Panduan Menuju Puncak B29 Bromo

Puncak B29 Bromo. CC Flickr 2.0 (Explore Bromo)

Puncak B29 Bromo atau lebih dikenal dengan puncak B29 Argosari Lumajang merupakan destinasi yang pemandangannya dianggap paling menakjubkan di Jawa Timur.

Puncak B29 Bromo ini memiliki ketinggian 2.900 MDPL dan menyandang sebagai puncak paling tinggi di Bromo setelah sebelumnya Gunung Penanjakan dinobatkan sebagai puncak tertinggi Bromo di ketinggian 2.700 MDPL.

Baca juga: Liburan ke Bromo di Musim Hujan? Perhatikan 6 Hal Ini Terlebih Dulu

Untuk bisa sampai di puncaknya, ada 3 alternatif jalur yang bisa digunakan. Berikut ini panduan untuk bisa sampai ke Puncak B29 Bromo ini.

puncak B29 Bromo

Ini dia punckanya. Indah bukan? Foto by: b29argosari.blogspot.com

1. Rute dan jalur menuju Puncak B29 via Lumajang

Untuk bisa sampai di Puncak ini Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pribadi. Jika Kamu dari Surabaya bisa langsung menuju ke Kota Lumajang. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Puncak B29 dengan mengikuti arah Senduro hingga sampai ke Desa Argosari. Jaraknya 40 KM yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan.

Setelah sampai di Desa Argosari, Kamu akan disambut dengan gerbang selamat datang ‘Kawasan Wisata B29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang’, setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan motor sendiri atau ojek menuju kr Puncak B29.

Perlu diperhatikan, jalurnya berdebu, jadi Kamu harus berhati-hati.

Untuk Kamu yang menggunakan jalur Lumajang, dipastikan tidak akan menyesal karena pemandangannya luar biasa indahnya meskipun jalurnya cukup sulit untuk dilalui.

2. Rute menuju Puncak B29 via Bromo

Untuk Kamu yang sudah berada di Bromo juga bisa langsung mengakses puncak ini. Caranya adalah dengan naik Ojek atau Jeep hingga sampai di kawasan Lautan Pasir Ujung Timur Selatan atau ke arah Jalur B29.

Nah, dari sana Kamu akan melihat kaki kaldera Bromo lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan setapak berkelok-kelok selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, Kamu bisa langsung sampai di puncaknya.

Biasanya orang memilih camping untuk memuaskan diri di sana, tetapi ada juga yang langsung turun setelah mengabadikan pemandangan dari atas puncaknya.

Baca juga: Bukit Mentigen, Spot Alternatif Menikmati Mentari Terbit di Gunung Bromo

3. Rute menuju Pucak B29 via Jempang Bromo/Jalur Pendakian Semeru

Untuk bisa menuju ke Puncak B29 dari Jalur Pendakian Semeru traveler bisa langsung mengambil jalan dari Desa Ranu Pane meuju ke Bukit Jemplang arah balik menuju Malang menggunakan jeep.

Setelah itu berhentilah menuju ke Gerbang Puncak B29 via Jemplang. Dari sana, Kamu bisa langsung jalan kaki menuju ke Puncaknya. Perjalanannya sekitar 3,5 jam.







Loading Next Article ....