucapnya.

Dengan adanya Bondowoso International Village Festival, Sabil berharap desa wisata di Bondowoso makin terangkat sehingga berdampak baik dalam perekonomian masyarakat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Gunung Piramid Bondowoso Bukan untuk Pendaki Amatir

3 Desa Terbersih di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Kawah Wurung Bondowoso, Pesona Keindahan Permadani Alam yang Tak Jauh dari Kawah Ijen

Rute Menuju Rumah Jampit, Pemandangan yang Bisa Kamu Temu di Sepanjang Perjalanan

Desa Wisata Wonocolo, 'Texas'nya Indonesia

4 Desa Wisata Bali yang Asyik Anda Datangi Akhir Pekan Ini

FALLBACK
The END