Sidebar

Tips Supaya Biaya Ke Raja Ampat Jauh Lebih Murah

Tidak perlu menunggu lama, Tahun depan Anda bisa ke Raja Ampat jika melakukan tips-tips berikut ini. Jangan sampai lupa melakukan hal-hal simple ini ya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Menjadi orang Indonesia yang sering disuguhi berbagai iklan keindahan Indonesia, membuat saya sering memimpikan bisa jalan-jalan kesana, terutama Raja Ampat. Kadang kala saya ingin mewujudkannya, namun selalu gagal karena biaya ke Raja Ampat sangatlah mahal.

Raja Ampat memang luar biasa. Kredit foto stunningplace.com

Kekhawatiran saya akan biaya ke Raja Ampat yang sangat mahal membuat saya sempat pesimis untuk kesana, namun seorang teman memberikan saya beberapa tips untuk mewujudkan mimpi saya ke Raja Ampat hanya dengan melakukan beberapa hal ini dalam setahun. Meskipun sedikt agak lama, namun saya mencoba untuk melakukannya dengan serius agar impian saya bisa terwujud.

Berikut ini hal yang harus Anda lakukan selama setahun untuk bisa berjalan-jalan ke Raja Ampat.

1. Pengaruhi Teman-teman Anda untuk Ikut ke Raja Ampat

Semakin banyak teman yang Anda ajak untuk traveling ke Raja Ampat, semakin minim uang yang Anda keluarkan untuk mendanai perjalanan Anda. Pastikan kepada teman-teman Anda untuk ke Raja Ampat pada hari biasa, bukan hari libur. Karena harga tiket akan lebih mahal saat hari libur.

Selain itu, untuk menyewa mobilpun akan lebih murah, Anda bisa patungan dengan teman-teman Anda untuk membayar sewa. Lalu, untuk membayar penginapanpun akan lebih murah jika Anda bisa mengajak teman-teman Anda.

2. Belilah Tiket Anda Jauh-jauh Hari, Pilihlah Tiket Promo

Tiket pesawat  Jakarta-Sorong biasanya seharga 1,5-4 juta. Namun, jika Anda menggunakan tiket promo, Anda bisa menghemat pengeluaran Anda untuk membeli tiket pesawat. Teman saya pernah membeli tiket promo “beli 1 gratis 1” dengan harga tiket 4 kali lebih murah harga normal. Memang terkesan menggiurkan, namun cara ini sangat mengandalkan keberuntungan. Jadi, seringlah mencari promo tiket pesawat.

Selain pesawat, adapun kapal PELNI yang bisa mengantarkan Anda ke Raja Ampat, sekali jalan Anda dikenakan biaya 700 ribu sampai 800 ribu per orang. Namun saya tidak menyarankan pilihan ini karena perjalanan sampai 5 hari. Namun jika Anda orang yang memiliki aktivitas yang tidak begitu padat bisa memilih cara ini.

Yang terpenting adalah Anda harus sering-sering mencari informasi tiket promo.

3. Menabung 500 ribu per bulan Selama Setahun

Kurang afdol jika banyak perencanaan namun tidak ada sepersepun uang, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menabung. Jika kebetulan Anda sudah mendapatkan gaji dari pekerjaan Anda, cobalah untuk menyisihkan uang Anda sebanyak 500 ribu untuk tabungan Anda.

Jika Anda rutin menabung 500 ribu selama setahun, Anda akan mencapatkan total tabungan 6 juta rupiah. 6 Juta ini cukup untuk Anda mengikuti paket open trip atau paket backpacker selama di Raja Ampat.

4. Sisihkan 50 Ribu Tiap Seminggu

Kurang seru jika pengorbanan Anda untuk mewujudkan mimpi ke Raja Ampat hanya sebatas nabung dan cari promo, Anda juga harus bisa menyisihkan uang 50 ribu setiap minggunya untuk menambah uang transport Anda selama di perjalanan.

Jika Anda berhasil menyisihkan 50 ribu Anda setiap minggunya, Anda bisa mengumpulkan paling tidak 2,4 juta. Lumayan untuk biaya tambahan perjalanan Anda.

Total Biaya Ke Raja Ampat:

Tiket pesawat Jakarta-Sorong promo biasanya satu jutaan, lalu Anda bisa mencari angkutan kuning (Rp.3.000-) per orang atau sewa mobil (100ribu-200ribu) untuk menuju ke pelabuhan sorong. Setelah itu, Anda bisa menyeberang ke Raja Ampat dengan sebuah kapal (120 ribu) per orang. Di Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Raja Ampat, Anda bisa mencari hotel dengan harga 300ribu-400ribu perhari, Anda bisa berbagi dengan teman jika ingin lebih irit.

Untuk keperluan diving dan eksplorasi berlayar ke pulau-pulau Raja Ampat, Anda bisa menyewa perahu penduduk asli. Biasanya menyewa kepal sekitar Rp 8 juta per hari dengan kapasitas 20 orang per kapal. Anda harus mengumpulkan 20 orang sehingga cukup patungan Rp 400 ribu per orang sudah bisa berlayar ke Raja Ampat selama 12 jam penuh.

Tiket pesawat PP Jakarta-Sorong: kurang dari 3 Juta (jika Anda berhasil mendapatkan tiket promo)

Kapal Dari Sorong – Waisai PP:  260 ribuan

Akomodasi+3x makan (4 malam): kurang dari satu juta

Keliling Pulau Di Raja Ampat: 200-700 ribu (sampai Wayag)

Biaya Konservasi Raja Ampat(PIN Raja Ampat): 250 ribu untuk orang Indonesia

Anda tidak perlu lagi menunda impian Anda untuk bisa ke Raja Ampat, tahun depan Anda bisa mewujudkannya.

 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END