facebook pixel
hutan gunung gede pangrango

Kebakaran hutan Gunung Gede Ponorogo. Sumber foto

Kabar kurang mengenakan terdengar dari hutan Gunung Gede nih gais. Bukan Gunung Gede Pangrango, tapi Gunung Gede yang ada di Ponorogo. Tepatnya berada di kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. 

Melansir dari Kompas.com, Rabu sore (11/7/2017), hutan Gunung Gede Ponorogo terbakar hebat. Kata, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, lokasi hutan yang terbakar berada pada petak 118 HL RPH Slahung Blok Gunung Gede.

Menurutnya, kebakaran hutan ini disebabkan oleh terjatuhnya balon udara di kawasan hutan gais. Balon udara yang jatuh dengan cepat menyambar rerumputan dan dedaunan kering. Efeknya, api yang membakar daun kering menjadi besar dan melahap sekitar 0,2 hektar hutan yang ditumbuhi pohon pinus dan alba. 

Tapi, nggak perlu khawatir gais, karena tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Ponorogo dan petugas perhutani udah bekerja sama mematikan sumber api. Para petugas memadamkan api dengan cara memukul-mukul titik lokasi kebakaran menggunakan ranting pohon. 

***

Ternyata, menerbangkan balon udara bisa berdampak pada kebakaran hutan. Dari kejadian ini, sebaiknya kita pertimbangkan lagi untuk menerbangkan balon udara atau pun lampion ke langit. 

Kamu juga bisa baca berita terbaru lainnya di link berikut ini; 

banner experience