7 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Lakukan di Hotel

Meskipun Kamu sudah membayar penuh untuk menginap di sebuah hotel, tetap ada beberapa hal yang tidak boleh Kamu lakukan di hotel.

Ditulis Oleh Faiz Abi

Bagi Kamu yang merupakan seorang traveller, pasti Kamu membutuhkan tempat menginap setiap Kamu melakukan perjalanan. Meskipun Kamu sudah membayar penuh untuk menginap di suatu tempat, tapi apakah Kamu tahu bahwa di tempatmu menginap, tidak semua hal bisa Kamu lakukan? Memang mungkin terlihat sepele, namun Kamu seharusnya tidak melakukan beberapa hal ini untuk mendapatkan kenyamanan dalam liburanmu. 

Hotel memang menyediakan berbagai macam fasilitas untuk membuat nyaman para pengunjungnya, namun fasilitas-fasilitas tersebut juga bisa merugikan pengunjungnya juga. Ketidakseimbangan antara kamar yang ada dengan petugas kebersihan di hotel menjadi penyebabnya. Sehingga barang-barang yang ada di kamar hotel akan luput dari perhatian petugas kebersihan untuk dibersihkan, hasilnya kita akan menjadi sarang kuman karena menyentuh barang-barang tersebut.

Untuk itu Kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya tidak Kamu lakukan selama berada di hotel agar liburanmu menjadi menyenangkan dan menenangkan.

#Jangan langsung menggunakan remote, tanpa membersihkannnya terlebih dulu

remote tv

Remote tv di hotel. Sumber foto.

Memang petugas kebersihan hotel selalu membersihkan kamar yang telah digunakan. Tapi apakah Kamu yakin mereka juga membersihkan remote tv? Padahal remote tv menjadi salah satu barang yang sangat penting bagi pengunjung karena akan membantu pengunjung untuk bersantai sambil melihat program-program tv.

Remot tv menjadi barang yang penting bagi para pengunjung hotel untuk menikmati waktu istirahatnya. Semua pengunjung menggunakan remote tv, jadi sudah bisa menebak bagaimana kotornya remote tv tersebut? Berapa banyak kuman yang menempel pada remote itu?

Untuk mengakalinya, gunakan tisu terlebih dahulu untuk membersihkan remote tv sebelum memegang dan menggunakannya, gunakanlah tisu yang mengandung alkohol agar lebih bersih. 

#Jangan letakkan barang berharga sembarangan

barang hotel

Selalu atur barang-barang Kamu. Sumber foto.

Menjaga barang-barang berharga adalah suatu kewajiban bagi sang pemiliknya. Begitupun kalau menginap di hotel. Meskipun pintu terkunci dan mempunyai petugas kebersihan, jika Kamu teledor dan lupa meletakkan barang-barang berhargamu, bisa jadi barang tersebut tidak akan pernah kembali kepada Kamu lagi.

Simpanlah barang-barang berharga di satu tempat yang sama dan dalam tempat yang mudah terlihat, sehingga Kamu tidak akan lupa di mana Kamu meletakkannya. Jika Kamu lupa dan meninggalkan barang berhargamu ketika checkout, petugas kebersihan akan menemukannya dan kemungkinan untuk mengembalikan kepada Kamu sangat kecil.

#Jangan lupakan tanda ‘Jangan ganggu’

dont disturb

Gunakan untuk mendapatkan ketenangan istirahat. Sumber foto.

Kebanyakan hotel jaman sekarang sudah memberikan fasilitas agar pengunjungnya mendapatkan istirahat yang nyaman di hotel mereka. Dengan cara memberi tanda ‘do not disturb’ pada setiap kamar yang ada.

Gunakanlah tanda tersebut saat Kamu ingin beristirahat. Karena jika tidak Kamu gunakan, ketika Kamu beristirahat, petugas kebersihan kamar akan mengetuk-ngetuk pintu Kamu untuk membersihkan kamar Kamu.

Gunakanlah fasilitas yang diberikan oleh hotel agar pengalamanmu menginap dan berlibur di kota tersebut tidak terbuang sia-sia.

#Jangan berikan nomor kamarmu kepada siapapun

nomor kamar hotel

Rahasiakan nomor kamarmu dari siapapun. Sumber foto.

Nomor kamar sangat penting untuk dirahasiakan. Jangan meng-upload dan membeberkan nomor Kamu di sosial media. Karena akan sangat berbahaya.

Ketika Kamu menyebarkan nomor kamar Kamu di sosial media, orang-orang yang melihatnya akan memanfaatkan nomor tersebut untuk berbuat semau mereka, misalnya mengancammu untuk melakukan sesuatu.

Oleh karena itu penting bagimu untuk menjaga nomor kamar Kamu agar tidak diketahui banyak orang kecuali orang-orang terdekat yang ingin mampir ke kamarmu.

#Jangan biarkan pintu terbuka, meskipun Kamu ada di dalam kamar

pintu kamar

Tutup pintu kamar meskipun Kamu di dalam. Sumber foto.

Tutup pintu kamarmu dan kunci, bahkan ketika Kamu berada di dalam. Selain menjaga privasi Kamu, dengan menutup pintu kamar juga akan memberimu rasa aman karena meminimalisir adanya pencurian.

Dengan pintu tertutup dan terkunci, Kamu bisa mengatur dan meletakkan barang-barangmu di dalam kamar sesuka hatimu tanpa harus khawatir akan kemalingan. Kalau perlu tambahkan pengganjal tambahan di belakang pintu kamarmu untuk menahan jika ada orang jahat yang mencoba mendobrak kamarmu, kursi atau meja misalnya.

#Jangan mengambil apapun di minibar tanpa bertanya dulu pada petugas hotel

mini bar hotel

Harganya mungkin sangat mahal. Sumber foto.

Beberapa hotel zaman sekarang sudah menyediakan sebuah kulkas di setiap kamar. Di dalam kulkas tersebut biasanya juga sudah tersedia berbagai macam jenis makanan dan minuman siap minum.

Bagi kamu traveller, Kamu harus berhati-hati jika membuka kulkas di dalam kamarmu. Karena makanan dan minuman tersebut belum tentu gratis. Dan jika makanan minuman tersebut mengharuskan Kamu untuk membayarnya, harganya mungkin akan sangat mahal.

Oleh karena itu lebih baik tanyakan dahulu kepada petugas, atau jika ingin lebih aman dan murah, Kamu bisa membawa atau membeli makanan dan minuman dari toko-toko di luar hotel.

#Jangan lupakan serangga di tempat tidurmu

serangga di kamar

Bisa membuatmu sakit. Sumber foto.

Kamar hotel yang terlihat bersih, belum tentu sepenuhnya bersih. Setelah digunakan oleh berbagai macam orang, belum tentu tempat tidur yang akan Kamu gunakan sangat bersih.

Kamu harus mengecek setiap lekuk tempat tidurmu, apalagi dari serangga-serangga kecil yang mungkin tidak terlihat oleh mata biasa. Serangga-serangga yang ada di tempat tidur mungkin tampak kecil dan kelihatan tidak berbahaya. Padahal serangga-serangga tersebut bisa membuatmu demam.

Kamu seorang traveller yang ingin berlibur dan menikmati segala penjuru di kota tujuanmu, jika Kamu sampai demam dan sakit, jadwal liburanmu akan sangat kacau dan liburanmu tidak akan berakhir menyenangkan. Oleh karena itu Kamu harus teliti sebelum Kamu tidur di tempat tidur penginapanmu.

 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BARANG HOTEL, tulisan lain Faiz Abi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post