Sidebar

Ingin Berkunjung ke 4 Air Terjun Dalam 1 Tempat? Datanglah ke Malang Selatan!

Malang Selatan menyimpan potensi wisata menarik, terutama wisata alamnya. Salah satunya adalah berkunjung ke 4 air terjun sekaligus di satu tempat!

SHARE :

Ditulis Oleh: Achmad Taufik

Pesona Kota Malang tak ada habisnya. Tak hanya tentang keindahan Pulau Sempu-nya ataupun Jatim Parknya yang merupakan tempat wajib kunjung para traveler, namun Malang juga mempunyai banyak destinasi lain yang tak kalah menarik, utamanya wisata alamnya.

Yang terbaru, di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading kamu bisa menemukan empat air terjun sekaligus dalam satu waktu petualanganmu.

Coban Ciblungan, “Sumber Pitu Mini” ala Ampel Gading

Air terjun pertama yang dapat kamu nikmati dari total 4 air terjun di Desa Sidorenggo adalah Air Terjun Coban Ciblungan. Coban Ciblungan sepintas hampir mirip dengan Air Terjun Sumber Pitu di Pujon, Malang. Ya, bisa dikatakan Coban Ciblungan adalah ‘Sumber Pitu Mini-nya Ampel Gading.

Untuk menuju air terjun ini  kita harus sedikit trekking, kira – kira sejauh 50 meter. Tak terlalu jauh, namun lumayan sebagai pemanasan.

 

Air Terjun Telaga 3 Warna

Coban Telaga 3 Warna merupakan air terjun ke-2 yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Ampel Gading.

Air Terjun Telaga 3 Warna memiliki ketinggian sekira gedung 6 lantai. Menuju tempat ini, masih satu arah dengan jalur ke Coban Gintung.

Keunikan air terjun ini terletak di telaganya yang masih jernih. Untuk akses menuju Air Terjun Telaga 3 Warna bisa dibilang cukup ekstrim. Butuh sekitar 90 menit mencapai air terjun ini dengan medan yang cukup terjal.

Namun tenang, semua perjuanganmu akan terbayar ketika sampai di air terjun ini.

 

Air Terjun Gintung, Kejernihan Air yang Berasal dari Mata Air Pegunungan

Setelah melepas lelah dari Coban Telaga 3 Warna, saran saya jangan keburu pulang dari Ampel Gading, masih ada satu destinasi wisata yang harus kalian eksplor. Kata pepatah “Sekali dayung dua pulau terlampaui”. Ya sekali ke Ampel Gading, empat air terjun terkunjungi!

Lokasi Air Terjun Gintung tak jauh dari Coban Telaga 3 Warna. Sudah ada jalan setapak  di sini yang dibuat secara swadaya oleh warga. Dan satu yang menarik di sini adalah, kamu bisa langsung meminum air terjun ini karena Coban Gintung berasal dari sumber mata air pegunungan.

 

Air Terjun Goa Naga Gintung & Goa Purba

Air terjun terakhir yang saya jelajahi di Ampel Gading adalah Coban Goa Naga Gintung, air terjun yang saya temukan tak sengaja ketika saya menelusuri Coban Gintung. Lokasinya diatas Coban Gintung, sudah ada papan nama menuju air terjun, jalurnya juga bisa dibilang dekat dan tak begitu sulit untuk dijelajahi.

Satu keunikan air terjun ini, ia memiliki goa yang menurut penduduk setempat adalah goa purba yang sekarang ditempati oleh kelelawar.

***

Untuk mencoba semua air terjun saya hanya membayar retribusi yang dikelola warga setempat sebesar Rp 5000,-.

Coban Ciblungan, Coban Telaga 3 Warna, Coban Gintung, dan Coban Goa Naga Gintung, semua air terjun ini bukan air terjun terakhir yang saya kunjungi di Ampel Gading, Malang Selatan. Dibawah Coban Gintung masih ada air terjun lain yang masih belum dikelola oleh warga setempat.

Ya, Malang sepertinya memang tak akan pernah habis dibahas keindahan alamnya. Tugas kita sebagai pejalan yang bertanggung jawab ikut menjaga semua pesona itu.

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Destinasi Wisata Malang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

7 Pantai Tersembunyi di Malang yang Akan Menenangkan Pikiran

Pagupon Camp, Spot Foto Terhits Kota Batu, Malang

Panduan Menuju Puncak B29 Bromo

Rekomendasi Tempat Rental Motor Malang Dekat Stasiun

Cari Makanan Saat Hujan di Malang? Ini 5 Kedai Rekomendasinya

FALLBACK
The END