Sidebar

Hucap, Kuliner Khas Kuningan Cocok Jadi Teman Sarapan

Hucap Kuningan mendapat 'gelar' sebagai juaranya menu sarapan. Wisatawan wajib mencoba ini sebelum keliling tempat wisata di Kuningan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Bagi seorang traveler, sarapan adalah rutinitas wajib yang tak boleh terlewatkan. Bukan hanya karena sarapan sangat penting untuk menambah stamina tubuh saat di perjalanan, tapi sarapan juga merupakan rutinitas yang bisa membantu traveler menemukan perbendaharaan kuliner khas daerah yang dikunjungi.

Di Kuningan, Jawa Barat sendiri terdapat sebuah kuliner khas yang sering dijadikan menu sarapan. Nama menu tersebut adalah Hucap.

Dari namanya mungkin memang aneh, tapi Hucap sebenarnya adalah hidangan yang sederhana karena merupakan kuliner yang berbahan dasar lontong dan tahu.

Baca juga daftar kuliner khas Kuningan yang wajib dicoba wisatawan.

Hucap adalah akronim dari tahu kecap

Hucap kuliner yang tak boleh terlewat saat ke Kuningan.

Iya, Hucap memanglah kuliner yang sederhana. Terdiri dari lontong yang diberi potongan tahu lalu diguyur dengan kuah sambal kacang dan kecap yang banyak dan tak lupa taburan bawang goreng.

Jika dilihat sekilas, hucap memang mirip dengan tahu kupat dan ketoprak. Tapi rasanya berbeda, kuliner ini rasanya lebih manis dan warnanya lebih hitam karena penggunaan kecap yang lebih banyak. Meskipun begitu rasa gurih dari tahu tak hilang meskipun hidangan ini diguyur dengan kecap tidak sedikit.

Hidangan ini biasanya dinikmati saat sarapan. Jika wisatawan ingin merasakan kuliner ini lebih baik bangun lebih pagi.

Kedai Hucap yang bisa sambangi wisatawan

Di Kuningan banyak sekali kedai yang menjajakan Hucap. Kami memberikan tiga rekomendasi kedai Hucap di Kuningan yang rasanya terjamin:

1. Kedai Hucap Top Ma Iroh

Ini Hucap di Kedai Ma Iroh. Foto oleh okosasih

Bertempat di Jalan Dewi Sartika, Kedai Hucap Top Ma Iroh cukup jadi primadona. Di sini pengunjung bisa menikmati hucap yang rasanya lezat. 

Hucap Kuningan di kedai Ma Iroh sendiri biasanya dinikmati dengan kerupuk ikan putih dan es teh. Harganya cukup terjangkau.

2. Hucap Mirasa Beringin

Hucap di sini kecapnya tidak terlalu banyak. Sumber

Masih di satu kawasan di Jalan Sartika, ada hucap yang juga sama enknya dengan hucap Kedai Ma Iroh. Tapi di sini hidangan hucapnya tidak menggunakan kecap yang terlalu banyak. Rasanya tak semanis hucap biasanya.

3. Hucap Ma Uki

Tahu lebih lembut dan bawang gorengnya lebih banyak. Foto oleh ifanhamda

Beralih ke Jalan Ahmad Yani di Kuningan, Jawa Barat, wisatawan juga bisa menemukan kedai Hucap yang rasanya cukup istimewa.

Kedai ini buka saat pagi yaitu pukul 06.00 – 10.00 WIB. Jadi jangan datang siang-siang agar bisa menikmati lezatnya Hucap Kuningan ini.

Di sini pengunjung bisa merasakan Hucap Kuningan dengan tahu yang krispi dan lembut dengan taburan bawang goreng yang lebih banyak.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Kopi Unik di Dunia yang Tak Banyak Orang Tahu

7 Destinasi Wisata Kuningan yang Wajib Dikunjungi

10 Kuliner Khas Korea Selatan yang Terkenal Paling Enak

7 Kuliner Khas Ramadhan di Jalur Mudik Cirebon-Brebes yang Wajib Dicicipi

Jalur Pendakian Ciremai Ditutup Hingga 5 Juni 2019

Banchan, Kuliner Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba

FALLBACK
The END