Fitur Google Untuk Bersaing Dengan Online Travel Agent

Peluncuran fitur travel. Sumber foto

Fitur-fitur Google memang tak bisa jauh dari kehidupan para millenial traveler. Google seakan menjawab semua kebutuhan para traveler mulai dari peta untuk menemukan destinasi impian, mencari jadwal penerbangan, menyusun rencana perjalanan, hingga memudahkan traveler mendapatkan informasi secara lebih cepat tanpa harus membuka laman Online Travel Agent (OTA) satu per satu.

Kemudahan-kemudahan yang diberikan google seakan menggeser keberadaan OTA

Kemudahan-kemudahan yang diberikan google kepada pelanggan tersaji dalam fitur-fitur yang kini mampu diakses oleh para traveler. Apa sajakah fitur tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan ini kami mencoba menanyakannya kepada Public Relation Google, Meta Juanita tapi dia belum bisa menjawab dan melemparkannya kepada Head of Corporate Communication Google, Jason Tedjasukmana. Tapi hingga saat ini pihak google belum memberikan keterangannya kepada Phinemo. Tapi berikut ini fitur yang memang cukup menggeser keberadaan OTA.

1. Google Flight

fitur google

Fitur google flight. Sumber foto

Fitur itu dirilis pada akhir 2017 yang lalu dan mampu memudahkan traveler mendapatkan informasi secara lebih cepat, tanpa harus membuka laman OTA satu per satu.

Sekali mengetik Google akan menjawab semua yang Anda inginkan secara terperinci. Misalnya untuk pencarian harga tiket Jakarta-Padang, pengguna hanya cukup mengetik “harga tiket Jakarta-Padang” maka Google akan menampilkan beragam pilihan variasi harga dari berbagai maskapai.

Pencarian pun bisa dimodifikasi menurut tanggal, harga terendah hingga maskapainya. Hal tersebut berlaku untuk pencarian lain, seperti restoran, atraksi wisata, hotel, hingga tempat mencari oleh-oleh.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps untuk iOS Mudahkan Pengguna Cari Kuliner

2. Fitur Knowledge Panel

fitur google

Peluncuran fitur travel. Sumber foto

Panel Knowledge merupakan fitur di mana traveler bisa menemukan informasi penting dalam kotak di pojok kanan atas saat Anda mengetik di aplikasi pencarian Google. Di panel ini semua orang bisa melihat informasi penting tentang sesuati yang dicari oleh traveler.

Hal ini memungkinkan traveler untuk menemukan alamat, nomor telepon, dan info penting lainnya. Hal ini termasuk informasi tentang hotel, restoran, museum, dan lainnya.

Yang membuat traveler makin terbantu adalah ternyata data tersebut bisa tetap diakses dalam kondisi jaringan sedang drop atau tiba-tiba menghilang.

3. Google Trips

fitur google

Fitur Google Trips. Sumber foto

Sebelum memutuskan untuk traveling, beberapa orang bisanya membuat rencana perjalanan (itinerary) untuk memudahkan perjalanan. Fitur di dalam Google Trips juga sedemikian rupa.

Traveler bisa memesan hotel, booking tiket, hingga membuat itinerary. Jadi, dengan aplikasi Google Trips, traveler tidak perlu repot memesan hotel dan booking tiket dengan aplikasi lain. Hanya dengan aplikasi Google Trips Anda bisa melakukan semua itu.

Baca juga: Baru, Ada Rute Khusus Motor di Google Maps, Kabar Gembira Untuk Bikers

4. Fitur booking di google search

Google Search versi mobile kini juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan booking hotel dan memesan tiket penerbangan. Menariknya, fitur ini dilengkapi dengan filtur harga, nama hotel, maupun jenis maskapai berikut jadwal ketersediaan tiket atau kamar berkikut foto-foto dan fasilitas apa saja yang tersedia. Booking bisa langsung dilakukan dari Google Search.

Dengan beragam fitur dari google yang serba lengkap ini bisa dibilang mampu menggeser keberadaan OTA di Indonesia bahkan OTA dunia.

Dapatkan ulasan menarik tentang Fitur Google dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar