Sidebar

Kumpulan Foto Pendaki Gunung 'Lawas' Tahun 90-an

Waktu membuktikan jika pendaki gunung memiliki ciri khas masing-masing. Namun yang terpenting adalah bagaimana cara menikmatinya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Saat ini, nampaknya tak ada yang tak bisa mendaki gunung. Akses untuk mendaki gunung sudah sangat mudah. Selain itu pendaki gunung juga tidak perlu takut tersesat dengan kecanggihan alat dan siap siaganya para ranger.

Jika dibandingkan dengan para pendaki gunung era 90-an, kondisi seperti sekarang ini mungkin tidak akan didapatkan. Bahkan untuk mengabadikan gambar saat mendaki saja sangatlah tidak mudah. Alat yang terbatas dan harga kamera yang mahal jadi beberapa faktor.

Akhir-akhir ini, di sosial media, para pendaki ‘lawas’ pada masa orde baru muncul kembali dengan berbagai pose foto mereka.

Foto-foto ini pun memancing perhatian para pengguna Facebook. Berbagai perbedaan situasi gunung yang menonjol dari foto-foto para pendaki era orde baru inilah yang membuat para pengguna facebook ramai membicarakannya.

Foto dari sini

Foto ini memperlihatkan para pendaki di tahun 1996, mereka terlihat sedang bersiap mendaki gunung. Setidaknya ada sekitar limaratusan like yang foto ini dapatkan, yang membuat para pendaki ini terlihat sangat berbeda adalah penggunaan petromak sebagai alat penerangan mereka.

 

Foto dari sini

Foto ini juga menunjukkan betapa mendaki gunung para era 90an merupakan pendakian yang apa adanya. Seperti dalam tulisan dalam foto tersebut, jika para pendaki ini hanya menggunakan karung beras sebagai alasnya dan terpal sebagai atapnya. Angin terlihat menerpa kencang, namun para pendaki ini sangat menikmati masa-masa itu.

 

Foto dari sini

Foto ini juga menunjukkan dua pendaki sedang mengabadikan moment mereka saat mendaki gunung. Foto ini terlihat lebih kekinian daripada foto sebelumnya. Tas yang digunakanpun sudah memiliki raincover.

***

Foto dari sini

Foto di atas menunjukkan seorang pendaki yang sedang berfoto di Bandung Voodoo Gunung Papandayan yang saat ini diperkirakan sudah berganti nama menjadi Pondok Salada. Foto ini disambut dengan beberapa pernyataan yang menyatakan perbedaan yang signifikan dengan masa sekarang.

Jika melihat foto pendaki ini, tentu ada banyak perbedaan juga. Foto berikut ini adalah foto presiden RI masa kini, Jokowi, di mana ia sedang mendaki dengan beberapa rekannya. Foto Jokowi ini diambil saat mendaki Gunung Kerinci pada tahun 1983.

Foto dari simomot.com

***

Meski tak dilengkapi alat-alat pendakian canggih seperti era sekarang dan fasilitas serba seadanya, tak menyurutkan langkah mereka bercengkrama dengan alam. Salut!

 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END